Monday, 17 Jun 2024

Cara Berkumur Air Garam Untuk Sakit Gigi

5 minutes reading
Monday, 18 Sep 2023 05:43 0 175 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Cara berkumur air garam untuk sakit gigi yang masih banyak orang yang belum tahu dengan benar, jika kamu ingin tahu dengan caranya bisa dengan simak penjelasannya pada artikel kali ini.

Karena memang semua penyakit yang tentu saja mengganggu kenyamanan dan juga produktivitas kamu termasuk juga penyakit sakit gigi yang biasanya sering dianggap sepele, mengidap sakit gigi yang memang sangat tidak nyaman sehingga tidak sedikit orang yang ingin mengatasi sakit gigi tersebut agar kembali sehat.

Pada saat sakit gigi yang tentu saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan umumnya hal ini yang memerlukan bantuan dokter gigi untuk bisa mengatasinya, namun selain itu juga terdapat berbagai cara untuk membantu meredakan sakit gigi bisa dilakukan hanya dirumah saja.

Cara Berkumur Air Garam Untuk Sakit Gigi

Cara Berkumur Air Garam Untuk Sakit Gigi

Cara untuk meredakan sakit gigi yaitu dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang tersedia di rumah salah satunya dengan melakukan berkumur air garam, manfaat garam untuk sakit gigi sendiri yang sejak dulu hingga sekarang sangat populer.

Dengan berkumur-kumur air garam untuk sakit gigi yang dianggap sangat ampuh untuk membantu meredakan rasa sakit secara alami tanpa adanya efek samping apapun, untuk penyebab sakit gigi sendiri yang sangat beragam dan tentu saja membutuhkan penangan yang berbeda juga.

  • Pertama, kamu bisa membuat air garam terlebih dahulu dengan cara memasukan satu atau dua sendok teh garam pada gelas yang berasi air putih.
  • Selanjutnya aduk air yang berisi garam dengan sendok hingga garam tercampur rata dengan air.
  • Setelah garam tercampur dengan air putih, silahkan lanjutkan dengan berkumur menggunakan air garam.
  • Lakukan kumur-kumur dengan air garam selama 15 hingga 20 detik.
  • Jika sakit gigi dirasa cukup parah, lakukan kumur-kumur dengan air garam 2 kali dalam sehari, sedangkan jika sudah mendingan, kamu bisa berkumur sekali sehari saja.
  • Lakukan cara diatas hingga sakit gigi sudah sembuh.

Biasanya, keluhan utama sakit gigi biasanya kerap timbul bisa berupa sensasi nyeri terhadap panas dan juga dingin, nyeri hebat menjalar ke leher, pundak, kepala sampai pembengkakan pada area pipi, dan juga peradangan serta perdarahan gusi.

Dimana sebelum ke cara mengatasi sakit gigi hal pertama perlu diketahui yaitu faktor penyebab utama sakit gigi tersebut, kamu bisa mengenali gejalanya serta melakukan pertolongan pertama untuk membantu meredakan nyeri sebelum ke dokter gigi.

Penyebab Munculnya Sakit Gigi Yang Harus Kamu Hindari

Cara Berkumur Air Garam Untuk Sakit Gigi

Adapun untuk beberapa faktor penyebab munculnya sakit gigi yaitu sebagai berikut:

Gusi Berdarah dan Radang Gusi

Gusi berdarah kerap sekali baru disadari oleh seseorang saat menyikat gigi dan terjadi pendarahan, dimana kedua penyakit gigi ini sangat umum disebabkan oleh penumpukan karang gigi, penyakit peradangan jaringan penyangga gigi (periodontal), perubahan hormon pada saat kehamilan, atau penyakit sistemik seperti diabetes tidak terkontrol.

Lubang dan Karang pada Gigi

Dimana penumpukan plak yang luput pada saat menyikat gigi bisa menimbulkan koloni bakteri sehingga menyebabkan karang dan juga lubang pada gigi.

Gigi Bungsu Tumbuh Tidak Sempurna

Tumbuhnya gigi bungsu tidak sempurna bisa terlihat dengan ciri sebagian gigi yang masih tertutup dengan gusi, pada daerah gusi ini yang masih menutupi gigi bisa membentuk kantung menyebabkan plak terjebak dan juga menyebabkan peradangan serta nyeri.

Hal ini yang biasanya dikenal dengan nama istilah pericoronitis dan kantung terbentuk menjadi sela sulit untuk dibersihkan, jika bersinggungan dengan gusi di depannya bisa menimbulkan gigi tersebut dan gigi pada bagian depannya berlubang.

Pembengkakan atau Abses

Pembengkakan adalah infeksi lanjut dari kasus gigi berlubang atau peradangan jaringan penyangga gigi tidak segera ditangani, dimana bakteri dari rongga mulut masuk ke dalam lubang gigi atau jaringan gusi yang meradang kemudian menimbulkan infeksi dalam jaringan.

Dimana biasanya ini yang ditandai dengan adanya bisul yang berisi nanah di gusi sehingga pembengkakan terlihat luas pada area pipi, nyeri yang dirasakan umumnya sangat hebat.

Fraktur atau Patah Gigi

Fraktur atau patah gigi merupakan kejadian patah atau keretakan gigi yang akibat adanya cedera atau trauma, hal ini yang dapat dikarenakan terjatuh atau akibat menggigit sesuatu yang sangat keras.

Temporomandibular Joint Disorder (TMD)

TMD adalah gangguan pada sendi rahang yang menimbulkan gejala nyeri pada daerah sendi rahang, timbulnya bunyi klik pada rahang, kesulitan mengunyah, sakit kepala, sakit pada area wajah, bukaan mulut terbatas, telinga berdenging dan juga rahang terkunci.

Faktor penyebab terjadinya TMD yaitu karena kehilangan gigi geligi yang tak diganti, maloklusi gigi atau posisi susunan gigi serta rahang tidak normal, hubungan antara rahang bawah dan rahang atas tidak baik, trauma kecelakaan, pembuatan protesa atau gigi tiruan  tidak tepat dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk meredakan sakit gigi yang bisa dengan memanfaatkan bahan alami dengan cara berkumur air garam, dimana berkumur air garam hangat adalah salah satu cara yang efektif untuk meredakan sakit gigi dengan melepaskan sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut.

Untuk cara berkumur air garam untuk sakit gigi yang bisa dilakukan dengan mudah hanya cukup dengan menambahkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga tercampur merata dan biarkan sampai suhunya menurun hingga hangat-hangat kuku.

Kemudian untuk cara berkumur air garam untuk sakit gigi yaitu dengan dijadikan sebagai obat kumur, namun sebelum berkumur disarankan untuk gosok gigi terlebih dahulu, bertujuan untuk membantu mengurangi kotoran atau sisa makanan yang terdapat pada area mulut.

Akhiri dengan berkumur-kumur menggunakan larutan air garam sekitar 45 detik dan setelah itu larutan air garam dapat langsung dibuang dan pastikan tidak dibilas lagi dengan air bersih, sebuah penelitian menyatakan bahwa garam memiliki antibakteri dan anti radang bisa membantu membunuh bakteri jahat di dalam mulut serta meredakan pembengkakan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan cara berkumur air garam untuk sakit gigi dan juga beberapa faktor penyebab munculnya gigi berlubang yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.