Monday, 17 Jun 2024

Berapa Lama Senam Aerobik Bisa Menurunkan Berat Badan?

3 minutes reading
Wednesday, 23 Aug 2023 20:56 0 61 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Semua orang baik itu perempuan maupun pria menginginkan berat badan yang ideal dan salah satu cara yang bisa menurunkan berat badan yaitu dengan melakukan senam aerobik, tetapi berapa lama senam aerobik bisa menurunkan berat badan? Untuk mengetahuinya pada artikel kali ini kita akan membahas dengan jenis olahraga aerobik lainnya bisa kamu cobain.

Olahraga aerobik yang merupakan salah satu jenis olahraga yang melibatkan latihan fisik dengan berintensitas sedang hingga tinggi dengan durasi yang cukup relatif lama, tentu saja tujuan dari melakukan olahraga yang satu ini yaitu membantu meningkatkan kapasitas aerobik tubuh.

Untuk kapasitas aerobik tubuh sendiri merupakan kemampuan sistem pernapasan dan juga peredaran darah untuk bisa menyediakan oksigen dengan cukup bagi otot-otot yang aktif selama aktivitas fisik berjalan, untuk olahraga aerobik yang terbagi dalam beberapa jenis dan masing-masingnya bisa membantu membakar kalori tubuh dalam jumlah yang berbeda-beda.

Lalu berapa lama senam aerobik bisa menurunkan berat badan? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Berapa Lama Senam Aerobik Bisa Menurunkan Berat Badan?

Berapa Lama Senam Aerobik Bisa Menurunkan Berat Badan?

Senam aerobik yaitu yang menuntut gerak tubuh dengan tempo yang lebih cepat dan aktivitas ini yang bisa meningkatkan denyut jantung dan juga pernapasan, sehingga akan membuat kerja jantung untuk memompa darah yang menjadi lebih optimal, terlebih lagi melakukan senam aerobik ini yang dilengkapi dengan musik sehingga membuat kamu menjadi lebih semangat lagi bergerak.

Dimana sebuah studi dalam jurnal Obesitas pada orang-orang yang mengalami obesitas menunjukan dengan melakukan senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang sangat efektif dalam membantu untuk menurunkan berat badan.

Setelah kamu melakukan senam selama 5 hari setiap minggu dalam kurung waktu lebih dari 100 bulan yang mengalami penurunan berat badan sekitar 4,3 hingga 5,6% dengan kalori rata-rata hilang sebesar 400 hingga 600 kalori.

Untuk menurunkan berat badan tidak hanya dengan melakukan senam aerobik saja karena masih banyak sekali olahraga aerobik lainnya bisa kamu coba lakukan untuk menurunkan berat badan seperti dengan jalan kaki, berenang, jogging, bersepeda, olahraga kickboxing, high-intensity interval training (HIIT), zumba dan juga skipping rope.

Untuk cara melakukan senam aerobik yang aman tentu saja harus melakukan beberapa hal agar tujuan dari senam aerobik ini bisa tercapai dengan maksimal, adapun untuk panduan yang aman dilakukan yaitu sebagai berikut:

Melakukan Pemanasan

Hal yang pertama harus dilakukan sebelum senam aerobik yaitu melakukan pemanasan setidaknya kurang lebih sekitar 10 hingga 15 menit, hal ini bertujuan agar tubuh tidak terkejut dengan setiap gerakan dalam latihan tersebut.

Menyesuaikan dengan Kondisi Tubuh

Walaupun umumnya yang aman tetapi tidak jarang juga ada saja yang tidak bisa untuk melakukan gerakan yang tertentu seperti misalnya kamu yang baru mengalami cedera lutut yang tentunya kamu tidak akan bisa melakukan gerakan kickboxing atau zumba.

Tidak Memaksakan Diri

Dimana pada setiap orang pastinya memiliki batas kemampuannya sehingga pastikan kamu tidak memaksakan diri baik pada saat melakukan gerakan olahraga aerobik maupun durasi latihannya, hal ini sangat penting perlu diperhatikan karena untuk mencegah terjadinya cedera.

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Untuk cara melakukan olahraga aerobik yang aman selanjutnya yaitu melakukan olahraga secara rutin setidaknya dalam 2 atau 3 kali seminggu, waktu ini merupakan waktu ideal untuk melakukan latihan aerobik, hal ini juga dijadikan sebagai kebiasaan bertahap agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Tubuh Selalu Terhidrasi

Tentunya sebelum melakukan senam aerobik pastikan kamu selalu menjaga asupan konsumsi air selama latihan hal ini agar kamu tidak mengalami dehidrasi, jangan meminum air yang berperisa sebaiknya minum air putih saja agar tidak merasa mual dan tidak menambah kembali kalori.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan berapa lama senam aerobik bisa menurunkan berat badan yang bisa kamu ketahui yaitu bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.