Saturday, 22 Jun 2024

6 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

7 minutes reading
Monday, 18 Sep 2023 05:35 0 253 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja perbedaan kucing anggora dan persia? Apakah kedua jenis ras kucing tersebut memiliki perbedaan? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait perbedaan antara kedua ras kucing anggora dan persia.

Di Indonesia sendiri kucing banyak dijadikan hewan peliharaan, salah satunya adalah kedua ras kucing seperti anggora dan persia. Kedua kucing ini sangat populer sekali di kalangan para cat lovers, bahkan banyak juga orang-orang yang memelihara kedua jenis kucing tersebut.

Sampai seperti itu kucing disukai banyak orang, dan juga kucing mempunyai beragam jenis ras yang berbeda. Dengan ciri khasnya masing-masing yang sering menarik perhatian banyak orang karena keindahan serta keunikan dari kucing tersebut membuat kita ingin memilikinya.

Lalu kalau begitu apa sih perbedaan kucing anggora dan persia? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang kedua perbedaan dari ras kucing anggora dan kucing persia secara menyeluruh agar tidak keliru lagi. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kucing merupakan hewan yang memiliki banyak jenis dan rasulnya, termasuk ras anggora dan persia. Kedua rasa ini banyak dikenal serta cukup populer juga di berbagai negara yang tertarik untuk memelihara kucing, bahkan di Indonesia sendiri kedua rasa ini dikenal dengan baik.

Kucing diketahui memiliki banyak jenis atau rasnya kurang lebih ada sebanyak 30 ras dan itu belum termasuk semua ras lainnya dari hasil perkawinan silang yang menghasilkan ras baru. Mungkin diperkirakan kurang lebih ada 142 jenis ras kucing yang ada di seluruh dunia ini.

Nah, yang akan dibahas kali ini adalah dua ras kucing dari anggora dan persia, sering kali dianggap sama atau mirip. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang menonjol, baik dari segi fisik maupun mengenal dari sejarah mereka tersendiri yang berasal dari negara berbeda.

Buat kamu yang masih saja keliru atau sulit membedakan antara ras anggora dan persia, serta untuk mengenal kedua nya lebih dalam lagi agar dapat mengetahui perbedaannya. Nah, berikut ada beberapa perbedaan antara anggora dan persia, diantaranya adalah:

Asal Kelahirannya

Jangan jauh-jauh dulu buat membedakan keduanya, ketahui saja dari asal kelahiran mereka itu dari mana. Sudah jelas keduanya pun dari negara yang berbeda dan pertama kali ditemukan pun dari kota atau negara yang berbeda, keduanya memiliki latar belakang masing-masing.

Kucing anggora termasuk ras kucing domestik alami tertua yang berasal dari Ankara, Turki. Ras kucing anggora sendiri hanya dikembang biakan di Turki karena mengikuti sesuai aturan negara disana, bahkan di Indonesia sendiri ras anggora asli terbilang cukup sedikit adanya.

Kucing persia pun masih sama termasuk dalam ras kucing domestik tertua, namanya mengacu pada suatu negara yaitu Persia yang sekarang dikenal dengan negara Iran. Hanya saja kucing persia ini mulai dikembangkan di Britania Raya dan Amerika Serikat saat usai perang dunia II.

Dari Segi Fisik

Perbedaan dari segi fisik pun tidak kalah berbeda, kedua ras ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Mungkin untuk sebagian orang yang masih awam dalam membedakan kucing anggora dan persia, bisa kamu lihat sendiri dari segala segi fisiknya yang terlihat sangat menonjol.

Sebenarnya hanya dilihat dari fisik mereka pun akan terlihat jelas seperti apa perbedaannya, hanya saja mungkin masih saja ada orang yang keliru. Nah, berikut ada beberapa fisik yang membedakan antara kucing anggora dan kucing persia, diantaranya adalah:

