Wednesday, 17 Jul 2024

Bolehkah Bayi Mandi Jam 10 Pagi?

4 minutes reading
Monday, 30 Jan 2023 18:48 0 785 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin untuk ibu-ibu diluar sana masih banyak yang mengira bahwa memandikan bayi itu bisa kapan saja, namun ternyata terdapat waktu yang sebaiknya yang perlu diketahui dan bahkan ada yang bertanya bolehkah bayi mandi jam 10 pagi? Untuk mengetahui jawabannya maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Dimana biasanya untuk orang dewasa yang pada umumnya selalu mandi dua kali dalam seharinya yaitu pada pagi hari dan juga malam, namun waktu ini tidak berlaku untuk bayi karena memang bayi itu tidak boleh sembarangan sehingga untuk ibu yang perlu mengetahui mengenai dengan waktu yang baik atau ideal dalam memandikan bayi.

Hal ini bertujuan agar kesehatan dan juga kebersihan pada bayi yang tetap terjaga, memang pada umumnya untuk bayi baru lahir yang boleh dimandikan apa saja yang asalkan tidak mengganggu pada waktu makan dan tidur, lalu bolehkah bayi mandi jam 10 pagi?

Bolehkah Bayi Mandi Jam 10 Pagi?

Bolehkah Bayi Mandi Jam 10 Pagi?

Dimana untuk waktu paling tepat dan baik untuk memandikan bayi yaitu pada pagi hari sekitar jam 6 hingga 8 pagi, sebelum memandikan bayi sebaiknya terlebih dahulu untuk menjemurnya di bawah paparan sinar matahari kemudian baru setelah dijemur dimandikan.

Sehingga dengan begitu bisa ibu simpulkan bahwa bayi mandi pada jam 10 pagi tidak disarankan ya, selain pagi bayi juga yang bisa dimandikan di sore hari yaitu sekitar jam 4 hingga 5 sore namun untuk mandi sore yang sebaiknya untuk menggunakan air hangat kuku hal ini agar bayi tidak kedinginan.

Namun untuk bayi yang baru lahir yang sebaiknya untuk tidak terlalu sering memandikannya hal ini bisa membuat kulit bayi yang akan mengalami iritasi dan cepat kering, selain itu juga bayi yang memiliki kulit masih sensitif dan juga rentan mengalami masalah pada kulit maka sebaiknya ibu untuk berhati-hati dalam merawat kulit bayi.

Dimana untuk tahun pertama usia bayi yang sebaiknya cukup memandikannya hanya 3 sampai 4 kali dalam seminggunya, namun ibu juga dapat menyesuaikannya dengan kondisi bayi dan juga cuaca pada waktu itu.

Jika pada waktu itu cuacanya sedang panas dan bayi kelihatan kegerahan maka ibu bisa memandikannya setiap hari, tidak ada masalah jika ibu memandikan bayi berapa kali yang terpentin untuk selalu menjaga kebersihan pada tubuh bayi dan hal ini juga yang dapat dilakukan untuk membersihkan muka, leher, tangan, bagian kelamin dengan menggunakan waslap dan juga mengganti popok bayi yang secara rutin.

Ibu juga perlu memperhatikan dalam memandikan bayi selain dengan mengetahui waktu mandi yang tepat dan ideal untuk bayi, adapun untuk beberapa hal yang penting dalam memandikan bayi yaitu sebagai berikut:

Setelah Menyusui atau Makan

Dalam memandikan bayi yang sebaiknya dilakukan setelah makan atau menyusui, dimana ibu yang perlu menunggu dulu selama beberapa waktu hingga asupan makanan yang masuk dalam perut turun, sehingga dengan begitu bayi tidak akan dalam keadaan kekenyangan pada saat akan dimandikan namun jika memandikan bayi yang sedang kekenyangan dan tidak dengan sengaja tertekan pada saat mandi maka kemungkinan bayi yang bisa mengalami muntah.

Jangan Memandikannya Terlalu Lama

Dalam memandikan bayi yang sebaiknya jangan terlalu lama dimana ibu bisa dengan mengusahakan memandikannya kurang dari 10 menit, hal ini yang membuat bayi menjadi kedinginan dan juga membuat kulit bayi menjadi kering dan keriput.

Menggunakan Air Hangat

Dimana untuk bayi yang masih berusia 0 hingga 3 bulan  yang belum dapat menyesuaikan suhu tubuh dengan sendirinya sehingga dengan begitu sangat rentan dengan suhu udara yang dingin, maka dengan begitu untuk ibu yang sebaiknya untuk memandikan bayi dengan menggunakan air hangat kuku atau suam-suam kuku.

untuk suhu air yang bagus untuk bayi yaitu sekitar 38 derajat celcius dan untuk memastikannya maka ibu bisa dengan mengecek suhu air tersebut dengan mencelupkan ujung siku dalam bak, namun jika siku terasa hangat maka ibu dapat memandikan bayi dengan menggunakan air tersebut.

Untuk bayi baru lahir dan tali pusarnya belum putus maka sebaiknya untuk memandikan bayi dengan menggunakan waslap saja yang telah dibasahi air hangat sebelumnya, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan selain itu juga jika jika ibu telah menemukan pola menyusui dan tidur bayi maka akan lebih mudah dalam menentukan jadwal mandinya.

Ibu juga yang disarankan untuk melakukan segala rutinitas seperti memandikan, menidurkan, menyusui dalam waktu teratur, sehingga dengan begitu bayi yang akan terbiasa dalam melakukan segala rutinitas tersebut.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai bolehkah bayi mandi jam 10 pagi dan jawabannya tidak direkomendasikan sebaiknya untuk memandikannya pada jam 6 hingga 8 pagi saja, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.