Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak dan Sakit Saat Berkedip

6 minutes reading
Friday, 7 Jul 2023 16:07 0 258 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ketika kelopak mata bengkak dan menimbulkan sensasi sakit saat berkedip hal tersebut membutuhkan cara mengatasi dan penanganan yang tepat. Banyak sekali hal yang menyebabkan mata bengkak dan sakit saat berkedip. Namun, beberapa membutuhkan perawatan medis yang lebih serius lagi.

Ketika mata sakit saat mengedip umumnya hal ini terjadi di seluruh area mata, misalnya di bagian sudut mata atau kelopak mata. Umumnya hal ini disebabkan karena kotoran mata, partikel asing hingga penyebab series lainnya seperti cedera dan masalah kesehatan lainnya.

Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak dan Sakit Saat Berkedip

Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak dan Sakit Saat Berkedip

Banyak hal yang menyebabkan mata bengkak dan sakit saat berkedip. Perawatan mata sangat diperlukan, hal tersebut dikarenakan mata merupakan organ penting penglihatan yang mana jika terasa sakit jangan pernah kamu sepelekan. 

Rasa sakit ketika mengedipkan kelopak mata yang bengkak akan menimbulkan sensasi tidak nyaman. Tak hanya rasa nyeri saja namun bengkaknya kelopak mata bisa menyebabkan fungsi penglihatan seseorang terganggu. Biasanya adanya kotoran, partikel asing yang tersangkut pada kornea mata inilah yang menyebabkan rasa sakit saat berkedip. 

Sakit mata bukan kondisi yang bisa diabaikan, meskipun akan sembuh dengan sendirinya. Beberapa gangguan atau keluhan pada mata sendiri membutuhkan tindakan medis yang serius, sebelumnya kamu akan membahas penyebab kelopak mata bengkak dan sakit saat berkedip. 

  • Terjadinya konjungtivitis alergi, dimana kelopak mata akan bengkak disertai mata yang berwarna merah, gatal dan berair. Umumnya hal ini dikarenakan adanya alergi bisa berupa debu, serbuk sari, bulu binatang. Konjungtivitis mampu membuat kelopak mata seseorang bengkak hingga kesulitan mengedip.
  • Kalazion, merupakan kondisi kelopak mata bengkak yang muncul akibat adanya penyumbatan kelenjar minyak di area kelopak mata. Kalazion bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun begitu kamu bisa mengatasinya dengan mengompresnya menggunakan air hangat untuk mempercepat waktu penyembuhannya. 
  • Bintitan, merupakan kondisi yang menyebabkan bengkak dan benjolan di kelopak mata. Bintitan timbul karena adanya infeksi pada kelenjar minyak yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Seseorang yang terkena bintitan kelopak mata akan bengkak dan sakit saat berkedip. 
  • Selulitis Periorbital, kondisi infeksi pada kulit di area kelopak mata, yang mana bisa menyebabkan kelopak mata dalam kondisi bengkak, nyeri, hingga hangat ketika disentuh. Pembengkakan ini bisa dikarenakan oleh cedera mata, infeksi area dekat mata seperti ingus hingga gigitan serangga. 
  • Blefaritis, merupakan peradangan di kelopak mata dimana mata akan bengkak dan menyebabkan mata merah, sensai berpasir, nyeri hingga kotoran mata yang berlebihan. 
  • Konjungtivitis Infeksi, merupakan penyebab infeksi bakteri maupun virus yang menyebabkan mata merah dan rasa nyeri seperti berpasir. Hal ini dikatakan adanya virus dan akan sembuh dengan sendirinya. 

Itulah beberapa penyebab kelopak mata seorang bengkak dan sakit saat berkedip. Kemudian, bagaimana cara untuk mengatasi gangguan kelopak mata yang bengkak dan sakit saat berkedip ? Berikut kami sudah merangkumnya. 

Mencuci Mata Secara Rutin

Cara pertama untuk mengatasi kelopak mata bengkak dan sakit saat berkedip adalah dengan rajin mencuci mata. Kelopak mata yang bengkak bisa menjadi suatu sinyal akan kebersihan mata dalam kondisi tidak sehat dan memicu peradangan hingga infeksi. Salah satu upaya untuk menjaga kebersihan mata adalah dengan mencucinya secara rutin. 