  1. Pola Bulu kucing anggora dan persia memang sama-sama memiliki bulu yang panjang, hanya saja bulu kucing anggora tidak selebat kucing anggora. Biasanya kucing anggora memiliki bulu yang lebih lebat dan panjang di bagian ekornya, serta bulu di bagian leher kucing anggora tidak begitu panjang. Sedangkan kucing persia memiliki bulu yang panjang dan lebih lebat dari kucing anggora secara keseluruhan, bahkan bulu di bagian lehernya pun panjang dan lebat. Ekor kucing persia cenderung lebih pendek dan tidak seruncing ekor kucing anggora walaupun sama-sama memiliki bulu panjang di ekornya.
  2. Bentuk dan Warna Mata, biasanya bentuk mata kucing anggora lebih runcing seperti almond di bagian ujung matanya sedangkan kucing persia lebih bulat dan besar atau belo. Selain itu juga kucing anggora ada beberapa yang memiliki warna mata unik dan langka sekali yaitu odd eye, sedangkan kucing persia tidak ada jenis mata odd eye.
  3. Bentuk Wajah kucing anggora lebih tirus sedangkan kucing persia lebih bulat. Bentuk tengkorak atau tulang pipi mereka berbeda, kucing persia lebih anggun dengan bentuk wajahnya yang tirus, dan kucing anggora sangat menggemaskan dengan bentuk bulatnya. Selain itu bentuk hidung kucing anggora lebih menonjol atau moncong ke depan, sedangkan kucing persia dikenal karena hidungnya yang pesek atau mancung ke dalam.
  4. Postur Tubuh kucing anggora lebih ramping dan memiliki bulu yang lebih lebat dibagian bawah leher dekat kaki atas mereka seperti menyerupai mantel, sedangkan kucing persia lebih gemuk dengan tubuhnya yang terlihat gemuk dan bulat serta penuh dengan bulu.
  5. Bentuk Telinga kucing anggora lebih runcing dan panjang sedangkan kucing persia lebih mungil atau pendek dan tidak seruncing anggora. Walaupun begitu keduanya memiliki bentuk telinga yang unik, indah, menawan, lucu dan menggemaskan pastinya.

Dari Segi Kepribadian

Tentunya kucing memiliki kepribadian yang berbeda sesuai dengan rasnya masing-masing. Karena dari perbedaan itulah yang menjadikan ciri khasnya masing-masing, termasuk perilaku dari kedua ras kucing antara kucing anggora dan persia yang dikenal sama-sama mempesona.

Walaupun dari segi penampilan kucing anggora terlihat sangat anggun dan kalem, ternyata kucing anggora dikenal dengan keramahannya serta terbilang cukup aktif dibandingkan kucing persia. Kucing anggora sangat gesit, dan cerdas serta suka melompat atau memanjat pohon.

Sedangkan kucing persia terbilang cukup manis, ceria dan ekspresif, menyukai ketenangan dan tidak seaktif kucing anggora. Walaupun kucing persia ini cukup cuek, namun mereka sangat lembut kepada sang pemilik dan tidak penuntut serta kucing yang cukup penyayang juga.

Jenis Makanannya

Walaupun kucing sama-sama hewan karnivora, tetap saja dalam pemberian pakan atau makanannya berbeda. Kucing anggora tidak mudah rewel dalam hal makanan, hanya saja mereka bergantung pada usia, jenis kelaminnya dan seberapa aktifnya kucing anggora.

Kucing anggora sendiri memiliki tubuh yang ramping, sehingga dengan menjaga bentuk badan dan berat tubuhnya supaya tetap ideal pastinya makanan kucing anggora ini harus rendah lemak dan kandungan protein serta lainnya harus seimbang untuk mencegah obesitas.

Sedangkan kucing persia cukup rewel soal makanan, jadi harus benar-benar memilih makanan yang cocok untuknya. Walaupun begitu kucing persia akan langsung makan dengan baik ketika sudah menemukan makanan yang cocok, selain itu makanannya harus tinggi protein dan serat.

Dari Segi Perawatan

Kucing anggora dan persia memang sama-sama mempunyai bulu yang panjang dan lebat, hanya saja tidak selebat bulu kucing persia. Dengan begitu perawatan untuk kucing anggora tidak seribet merawat bulu kucing persia yang cenderung lebih lebat secara keseluruhan.

Selain itu bulu kucing anggora lebih mudah diatur dibandingkan bulu kucing persia yang gampang kusut. Sehingga perawatan bulunya harus benar-benar terawat dengan teratur, supaya tidak mudah kusut dan rontok. Walaupun begitu keduanya harus dirawat dengan baik.

Faktor Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, bahwasannya kucing anggora ini cenderung sangat aktif dibanding kucing persia. Hal itu menunjukkan kucing anggora memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan kucing persia yang tidak sekuat kucing anggora.

Biasanya kucing anggora memiliki beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi atau menyerang pada anak kucing anggora berusia 2-4 minggu seperti Ataskia atau neuromuskular yang cukup fatal. Sedangkan persia sering terjadi masalah kesehatan menyangkut genetiknya.

Itulah beberapa perbedaan kucing anggora dan persia yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar bisa membedakan kedua jenis ras kucing tersebut. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan perawatan serta makanan apa saja yang cocok untuk kedua ras kucing tersebut.

Pastikan untuk bisa memilih dan memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan ras kucing. Karena mau bagaimanapun juga tiap jenis atau ras kucing itu akan berbeda, entah itu cara groomingnya ataupun dari segi makanannya harus sesuai. Good Luck semoga membantu.