Thursday, 18 Jul 2024

Bahaya Makan Buah Semangka Jika Berlebihan

5 minutes reading
Sunday, 19 Feb 2023 06:11 0 314 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tahu dengan buah Semangka yang satu ini yang terkenal dengan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, namun jika mengkonsumsi buah Semangka secara berlebihan juga yang bisa memberikan dampak bahaya atau efek sampingnya.

Tanaman buah Semangka atau Citrullus lanatus merupakan salah satu tanaman semusim yang termasuk ke dalam keluarga labu-labuan seperti labu, blewah, mentimun dan juga zucchini, buah ini yang memiliki ukuran yang sedang dan bahkan hingga yang besar dengan memiliki warna hijau dengan corak garis dengan warna hijau lebih tua.

Tanaman buah ini yang hidup merambat dengan panjang yang mencapai 3 hingga 5 meter,dengan daun berseling, bertangkai menjari, helaian daunnya lebar dan berbulu dengan ujungnya yang runcing, dengan memiliki anekaragaman jenis yaitu seperti semangka merah, semangka kuning, semangka biji dan juga semangka tanpa biji.

Buah Semangka kerap dikonsumsi apalagi pada saat musim panas untuk memenuhi rasa dahaga apalagi buah ini yang memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, sehingga tidak heran jika buah Semangka ini banyak yang menyukainya apalagi tanaman ini yang menjadi makanan yang sehat hal ini karena rendah kalori dan bebas lemak sangat baik untuk membantu menunjang kesehatan.

Namun walaupun buah Semangka ini yang memiliki manfaat yang sangat melimpah untuk kesehatan,  tetapi jika kamu mengkonsumsi buah ini dengan porsi yang berlebihan yang bisa memicu efek samping atau bahaya untuk kesehatan.

Untuk kamu yang ingin tahu apa saja bahaya atau efek samping dari makan buah Semangka jika berlebihan bisa dirasakan, maka bisa dengan simak penjualannya di sini.

Bahaya Makan Buah Semangka Jika Berlebihan

Bahaya Makan Buah Semangka Jika Berlebihan

Buah Semangka yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak diantaranya terdapat vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12 vitamin C, phytonutrient citrulline, lycopene, beta karoten dan juga berbagai zat senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan beragam kandungan nutrisi ini yang memberikan beragam manfaatnya.

Mengkonsumsi buah Semangka dengan jumlah yang berlebihan tentu saja bisa memicu timbulnya masalah kesehatan yang tidak boleh disepelekan, dimulai dari membahayakan kesehatan jantung, diabetes dan bahkan resiko peradangan organ hati dan bahaya makan buah Semangka jika berlebihan ini perlu diwaspadai.

Tentu saja hal ini yang sangat merugikan kesehatan sehingga dalam mengkonsumsi buah Semangka sesuai dengan kebutuhan, adapun untuk lebih jelasnya dibawah ini ada beberapa bahaya atau efek samping dari makan buah Semangka jika berlebihan yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Membahayakan Kesehatan Jantung

Bahaya atau efek samping dari makan buah Semangka jika berlebihan yaitu bisa membahayakan kesehatan jantung, hal ini karena buah Semangka yang merupakan sumber kalium cukup tinggi.

Memang zat mineral ini yang dibutuhkan oleh tubuh tetapi jika berlebihan asupan kadar kalium dalam tubuh yang akan membahayakan jantung,gejala yang bisa dialami yaitu detak jantung tidak  teratur dan bahkan denyut nadi yang melemah.

Peradangan Organ Hati

Untuk bahaya makan buah Semangka jika berlebihan yang lainnya yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan organ hati apalagi jika kamu suka mengkonsumsi banyak semangka dan alkohol, kandungan likopen dari buah Semangka dan bertemu dengan alkohol yang bisa berisiko memicu timbulnya peradangan organ hati.

Risiko Diabetes Gestasional

Untuk ibu hamil yang mengkonsumsi buah Semangka secara berlebihan yang bisa menimbulkan bahaya yaitu meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional, hal ini yang dikarenakan dari kandungan gula dalam buah Semangka apa lagi untuk mereka yang mengidap diabetes.

Keracunan Air

Pada saat tubuh mengalami kekurangan cairan yang akan mengalami dehidrasi, tetapi jika tubuh yang terlalu banyak menampung cairan yang akan menimbulkan overhidrasi atau keracunan air, bahaya makan buah Semangka jika berlebihan yaitu keracunan cairan atau overhidrasi hal ini dikarenakan Semangka yang mengandung air yang cukup banyak.

Sehingga jika mengkonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan maka bisa terjadi overhidrasi, keracunan cairan dapat menyebabkan volume darah meningkat  dan membuat ginjal melemah, tubuh terasa lelah dan kaki yang mengalami bengkak bahkan kadar natrium yang terancam menurun.

Muntah dan Mual

Dengan mengkonsumsi buah Semangka secara berlebihan yang bisa menyebabkan tubuh mengalami overhidrasi atau keracunan cairan dan bahaya makan buah Semangka jika berlebihan yaitu bisa menyebabkan mual dan muntah dikarenakan tubuh yang mengalami kelebihan cairan.

Perut Kembung

Mungkin kamu pernah merasa perut kembung setelah minum air yang terlalu banyak sama hal nya dengan mengkonsumsi buah Semangka secara berlebihan yang bisa membuat perut kembung, bahaya makan buah Semangka jika berlebihan ini yang berasal dari kandungan air yang banyak didalam buah Semangka sehingga pada saat tubuh menyimpan banyak air yang bisa membuat perut menjadi kembung.

Alergi

Alergi menjadi salah satu bahaya dari makan buah Semangka jika berlebihan yang tidak boleh dilupakan dan jika kamu memiliki alergi seperti pembengkakan, ruam, sulit bernapas, selain itu ditambah lagi anafilaksis yaitu reaksi alergi yang bisa mengancam nyawa yang bisa menyerang dengan begitu hindari makanan yang bisa menyebabkan alergi.

Menyebabkan Hipotensi

Buah Semangka yang mengandung asam amino yang bernama citrulline yang akan membantu tubuh untuk mengelola tekanan darah rendah, citrulline ini yang bisa memacu untuk memproduksi nitric oxide yang dapat menjaga fleksibilitas pembuluh darah.

Dengan efek-efek tersebut yang akan membuat buah Semangka dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga jika kamu mengkonsumsi buah Semangka dengan jumlah yang berlebihan maka bisa menyebabkan hipotensi atau tekanan darah rendah dan hipotensi ini yang bisa menimbulkan gejala yang akan merugikan kesehatan tubuh.

Risiko Diabetes

Buah Semangka yang memiliki rasa yang manis karena buah ini yang memiliki indeks glikemik yang tinggi apalagi jika buah ini yang diolah menjadi jus, sehingga jika mengkonsumsi buah Semangka yang secara berlebihan yang bisa memberikan dampak bahaya atau efek samping yaitu meningkatkan risiko diabetes.

Diare

Bahaya atau efek samping dari makan buah Semangka jika berlebihan yang lainnya yaitu mengakibatkan diare hal ini disebabkan kandungan likopen dalam buah Semangka, dimana likopen ini merupakan antioksidan baik untuk kesehatan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan yang bisa berpotensi menyebabkan diare.

Mungkin hanya itu saja beberapa bahaya makan buah Semangka jika berlebihan yang perlu kamu ketahui dan waspadai, untuk menghindari bahaya dari buah Semangka kamu sebaiknya mengkonsumsi buah ini dengan porsi yang wajar tidak berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat.