10 Buah Penambah Darah Untuk Meningkatkan HB

6 minutes reading
Saturday, 28 Oct 2023 03:47 0 15 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu memiliki kendala kurang darah atau anemia, selain makanan jenis buah-buahan tertentu juga dapat menjadi penambah darah yang tepat. Asupan makanan yang kamu konsumsi setiap harinya memiliki peranan yang penting, guna memproduksi sel-sel yang berada di dalam tubuh, salah satunya dengan sel darah merah di dalam tubuh. 

Kemudian salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebagai penambah darah adalah buah-buahan. Ada berbagai jenis buah-buahan yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah dengan baik. Sehingga dengan mengetahui jenis buah-buahan tersebut bisa kamu jadikan teman menu makan atau bekal setiap harinya.

Buah Penambah Darah Untuk Meningkatkan HB

Buah Penambah Darah

Anemia merupakan salah satu kondisi medis, yang aman kondisi ini berupa kadar hemoglobin atau sel darah emrah yangs angat rendha di dalam tubuh. Kondisi hemoglobin yang rendah di dalam tubuh ini dapat menyebabkan seseorang mengalami rasa pusing berlebih, wajah yang pucat dan mudah kelelahan. Sehingga penting untuk mengetahui beberapa jenis buah-buahan yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. 

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya anemia, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis buah-buahan yang berfungsi sebagai penambah darah. Dimana buah-buahan ini memiliki kandungan mineral mikro yang sangat dibutuhkan dalam fungsinya untuk menjaga sel darah merah, kemudian meningkatkan produksinya. 

Nah, berikut kami sudah merangkum beberapa jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi dengan baik setiap harinya untuk penambah darah. 

Apel

Buah Penambah Darah

Rekomendasi pertama sebagai buah penambah darah adalah buah apel. Buah apel memiliki kandungan zat besi, yang aman bila dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko anemia. Tidak hanya itu, apel juga memiliki kandungan antioksidan, flavonoid dan serat yang tinggi. 

Sehingga dapat mencegah terjadinya pemicu terjadinya peradangan di dalam tubuh. Nah, agar terasa lebih lezat dan menyegarkan, kamu dapat mengolah buah apel ini menjadi campuran salad buah, menjadi jus dan banyak olahan apel lainnya yang dapat kamu konsumsi tanpa menghilangkan nutrisinya. 

Pisang

Buah Penambah Darah

Berikutnya ada buah pisang yang kerap kali disebut sebagai salah satu jenis makanan yang cocok dikonsumsi guna menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang tinggi di dalamnya. Buah pisang juga memiliki akd naungan zat besi yang tinggi. 

Kandungan zat besi yang tinggi inilah yang berfungsi atau bermanfaat untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, pisang juga menjadi jenis buah-buahan yang berfungsi sebagai penambah darah yang aman dikonsumsi untuk lambung, begitupun dengan sistem pencernaannya. Karena memiliki tekstur yang lembut dan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi juga. Sehingga buah pisang direkomendasikan sebagai jenis buah untuk penambah darah. 

Delima

Buah Penambah Darah

Buah delima termasuk buah yang bermanfaat untuk membantu produksi pada sel darah merah lainnya. Buah delima ini memiliki kandungan yang tinggi akan zat besi di dalamnya, selain itu terdapat vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E dan lainnya. Yang mana kandungan tersebut mampu mendukung peningkatan kadar hemoglobin di dalam tubuh seseorang.

Buah delima termasuk salah satu buah yang mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga memiliki sejumlah manfaat yang tentunya bernilai positif bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi peradangan pada sendi sehingga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh dengan baik. 

Buah Citrus

Buah Penambah Darah

Buah citrus merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat dan dapat membantu untuk mendukung produksi sel darah merah. Buah delima kaya akan zat besi di dalamnya, disertai vitamin A, vitamin C, vitamin E yang memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. 

Selain itu buah delima juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga memiliki sejumlah monata lainya untuk kesehatan tubuh. Misalnya dapat menurunkan tekanan darah, mengatasi kondisi peradangan di area sendi dan dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Stroberi 

Buah stroberi juga termasuk buah yang kaya akan kandungan vitamin di dalamnya, sehingga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah terjadinya anemia. Stroberi ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya, yang turut melindungi sel-sel di dalam tubuh. 

Selain itu adanya sel darah merah di dalamnya, tidak akan mudah rusak karena akan mengalami kematian juga. Kamu harus tahu, jika stroberi cenderung mudah busuk, apabila tidak disimpan dengan benar. Selain itu kamu disarankan untuk menyimpan buah stroberi pada wadah yang tertutup dan terpisah dengan bahan pangan lainnya. 

Anggur

Memiliki ukuran kecil, buah anggur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah buah yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Hal ini dikarenakan anggur memiliki kandungan asam folat serta vitamin A yang tinggi. 

Selain itu buah anggur memiliki khasiat dalam membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut, karena buah satu ini memiliki manfaat yang kaya akan kandungan vitamin E di dalamnya.

Semangka

Semangka adalah jenis buah-buahan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi. Sehingga memiliki nilai manfaat dalam membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. Yang mana di dalam semangka juga terdapat kandungan vitamin C yang bekerja untuk mengoptimalkan fungsi penyerapan zat besi guna produksi hemoglobin yang meningkat. 

Alpukat

Alpukat adalah buah yang direkomendasikan untuk membantu proses peningkatan kadar hemoglobin di dalam darah. Alpukat memiliki kandungan asam folat, vitamin C, vitamin E serta vitamin K yang cukup tinggi. Yang mana kandungan dalam alpukat tersebut mampu untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah didalam tubuh serta bekerja secara optimal.

Alpukat termasuk buah yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai jenis buah yang mampu menambah darah, khususnya bagi para ibu hamil. Sehingga dapat mendukung proses perkembangan dan persalinan dalam janin juga.

Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi para penderita anemia atau darah rendah. Buah naga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Pasalnya buah satu ini diketahui memiliki beberapa kandungan yang mendukung proses produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Diantaranya zat besi, asam folat, vitamin C dan zat besi. 

Sehingga kandungannya yang kaya no membuatnya direkomendasikan sebagai salah satu jenis buah yang dapat diolah menjadi smoothies bowl yang lancar dan bermanfaat untuk peningkatan tekanan darah seorang pria. Cara untuk membuat smoothies juga mudah setidaknya dipahami oleh kamu seorang. Kamu hanya perlu melumatkannya saja di awal dan menambahkannya dengan menggunakan yogurt. Jika sudah selesai kamu dapat mengkonsumsinya. 

Mangga

Terakhir ada buah naga, yang mana buah naga masuk ke deretan salah satu jenis buah yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Karena buah mangga memiliki rasa yang manis dan segar. Sehingga ketika mengkonsumsinya kamu bisa mendapatkan khasiat yang banyak, sebagai salah satu buah penambah darah. 

Buah mangga ini dikenal memiliki kandungan asam folat, vitamin C yang tinggi dan pembentukan Hemoglobin. Sehingga mengkonsumsi mangga menjadi salah satu cara untuk mengatasi peradangan yang baik bagi tubuh. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis buah yang dapat kamu konsumsi untuk mendukung proses peningkatan kadar hemoglobin atau darah di dalam tubuh. Dengan begitu kamu akan terhindar dari gejala kekurangan darah yang lebih parah dan mengganggu.