Monday, 17 Jun 2024

Pahala Mendengarkan Ayat Al-Quran

6 minutes reading
Friday, 29 Sep 2023 02:04 0 113 Muti Karya

 Nesiaverse.com – Ketika mendengarkan ayat AL-Quran, ada pahala yang bisa kamu dapatkan. Kita terkadang mendengarkan ayat suci Al-Quran, saat mendengarkannya kelak kita akan menjadi semakin kuat. Namun, pernahkan kamu mengalami perasaan resah dan keraguan yang tiba-tiba timbul ketika mendengarkan ayat suci Al-Quran? umumnya hal ini muncul karena adanya keraguan ketika menggerakan dan membaca Al-Quran. 

Membaca dan mendengarkan lantunan ayat suci AL-Quran memiliki banyak nilai manfaat,selain untuk mendatangkan rahmat dan kasih sayang dari Allah. Tentunya kamu harus memperhatikan syarat dan kekhusyuan tersebut. Tidak hanya dengan membaca Al-Quran seseorang mendapatkan pahala, namun bagi yang mendengarkannya juga. Karena ada ganjaran pahala ketika kamu mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. 

Pahala Mendengarkan Ayat Al-Quran

Pahala Mendengarkan Ayat Al-Quran

Ketika seseorang mendengarkan lantunan Al-Quran apakah dia juga mendapatkan pahala yang sama dengan mereka yang membaca Al-Quran? mengingat jika mendengarkan ayat Al-Quran juga bernilai ganjaran pahala. Diantara nikmat Allah atas umat manusia, salah satunya adalah dengan Al-Quran, dirman-Nya yang sangat mulia dimana kamu bisa mengaksesnya dan memanfaatkannya sebagai petunjuk di dalam hidup dan akhirat nantinya. 

Allah berfirman dalam Al-Quran “Dan ketika Alquran dibacakan, dengarkanlah dan perhatikanlah, agar kamu mendapat rahmat” (7:204). Sehingga kamu memang dianjurkan untuk mendengarkan ayat suci Al-Quran. Selain itu Ibnu Taimiyah berkata : Dengan mendengarkan Al-Quran, Allah SWT membimbing hamba-hamba-Nya dan meluruskan urusan mereka di dunia & akhirat”

Adapun Al Saadi yang berkata ” Mendengarkan Al-Quran, berarti seseorang mendengarnya dengan sepenuh hari dan perhatian. Kemudian mendengarkan makna dari apa yang didengarnya. Orang yang berpegang pada kedua perintah ini ketika membaca Kita Allah akan memperoleh banyak kebaikan, ilmu yang bermanfaat, iman yang berkelanjutan dan diperbarui juga peningkatan bimbingan dan wawasan agamanya ” dari Tafsir Al Sa’di.

Sementara jika kamu membahas mengenai pahala dari mendengarkan Al-Quran, maka kamu harus mengetahuinya terlebih dahulu. Anjuran untuk mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan tetap diam sangat berlaku bahkan ketika kamu sedang mendengarkan sekedar rekaman bacaan dari ayat suci Al-Quran. 

Hal ini menunjukan bahwa umat Islam memang harus mendengarkan ayat suci Al-Quran, dengan seksama, tanpa adanya gangguan. Khususnya ketika dibacakan secara langsung. Karena dengan begitu kamu akan diselimuti oleh rahmat Allah SWT dan juga manfaat lainnya. 

Kemudian jika mengatakan pahala dari mendengarkan Al-Quran – ketika mendengarkan bacaan Al-Quran dan terinspirasi dari sekelompok jin. Allah menyebutkan bahwa bagaimana sekelompok jin yang mana mereka pernah mendengarkan ayat suci Al-Quran, yang dibacakan langsung oleh Nabi Muhammad. 

Setelah mereka mendengarkan lantunan dari ayat suci Al-Quran itu, mereka tetap kemabli ke golongan merekaa. Kemudian mereka memberitahu para kaumnya tentang hal itu, dan memberikan peringatan untuk mengindahkannya. ” Dan (sebutkan, hai Muhammad) ketika kami mengarah kepadamu beberapa jin, mendengarkan Al- Quran. Dan ketika mereka menghadirinya mereka kemudian berkata ” Dengarkan dengan tenang’. Setelah selesai, mereka kembali kepada kaumnya sebagai pemberi peringatan ” (46:29)

Dalam surat Al-Jin, Allah SWT berfirman :

” Katakanlah (hai Muhammad), ‘Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekelompok jin mendengarkan dan berkata ‘Sungguh, kami telah mendengar Al-Quran yang menakjubkan'” (72:1).

