Monday, 17 Jun 2024

8 Bahaya Kumur Air Garam Setiap Hari

6 minutes reading
Wednesday, 20 Sep 2023 03:29 0 103 Muti Karya

Nesiaverse.com – Kumur air garam merupakan salah satu hal yang bermanfaat, namun jika dilakukan setiap hari hal ini akan menimbulkan bahaya juga. Sudah menjadi satu hal yang umum, jika selama ini air garam dikenal memiliki segudang manfaat, khususnya bagi kesehatan mulut. Selain tidak mengeluarkan biaya yang mahal, air garam merupakan salah satu jenis air yang mudah untuk ditemui masyarakat. Bahkan dapat membuatnya sendiri sangatlah aman dan dapat disesuaikan juga. 

Penggunaan air garam untuk menjaga kesehatan mulut memang sudah digunakan selama turun-temurun. Dilansir dari halaman Kompas.com dari medical News Today, dikatakan bahwa kumur dengan air garam tidak hanya membunuh bakteri jahat dalam mulut dan tenggorokan. Namun juga dapat membantu membawa kuman yang terselip diantara gigi dan gusi.

Bahaya Kumur Air Garam Setiap Hari

Bahaya Kumur Air Garam Setiap Hari

Begitu banyaknya manfaat yang didapat dari berkumur menggunakan air garam, orang-orang bahkan lupa bahwa ada juga bahaya yang mengintai dari kumur air garam jika dilakukan setiap hari. Bahkan hal ini dapat menimbulkan beberapa penyakit yang berbahaya khususnya pada mulut.

Hal ini dapat dari efek negatif air garam yang sering kamu gunakan untuk berkumur setiap harinya. Air garam memang menjadi salah satu obat alami bagi penderita herpes. Namun, jika digunakan setiap hari air garam yang dulunya kaya akan manfaat, justru menjadi bumerang. Kamu harus mengetahui bahaya yang mengintai dari aktivitas mengkonsumsi air garam untuk kumur setiap harinya. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa bahaya kumur air garam yang dilakukan setiap hari. 

Kanker Mulut

Bahaya pertama yang mengintai ketika kamu kumur air garam setiap hari adalah kanker mulut. Kanker mulut merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya. Hal ini dikarenakan kanker yang menyerang area mulut seseorang. Penyakit kanker mulut ini tidak dapat disembuhkan, bahkan dengan mengonsumsi makanan penyembuh sariawan sekalipun. Kamu hanya dapat meredakannya menggunakan operasi atau melakukan kemoterapi. 

Bahkan efek operasi dari penderita kanker mulut dapat menghilangkan fungsi oral. Dengan demikian kamu pastinya tidak ingin hal ini terjadi bukan? kanker mulut merupakan penyakit dan bahaya yang disebabkan oleh aktivitas kumur air garam yang dilakukan setiap hari. Ketika mulut kamu dipenuhi oleh klorida atau zat garam, maka metabolisme sel akan mengalami gangguan. 

Maka, terganggunya proses metabolisme sel ini akan menyebabkan proses revitalisasi tidak berjalan dengan baik. Yang mana akan berdampak pada pertumbuhan sel baru yang terjadi secara ekstrim, inilah yang disebut sebagai sel kanker. Maka, hindarilah kebiasaan kumur air garam setiap hari, untuk menghindari bahaya satu ini. 

Lidah Mati Rasa

Berikutnya, kebiasaan kumur air garam secara berlebihan atau dilakukan setiap hari akan membuat kamu terancam penyakit lidah mati rasa. Gangguan lidah ini umumnya adalah kondisi lidah yang mati rasa, bahkan dalam beberapa kasus menyebabkan bibir melepuh juga. Hal ini dapat terjadi karena ada senyawa yang menempel pada lidah, dan akan menyerap serbuk makanan yang mengendap. 

Kemudian nantonya sensor pengecap pada lidah akan mulai tertutupi oleh noda, semakin bertumpuk dan tebal noda ini akan menurunkan fungsi dan kepekaan lidah semakin berkurang. Sehingga lidah akan merasakan mati rasa. Ketika lidah seseorang mati rasa, maka akan menyebabkan semua makanan yang masuk ke dalam mulut akan terasa hambar. 

Nantinya, kamu tidak dapat merasakan dan menikmati jenis makanan apapun. Sehingga, jangan jadikan air garam sebagai salah satu media kumur secara rutin, apalagi setiap hari. Karena dapat berdampak buruk kepada kepekaan lidah dan rasa. 

Mulut Bengkak

Bahaya kumur air garam setiap hari diantaranya dapat menyebabkan mulut mengalami pembengkakan. Kumur air garam setiap hari akan menyebabkan senyawa air garam mengalami penumpukan pada bibir dan mukosa mulut lainnya. Senyawa garam yang termasuk senyawa paling keras, yaitu kalsium lah penyebabnya. 

