Thursday, 18 Jul 2024

Berapa Kali Sehari Minum Minyak Ikan?

4 minutes reading
Friday, 29 Sep 2023 02:02 0 245 Muti Karya

Nesiaverse.com – Berapa kali sehari minum minyak ikan yang baik? yang mana berdasarkan dosis dan sesuai dengan takarannya. Ada berbagai jenis suplemen dan vitamin yang dijual di apotik ataupun supermarket dan bisa dikonsumsi guna untuk menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan. Salah satu suplemen atau vitamin yang kaya akan kandungan omega- 3 yang paling terkenal dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Selain itu dalam mengkonsumsi suplemen omega-3 ini kamu akan dianjurkan untuk mengikuti konsumsi makanan berdasarkan usia dan dosis yang tepat. Dalam mengkonsumsi minyak ikan yang kaya akan kandungan omega-3 ini, kamu dapat mengkonsumsi ikan yang berlemak dan kaya akan kandungan omega-3 juga. Namun, jika mengkonsumsinya dari suplemen maka kamu harus mengetahui dosis tepat untuk mengkonsumsinya. 

Berapa Kali Sehari Minum Minyak Ikan?

Berapa Kali Sehari Minum Minyak Ikan?

Bagi seseorang yang pertama kali akan mengkonsumsi minyak ikan, sebagai suplemen harian, kamu dapat mengonsumsi berdasarkan dosis yang tepat. Hal ini adalah perhatian yang penting dan harus kamu ketahui. Karena untuk orang dengan kondisi medis tertentu terdapat aturan dalam mengkonsumsi minyak ikan dengan kandungan omega-3 di dalamnya, sehingga sedikit berbeda pada takaran orang sehat pada umumnya. 

Orang yang memiliki kondisi medis tertentu membutuhkan minuman yang lebih banyak dengan kandungan omega-3 daripada dosis yang direkomendasikan, yaitu 200 hingga 4000 mg. Namun, takaran ini akan disesuaikan kembali dengan memeprtimbangkan kondisi atau penyait yang di deritanya. Umumnya, suplemen omega-3 ini diberikan bagi seseorang yang menderita penyakit jantung, penyakit Alzheimer, depresi, gangguan kecemasan hingga kanker. 

Ketika kamu sedang mencari suplemen omega-3 maka, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak ikan dengan kandungan zat EPA, DHA dan ALA, dimana ketiganya ini sangat bermanfaat bagi kesehatan yang lebih optimal lagi. Kamu juga dianjurkan untuk mengikuti aturan mengkonsumsi omega-3 yang ada minyak ikan yang terdapat dalam produk tersebut. Atau kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter kamu mengenai aturan minum minyak ikan yang disesuaikan dengan kondisi medis kamu dan tidak sembarangan. 

Minyak ikan sendiri sering diperlukan untuk membantu, menurunkan kolesterol dalam darah atau trigliserida, membantu mengurangi reaksi inflamasi, baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin serta untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Selain dosis umum, terdapat aturan minum minyak ikan untuk anak-anak dan wanita hamil yang harus kamu ketahui. Kamu harus mengetahui dosis ini, sehingga akan terhindar dari keracunan karena mengkonsumsi minyak ikan melebihi dosis yang dianjurkan. 

  • Untuk anak, dosisi minyak ikan dengan kadar omega-3 yaitu 50 hingga 100 mg setiap harinya.
  • Untuk orang dewasa atau ibu hamil, dosis minyak ikan dengan kadar 200 mg sebagai dosis awalnya. 

Minyak ikan termasuk suplemen yang aman dikonsumsi, sebaiknya kamu tetap cek dosis dalam produknya terlebih dahulu. Selain itu kamu juga dianjurkan untuk melakukan cek produk di daftar BPOM. Selain itu kamu tetap harus memperhatikan dan melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter. Hal ini guna untuk mengetahui atau melakukan interaksi obat dengan obat lainnya yang sedang kamu konsumsi. 

Dalam dosisi penggunaan minyak ikan ini 1 hingga 2 kali perhatinya. Selain itu kamu harus memperhatikan kondisi dan kebutuhan penggunaannya dan usia pengguna atau yang mengonsumsinya. Kemudian kamu dianjurkan untuk menghindari konsumsi minyak ikan secara berlebihan dimana dosis paling rendah <2 gram per harinya. 

Kamu tidak disarankan untuk mengkonsumsinya lebih dari dosis tersebut. Karena jika mengkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan risiko stroke atau pendarahan, dan peningkatan kadar LDL atau kolesterol jahat, interaksi dengan obat pengencer darah. Kemudian, tidak ada waktu tertentu yang mana tepat atau digunakan untuk mengkonsumsi minyak ikan ini. Kamu dapat mengkonsumsinya di pagi hari di siang hari maupun di malam hari. Kamu hanya dianjurkan untuk mengkonsumsinya setelah makan, agar kondisi perut kau terisi sebelumnya. 

Selain itu, kamu harus memperhatikan juga beberapa risiko yang mungkin ditimbulkan ketika mengkonsumsi minyak ikan secara berlebihan. Diantaranya sebagai berikut. 

  • Meningkatnya resiko terjadinya perdarahan hika asupannya lebih dari 3 gram per harinya. 
  • Dapat memicu terjadinya peningkatan kadar gula darah
  • Mampu mempengaruhi kerja obat tertentu yang dikonsumsi, misalnya obat untuk mengencerkan darah
  • Meningkatkan risiko terkena stroke
  • Berujung mimisan, mual, ruam dan diare dengan konsistensi feses yang cair. 

Demikian pembahasan mengenai cara untuk mengkonsumsi minyak ikan yang tepat. Sehingga sekarang kamu sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan, berapa kali sehari minum minyak ikan? yaitu 1 hingga 2 kali saja. Hindarilah konsumsi minyak ikan lebih dari 3 gram per harinya. Karena jika mengkonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan atau dosis aman maka kamu akan terserang over dosis atau efek samping yang ditimbulkan.

Maka, perhatikanlah cara mengkonsumsi minyak ikan yang tepat, agar kamu mendapatkan manfaatnya dan menghindari dampak atau efek samping karena dosis berlebih.