Monday, 15 Apr 2024

Bahaya Makan Buah Ciplukan Secara Berlebihan

5 minutes reading
Thursday, 29 Feb 2024 10:41 0 42 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Bahaya makan buah ciplukan dalam jumlah banyak atau secara berlebihan yang masih jarang banyak orang tahu, padahal hal ini sangat penting perlu di ketahui dan juga diwaspadai agar terhindar dari efek sampingnya atau bahaya untuk kesehatan.

Walaupun buah ciplukan ini yang jarang terdengr namun buah tersebut yang cukup banyak digemari oleh masyarakat terutama anak-anak, karena buah ciplukan ini memiliki rasa yang manis sedikit asam yang memberikan rasa segar.

Sebenarnya buah ciplukan ini yang cukup terkenal dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, buah ciplukan layaknya seperti buah-buahan yang lainnya dan bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kebun, pekarangan rumah dan biasanya tanaman liar.

Buah ciplukan tersebut yang terbungkus dengan kelopak menggelemnung berwarna kuning keemasan jika sudah matang, terdapat buah dan bijinya yang seperti buah tomat, bahkan buah ciplukan yang sering dijadikan cemilan.

Walaupun buah ciplukan ini memiliki rasa yang manis dan banyak digemari, namun pada saat kamu ingin mengkonsumsi buah ciplukan perlu berhati-hati karena buah tersebut yang bisa beracun jika salah di konsumsi atau makan dalam jumlah yang banyak.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dengan beberapa bahaya atau efek samping dari makan buah ciplukan secara berlebihan perlu kamu ketahui dan waspada, untuk itu yuk simak informasi dibawah ini.

Bahaya Makan Buah Ciplukan Secara Berlebihan

Bahaya Makan Buah Ciplukan Secara Berlebihan

Buah ciplukan yang berasal dari tumbuhan liar tergolong ke dalam keluarga tanaman nightshade dan juga tumbuh di wilayah tropis, buah ini memiliki rasa manis sedikit asam sepertu buah nanas atau buah mangga.

Walaupun buah cuplikan ini yang memiliki beragam khasiat atau manfaat untuk kesehatan tubuh, namun buah tersebut yang tidak dapat dikonsumsi sembarangan karena dalam buah ini yang mengandung sejumlah bahaya.

Dimana di lansir dari laman Healthlin e yang mengatakan bahwa buah ciplukan ini yang kaya akan berbagai macam zat yang mengesankan dan baik untuk kesehatan termasuk vitamin B3 atau niasan, vitamin C dan juga serat.

Dengan konsumsi buah ciplukan yang bisa membantu dalam mendukung kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan, mempertajan fungsi penglihatan dan masih banyak lagi manfaat lainnya baik untuk kesehatan tubuuh yang bisa kamu ketahui.

Walaupun demikian buah ciplukan ini yang tidak bisa dimakan sembarangan, karena dalam buah tersebut yang terdapat racun berbahaya untuk tubuh yaitu mengandung solanine merupakan racun secara alami terbentuk dan ditemukan dalam jenis sayuran nigtshade.

Senyawa solanine ini yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang termasuk diare atau kram, bahkan selain itu dampak yang dapat dihasilkan bisa berakibat fatal di dalam kasus sangat parah dan mengkonsumsi buah ciplukan dalam jumlah banyak atau secara berlebihan dapat berbahaya untuk kesehatan.

Adapun untuk beberapa bahaya makan buah ciplukan secara berlebihan perlu di waspadai sebagai berikut:

Dapat Mengalami Kerusakan Jantung

Salah satu bahaya makan buah ciplukan secara berlebihan yaitu bisa membawa efek samping yang berbahaya untuk kesehatan yaitu bisa mengalami kerusakan jantung, dimana merujuk sebuah penelitian Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine (2013).

Mengatakan bahwa dengan konsumsi jus buah ciplukan dalam dosis yang tinggi atau sekitar 5.000 mg per kg berat badan yang dapat mengakibatkan kerusakan jantung, tetapi studi ini baru dilakukan apda tikus dan hanya berpengaruh pada tikus jantan.

Sementara untuk tikus betina pada penelitian yang terpantau tidak mengalami adanya perubahan, sedangkan pada manusia sampai sekarang belum ada studi keamanan jangka panjang mengenai terkait efek samping dalam mengkonsumsi buah ciplukan dalam jumlah yang berlebihan.

Buah Ciplukan Mengandung Racun

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya bahwa buah ciplukan ini yang mengandung racun bisa membahayakan tubuh, sehingga buah ini tidak boleh di konsumsi pada saat masih mentah karena mengandung solanin didalamnya racun secara alami bisa ditemukan di sayuran nightshades.

Dapat Mengalami Gangguan Pencernaan

Bahaya makan buah ciplukan secara berlebihan lainnya yaitu bisa mengalami gangguan pencernaan yang masih berhubungan dengan kandungan senyawa racun solanin di dalam buah ciplukan yang masih mudah, jika dikonsumsi buah tersebut yang belu matang maka bisa memicu gangguan pencernaan yaitu seperti kram dan juga diare.

Walaupun hal ini  yang jarang terjadi namun menurut sebuah penelitian dalam Vet Hum Toxicol Journal (1983) mengatakan masalah pencernaan yang akibat buat ciplukan pada beberapa kasus bisa berakibat fatal, sehingga hindari mengkonsumsi buah cipukan yang masih hijau dan secara berlebihan.

Nah agar lebih aman untuk kesehatan tubuh dalam mengkonsumsi buah ciplukan maka di bawah ini terdapat beberapa cara makan bua ciplukan yang bisa kamu coba terapkan agar bisa mendapatkan manfaatnya dan terhindar dari bahayanya.

Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan bahw abuah ciplukan yang berwarna hijau muda pada saat masih mentah dan dengan seiring waktu buah tersebut akan menguning yang berwarna keemasan dengan penutup kelopaknya mengembang seperti balon.

Dikutip juga dari laman WebMD yang mengatakan buah ciplukan yang harus dikonsumsi dalam kondisi matang, dalam artian buah tersebut yang hanya bisa atau boleh dikonsumsi pada saat sudah matang yang berwarna kuning keemasan tanpa ada warna kuningnya sama sekali.

Tips aman mengkonsumsi buah ciplukan yaitu:

  • Makan buah ciplukan yang sudah matang berwarna kuning keemasan, kamu bisa menguas daun buahnya untuk bisa mengetahui sudah matang atau belumnya.
  • Kemudian cuci buah ciplukan dengan air mengalir hingga bersih.
  • Kamu bisa memakan buah ciplukan secara utuh yang sudah makan dan sudah di cuci bersih.
  • Atau bisa juga dengan mencampurkannya ke dalam salad, di blender dengan buah yang lainnya dijadikan smoothies.
  • Selain itu bisa dijadikan air rebusan buah ciplukan, salad buah dengan tambahan buah ciplukan, dikonsumsi dengan granola atau bisa juga dijadikan saus ciplukan untuk ayam atau ikan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan bahaya makan buah ciplukan secara berlebihan yang bisa kamu ketahui dan lebih berhati-hati lagi dalam mengkonsumsi buah tersebut, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.