Bahaya Menggunakan Skincare Kadaluwarsa atau Expired

3 minutes reading
Wednesday, 5 Jul 2023 13:51 0 102 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Sayang membuang skincare karena masih banyak? Tapi ternyata skincare itu sudah melewati waktu yang ditentukan pemakaiannya. Terus bahaya gak sih menggunakan skincare yang sudah kadaluarsa? Apa saja sih bahayanya?

Lantas apakah expired pada suatu produk itu? Kamu perlu memahami dan mengetahui terlebih dahulu mengenai hal mendasar tentang itu. Supaya kamu tahu dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Bahaya Menggunakan Skincare Kadaluwarsa atau Expired

Bahaya Menggunakan Skincare Kadaluwarsa atau Expired

Terkadang kita merasa sayang untuk membuang produk yang masih banyak karena sudah expired. Walaupun tampilan dan kemasan skincare tersebut masih bagus, namun tetap saja sebisa mungkin tidak digunakan kembali. Karena produk yang sudah kadaluarsa pastinya mengalami perubahan zat kimia yang terkandung di dalamnya mengalami perubahan, sehingga skincare kamu sudah tidak efektif lagi penggunaanya dan malah berpotensi menyebabkan iritasi, infeksi, bahkan alergi pada kulit wajah.

Mengenai expired pada suatu produk adalah waktu dimana produk itu sudah melewati masa penggunaanya dan tidak layak dipakai lagi. Nah, untuk skincare biasanya memiliki masa kadaluarsa yang berbeda-beda. Contoh, pada cleanser masa waktunya bisa mencapai 6 bulan – 1 tahun, moisturizer paling lama 1 tahun dan pada skincare lainnya yang memiliki masa pemakaian. Jadi kamu perlu mengetahui berapa lama skincare kamu bertahan dan selalu mengeceknya dalam kemasan produk ya!

Terus sebenarnya bahaya gak sih kalau kita memakai produk skincare yang sudah kadaluarsa tanpa disengaja? Jawabannya adalah tidak selalu membahayakan. Lho kok bisa? Tentu saja, karena skincare yang sudah expired hanya membuat kandungan di dalamnya bekerja dengan tidak efektif lagi. Kecuali, jika produk itu mengalami banyak perubahan mulai dari tampilannya, teksturnya, dan bahkan aroma nya yang sudah tidak enak dicium, itu yang harus kita dihindari.

Apalagi jika kemasan produk kamu yang sering dibuka tutup untuk mengambilnya dapat mengundang banyak mikroba yang masuk kedalam produk kita melalui udara. Hal itu juga dapat mempercepat expired pada suatu produk, lho! Makanya selalu jaga kebersihan skincare kamu, ambil menggunakan spatula yang sudah kamu dapatkan didalam produk kamu agar tidak langsung menggunakan tangan saat kamu hendak mengambil skincare.

Selain itu menggunakan skincare yang expired juga dapat membuat mata kamu berair, khususnya skincare itu untuk perawatan mata seperti eye cream. Apalagi mata itu adalah area yang sensitif dan harus terjaga kebersihannya dalam melakukan perawatan. Jadi buanglah segera mungkin eye cream yang sudah kadaluarsa dan hentikan penggunaan agar tidak mengalami masalah yang lebih serius.

Perkembangan jamur yang ada dalam skincare expired juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit wajah sehingga kulit mengalami iritasi dan alergi bahkan gatal-gatal saat digunakan. Salah satunya bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang sangat sensitif, sebisa mungkin jangan gunakan skincare yang sudah lama tidak dipakai selalu cek tanggal kadaluarsanya dan pastikan kamu membuangnya ke tempat sampah dengan baik, agar tidak dipergunakan oleh orang lain yang memungutnya.

Jangan ragu dan jangan sayang untuk membuang skincare yang sudah expired walaupun belum mengalami perubahan yang drastis. Lebih sayangi kesehatan kulit kamu dari pada memperburuknya dengan menggunakan skincare yang sudah expired alih-alih dengan alasan menghemat. Ingat mengobati itu lebih mahal dari pada kita mencegah hal itu terjadi, jika sudah rusak dan mengalami hal buruk yang terjadi pada kulit wajah kamu, siapa lagi yang repot? Kamu sendiri juga kan? Love yourself and stay safe okay!

x