Thursday, 18 Jul 2024

Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita

5 minutes reading
Friday, 17 Feb 2023 06:20 0 320 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Berbicara dengan daun sirih tentunya kamu akan teringat dengan obat tradisional dikonsumsi menggunakan cara dikunyah bersamaan dengan rempah-rempah lainnya, ternyata daun sirih yang memiliki banyak manfaatnya untuk wanita yang perlu kamu ketahui.

Daun sirih hijau termasuk ke dalam keluarga lada hitam (Piperaceae) merupakan salah satu rempah Nusantara dengan memiliki sejuta manfaat, daun sirih ini yang berasal dari Indonesia dan bisa kamu temui dengan mudah dan biasanya tanaman ini yang akan tumbuh dengan merambat atau bersandar pada batang pohon lainnya.

Daun sirih selain dikunyah namun tanaman ini juga sudah banyak diolah dengan cara diambil air rebusannya yang bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, dimana daun sirih yang bisa membantu pengobatan sakit kepala, luka sayat, sembelit, luka, lecet, gatal-gatal dan juga mastitis.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja manfaat dari daun sirih untuk wanita, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita

Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita

Daun sirih hijau yang mengandung beberapa senyawa yang sangat bermanfaat dan untuk kandungan senyawa tersebut diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, iodin, protein, hidroksiprolin, dan juga asam nikotinat, selain itu juga ekstrak daun sirih yang bersifat antioksidan, antiinflamasi atau imunomodulator, antijamur, antikanker, antiprotozoal dan juga antibakteri.

Dari menggunakan daun sirih ini yang terdapat berbagai manfaat untuk wanita yang bisa didapatkan, dimana daun sirih yang tidak hanya bermanfaat untuk lansia namun juga untuk orang dari berbagai golongan usia.

Untuk itu berikut beberapa manfaat dari daun sirih untuk wanita yang berkaitan dengan kesehatan dan juga untuk wajah  yaitu sebagai berikut:

Mengatasi Depresi

Wanita setelah pubertas yang dimana tingkat depresinya lebih tinggi dibandingkan dengan pria hal ini dikarenakan anak perempuan biasanya yang mencapai pubertas sebelum anak pria sehingga dengan begitu anak wanita yang kemungkinan mengalami depresi pada usia lebih dini.

Manfaat daun sirih untuk wanita yaitu membantu untuk mengatasi depresi, selain itu juga daun sirih yang bisa digunakan sebagai obat-obatan herbal dengan cara mengunyahnya dan ini sudah digunakan sejak zaman dulu yaitu untuk aktivitas stimulan sistem saraf pusat (SSP) yang bisa membantu dalam melawan depresi.

Menjaga Kebersihan Vagina

Manfaat daun sirih untuk wanita yang membantu menjaga kebersihan vagina dan juga mencegah keputihan, manfaat ini yang bisa didapatkan dari daun sirih merah, hal ini dikarenakan daun sirih merah yang mengandung antioksidan dan antosianin yang berkhasiat sebagai obat tanaman yang bermanfaat.

Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa dengan cara membilas air rebusan daun sirih merah pada sekitar area selangkangan dan lanjutkan dengan dibilas dengan air bersih, dalam penggunaan ini hindari membasuh air rebusan daun sirih langsung ke dalam vagina hal ini bisa menyebabkan terjadinya iritasi.

Mengatasi Masalah Jerawat

Masalah jerawat yang biasanya menjadi permasalahan kulit yang dialami oleh wanita dan manfaat daun sirih untuk wanita yaitu membantu mengatasi masalah jerawat, manfaat ini berasal dari sifat antibakteri yang kuat terhadap bakteri yang memicu timbulnya jerawat yaitu propionibacterium acnes.

Untuk manfaat dari daun sirih untuk wajah ini yang diyakini dikarenakan daun sirih yang mengandung fenol dan juga turunannya terutama kandungan tanin, saponin, flavonoid bersifat antibakteri, untuk senyawa saponin ini yang akan bertindak sebagai antiseptik untuk mempercepat penyembuhan luka.

Mencegah Kanker

Sel-sel kanker didalam tubuh yang bisa dicegah dengan menggunakan daun sirih untuk wanita, manfaat ini yang berasal dari kandungan karsinogen dalam jumlah yang tinggi atau biasa disebut dengan safrole dan kandungan ini yang akan dimetabolisme menjadi eugenol dan hydroxychavicol.

Kedua senyawa ini yang nantinya akan diekskresikan dengan melalui urine, daun sirih juga yang memiliki sifat antioksidan, antikanker dan antimutagenik, untuk fitokimia sirih yang bertanggung jawab atas sifat-sifat ini dan dengan kandungan ini yang bisa membantu untuk mencegah kanker.

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat daun sirih untuk wanita yaitu bisa membantu untuk mencerahkan kulit wajah manfaat ini berasal dari kandungan vitamin A dan protein di dalamnya, dengan kedua kandungan senyawa tersebut dapat menutrisi kulit wajah dan juga memperbaiki sel kulit yang rusak diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Daun sirih juga mengandung hidroksiprolin bermanfaat membantu dalam mengatasi masalah pigmentasi dan kandungan aktif lainnya seperti hydroquinone dan krim retinoid, untuk merasakan manfaatkannya bisa menggunakan krim wajah yang mengandung ekstrak daun sirih dan juga bahan aktif yang lainnya.

Mengatasi Migrain

Manfaat daun sirih untuk wanita lainnya yaitu membantu mengatasi sakit kepala atau migrain dan serangan sakit kepala yang kerap terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria, hal ini disebabkan oleh perubahan kadar estrogen yang kerap terjadi pada wanita sehingga dengan begitu bisa menyebabkan sering mengalami migrain atau sakit kepala lebih lama dan kronis.

Untuk menggunakan daun sirih dalam mengatasi migrain atau sakit kepala dengan mengoleskan daun sirih yang dihancurkan di dahi yang akan meredakan migrain, untuk mengatasi migrain bisa dilakukan dengan melakukan perubahan pola makan dan juga gaya hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, rutin beraktivitas fisik dan juga kualitas tidur yang cukup dan baik.

Menyembuhkan Luka

Daun sirih memiliki manfaat untuk wanita lainnya yaitu membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan juga ekstrak daun sirih yang memiliki efek antiseptik untuk mencegah peradangan pada kulit yang diakibatkan infeksi dan menyembuhkan luka bakar.

Daun sirih merupakan sumber antioksidan bisa membantu untuk mengurangi stres oksidatif saat kulit masih dalam masa pemulihan yang diakibatkan luka, daun sirih juga berperan sebagai agen pelindung kulit dengan meningkatkan laju kontraksi luka serta mengoptimalkan kerja pada kandungan protein di dalam meregenerasikan sel.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat dari daun sirih untuk wanita yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.