Jika senyawa ini mengendap dalam mulut dalam waktu yang lama, akan menyebabkan pembentukan kristal sampah yang ringan. Nah, kristal sampah inilah yang dapat menyebabkan pembengakan pada mulut. Jika mulut kamu bengkak hingga tahap periodontitis, maka kamu akan mengalami gangguan dalam menikmati makanan apapun. 

Dampak lainya, kamu akan mengalami kesulitan berbicara, hingga pergerakan rahang akan terasa sakit sakit dan mengganggu. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama, maka kualitas hidup kamu akan terganggu dan tidak nyam. Hindarilah penggunaan air garam untuk kumur setiap hari. 

Tumor Lidah

Tumor lidah merupakan salah satu bahaya yang disebabkan kebiasaan kumur air garam setiap hari. Tumor lidah adalah ciri-ciri lidah kamu telah rusak yang bermula kerusakan pada sel lidah. Sel lidah tidak dapat melakukan proses revitalisasi secara alami. Maka, menyebabkan efek tumor lidah kemudian akan bermunculan benjolan kecil di lapisan atasnya. Sehingga ketika tersebut, lidah akan terasa nyeri, panas hingga gatal-gatal. 

Tumor lidah disebabkan air garam menyentuh area lidah secara berlebihan. Hal ini terjadi dikarenakan senyawa dalam air garam yang disebut klorida. Senyawa ini merupakan senyawa yangs anat asil dan dapat menyebabkan lidah mengalami kekeringan. Maka, ketika lidah kekeringan, sel tidak memiliki tempat untuk melakukan relaksasi, maka sel asing akan tumbuh secara ekstrim.

Mulut Berbau Busuk

Kumur menggunakan air garam setiap hari dapat menimbulkan bau mulut, tentunya hal ini menandakan bahwa kesehatan mulut kamu tidak terjaga. Karena sisa senyawa yang menempel pada jaringan lunak atau mukosa, sehingga akan menyebabkan penyerapan cairan , nantinya rongga mulut kamu akan menjadi kering. 

Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dan tidak mendapatkan tindakan secara cepat, akan menyebabkan bau mulut. Kemudian akan dengan leluasa melakukan suntikan fosfor di dalam mulut. Fosfor sendiri merupakan penyebab yang menimbulkan bau, bahkan tidak dapat disembuhkan menggunakan pengharum mulut jenis apapun. 

Bila mulut kamu sudah mengeluarkan bau, tentunya kenyamanan untuk berkomunikasi akan menghilang. Nantinya rekan dan teman kamu akan pergi menjauh dan tidak memiliki kesempatan untuk melakukan interaksi. Hal ini merupakan salah satu hal yang disebabkan oleh penggunaan air garam setiap hari untuk berkumur. 

Sariawan

Stomatitis Aftosa atau dikenal dengan sebutan sariawan merupakan salah satu kondisi dimana terdapatnya luka di area mukosa mulut. Umumnya hal ini terjadi pada area bibir, langit-langit mulut hingga lidah. Sariawan dapat terjadi dengan ciri-ciri awal adanya luka menyerupai bintik-bintik putih. Ketika kamu menyenatuhkan maka akan timbul rasa perih, gatal hingga panas. 

Sariawan dapat terjadi karena penggunaan air garam setiap harinya. Air garam memiliki kandungan senyawa aktif yang tergolong keras, yaitu senyawa klorida. Senyawa satu ini kerja dengan cepat untuk mengeringkan mineral di dalam mulut. Dengan begitu nantinya mulut kamu akan kering dan mengalami penipisan kronis. Maka, terjadilah sariawan yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan perih ketika kamu minum, makan atau bahkan berbicara. 

Gusi Yang Keropos

Gusi menjadi salah satu bagian yang rentan terkena efek dari bahaya kumur air garam setiap hari. Berkumur dengan air garam dapat menyebabkan gusi mengalami keropos. Tentunya gusi sendiri tidak akan memaksimalkan ketika digunakan sebagai alat mengunyah makanan. Maka, hal inilah yang akan menghambat berbagi aktivitas kamu ketika akan makan. 

Gusi yang keropos akan menghambat berbagi aktivitas kamu secara menyeluruh. Timbulnya rasa tidak nyaman pembengkakan hingga kamu akan mengalami kesulitan untuk sekedar makan. Maka, hindarkan penggunaan air garam untuk berkumur setiap hari, karena berbahaya bagi kesehatan gusi juga. 

Nah, itulah penjelasan mengenai bahaya berkumur air garam setiap harinya. Air garam memang dapat mengatasi berbagai macam masalah pada mulut, namun air garam tidak dapat berfungsi sebagai desinfektan. Bahkan air garam tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari untuk berkumur. Kamu hanya diperkanana untuk menggunakan air garam untuk kumur 2 kali atau 3 minggu. Hal ini dikarenakan air garam dapat menyebabkan gigi mengalami kerusakan.

Kamu hanya dianjurkan untuk kumur air garam sebulan sekali. Hal ini dikutip pada situs Today’s Dentistry “Air garam memiliki sifat asam, sehingga dapat menimbulkan masalah jika menggunakannya setiap hari, karena dapat mengikis gigi juga”.