Cara untuk mencuci kelopak mata bisa kamu lakukan setiap mandi atau saat kotoran mata berlebihan keluar. Gunakan air yang mengalir, pastikan juga melakukan double cleansing jika kamu sering menggunakan make up khususnya eyeliner dan maskara, untuk menghindari noda yang tertinggal dna menyebabkan iritasi. 

Mengompres Mata Dengan Air Hangat

Untuk mengatasi mata bengkak dan sakit saat berkedip adalah dengan cara mengompresnya menggunakan air hangat. Kamu membutuhkan handuk bersih dan air hangat. Pastikan kamu sudah mencuci muka sebelum mengompres mata dengan handuk dan air hangat.

Caranya sangat mudah kamu hanya perlu menempelkan kompres hangat ke area mata yang bengkak. Diamkanlah selama 15 menit lebih, kamu bisa melakukannya sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Hal ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan, iritasi hingga rasa sakit di area kelopak mata yang terinfeksi. 

Mengompres Mata Dengan Air Dingin

Kamu juga bisa mengompres kelopak mata yang bengkak menggunakan air dingin. Umumnya mengompres mata menggunakan air dingin dilakukan untuk bengkak yang dipicu oleh iritasi, produksi air mata berlebih dan gigitan serangga. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membungkus es batu menggunakan handuk kecil dan langsung diletakkan pada bagian mata yang bengkak atau teriritasi. 

Menggunakan Bantuan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata mampu meredakan segala gejala dan masalah pada mata, salah satunya ketika kelopak mata bengkak. Mata yang bengkak karena iritasi dengan penggunaan gadget, paparan polusi maka kamu bisa menggunakan produk obat mata tetes. Obat mata tetes yang memiliki kandungan tetrahydrozoline hydrochloride sendiri menjadi salah satu kandungan yang mampu mengatasi iritasi karena paparan sinar gadget hingga polusi sehari-harinya. 

Mencukupi Kebutuhan Cairan 

Mata bengkak bisa disebabkan karena terjadinya dehidrasi, hal ini disebabkan karena kebutuhan cairan tidak terpenuhi. Pasalnya kita membutuhkan cairan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Maka, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelopak mata bengkak dan sakit saat berkedip, adalah mencukup kebutuhan cairan harian.

Menggunakan Kompres Kantung Teh

Kompres menggunakan kantung teh hijau mampu mengatasi permasalahan pada mata yang bengkak. Teh memiliki kandungan antioksidan dan kafein, sehingga mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada kelopak mata dan menyempitkan pembuluh darah. 

Menggunakan Krim Mata

Krim mata bisa kamu dapatkan di pasaran dengan mudah, menggunakan krim mata mampu meredakan peradangan atau bengkak pada kelopak mata. Kamu bisa menggunakan krim mata yang mengandung chamomile, arnica hingga mentimun. Hal tersebut didasarkan pada sifat daripada chamomile, mentimun dan arnica yang memiliki sifat untuk mengurangi peradangan dan menyempitkan pembuluh darah.

Menggunakan Produk Pencuci Mata

Selain obat mata, kamu bisa menggunakan produk pencuci mata yang mana membantu membersihkan, menyejukkan dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit. Selain itu produk pencuci mata juga mampu meringankan gejala iritasi pada matamu. Dengan menggunakan produk pencuci mata, keadaan kelopak mata yang bengkak juga akan meredakan karena pencuci mata memiliki efek meringankan gejala iritasi. 

Beristirahat Yang Cukup

Terakhir, kamu bisa mengatasi kelopak mata bengkak dan sakit saat berkedip adalah mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal satu ini memiliki manfaat untuk mengistirahatkan syaraf dan otot disekitar mata, sehingga nantinya otot akan rileks dan peradangan juga akan mereda, menghilangan rasa nyeri atau sakit berlebih. 

Itulah pembahasan mengenai penyebab dan cara untuk mengatasi kelopak mata bengkak dan sakit saat berkedip yang bisa kamu praktikan. Jika memiliki keluhan lebih lanjut ada baiknya kamus egra mengunjungi ahlinya, sehingga mendapatkan penanganan khusus untuk keluhan kelopak mata bengkak dan sakit saat berkedip.