Terlepas dari penting dan manfaat dari mendengarkan Al -Quran, dengan membaca teks arabnya dengan menggunakan suara keras, yaitu dengan lidah dan memiliki keunggulan yang jelas di atasnya. Hal ini karena lebih banyak indera manusia yang terlibat, ketika seorang muslim melakukan aktivitas membaca Al-Quran sebagai salah satu bentuk ibadah dengan suara yang keras. Daripada ketika mereka hanya mendengarkannya.

Khususnya ketika membaca dan melibatkan lidah, telinga serta mata mereka. Jika mereka melihat teks dalam tulisan Arab kemudian membaca ( seperti dalam kamus yang menyebutkan, ketika seseorang belum tahu cara menghafal bagian yang dibaca).

Hati dan tubuhnya akan terhubung lebih dalam dengan Al-Quran, ketika seorang muslim membacanya dengan suara yang keras, disertai fokus dan penuh perhatian. Daripada ketika mereka mendengarkannya secara pasif. 

Rasulullah juga mengatakan. “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan mendapat pahala 10 kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa Alif-Lam-Mim satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (Jami Al Tirmidzi)

Maka, jadi dapat menyimpulkan bahwa dengan mendengarkan Al-Quran dengan sepenuh hati, perhatikan ketika dibacakan, dan ketika dibacakan dengan diam ketika melakukannya adalah bentuk perbuatan yang baik. Mendengarkan bacaan Al-Quran sendiri akan membantu untuk melembutkan hati seseorang, membuatnya rendah hati dan menyimpan iman yang benar. Sehingga akan menghasilkan ketenangan yang turun hingga ke jiwa. 

Al-Quran merupakan wahyu Allah yang mana merupakan sumber dari segala ilmu. Jika seseorang mendengarkan dan merenungkan atau mengkaji isinya, maka kelak ia akan mudah untuk mengarungi samudera kehidupan. Karena kisah-kisah yang ada di dalamnya merupakan kisah-kisah yang paling benar dan sarat dengan hikmah serta pelajaran. 

Disamping itu juga, dijelaskan dalam berbagai hadistnya, Nabi besar Muhammad SAW, menyampaikan salah satu keutamaan orang yang mau mendengarkan Al-Quran. 

“Barangsiapa yang mendengarkan satu ayat dari kitabullah (Al-Quran), maka akan dituliskan baginya satu kebaikan dan pahalanya akan dilipatgandakan. Dan Barangsiapa yang membaca satu ayat maka akan tersebut akan menjadi cahaya baginya kelak di hari kiamat” HR. Ahmad. 

Dari hadist tersebut maka dijanjikan bahwa pahalanya akan dilipat gandakan. Maka, kamu akan mendapatkan ganjaran dari mendengarkan ayat Al-Quran berupa paham yang dilipat gandakan. 

Jika mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran mampu mendatangkan rahma yang sedemikian hebat, kemudian bagaimana dengan mereka yang membacakannya? tentu saja banyak sekali manfaat yang mengalami secara langsung yang didapatkan oleh mereka yang membacakan Al-Quran. 

Diman seseorang yang membaca Al-Quran nantinya semua bagian tubuhnya mulai dari nafasnya, oksigennya yang keluar masuk diatur oleh Alquran. Kemudian lisannya yang bergerak secara selaras dengan Al-Quran. Tubuh inilah yang nantinya akan bermandikan cahaya dan secara fisik akan tertata ulang dengan ayat-ayat suci Al-Quran tersebut. 

Membaca Al-Quran dapat mendatangkan malaikat, mengusir setan sehingga nantinya aura positif akan selalu berada disekitar orang dan tempat yang mana dibacakan Al-Quran. Manfaat membaca Al-Quran sangatlah banyak, diantaranya berbagai permasalahan yang tidak kunjung selesai akan menemukan solusinya. 

Dengan demikian, membaca dan mendengarkan Al-Quran sendiri menjadi salah satu solusi yang paling utama dan mudah untuk dilakukan. Bahkan hanya dengan mendengarkannya saja, tidak hanya pahala saja yang kamu dapatkan ketenangan jiwa dan pikiran dapat membukakan pintu solusi untuk segala permasalahan di dunia dan akhirat kelak. 

Demikian pembahasan mengenai pahala dan ganjaran dari mendengarkan ayat suci Al-Quran. Yang mana setiap ayat kamu bernilai pahala, bahkan mendengarkannya pahala kamu akan dilipat gandakan dan kelak akan menolongmu di hari akhir. Begitu banyak manfaat dari mendengarkan ayat suci Al-Quran ini, sehingga jika dilakukan secara rutin lengkaplah sudah hidup ini.