Saturday, 22 Jun 2024

10 Sayuran Penambah Darah Untuk Meningkatkan HB

6 minutes reading
Saturday, 28 Oct 2023 01:42 0 203 Muti Karya

Nesiaverse.com – Tidak hanya buah-buahan saja, sayuran juga memiliki beragam jenis yang bermanfaat untuk penambah darah, sehingga bagi yang kurang darah atau anemia dapat mengatasinya. Kurang darah merupakan salah satu kondisi yang terjadi ketika tubuh mengalami kondisi kekurangan hemoglobin. Nah, untuk kamu yang mengalami permasalahan tersebut maka dapat mengatasinya.

Sel darah merah merupakan sel yang mendominasi dan paling umum dalam darah manusia. Dimana tubuh menghasilkan jutaans etiap harinya. Sel darah merah sendiri di produksi di sumsum tulang dan beredar ke seluruh tubuh dalam jangka waktu 120 hari. Sehingga jika hemoglobin rendah, tentunya hal ini dapat menghambat sistem yang bekerja dalam tubuh dan memicu penyakit.

Sayuran Penambah Darah Untuk Meningkatkan HB

Penyebab seseorang mengalami gangguan seperti kurang darah umumnya dikarenakan produksi sel darah merah dan tingkat kerusakan sel darah merah yang tinggi. Selain itu kurang sumber atau asupan zat besi, vitamin B12, asam folat dan konsumsi obat-obatan tertentu menjadi penyebab umum seseorang mengalami anemia atau kurang darah.

Sehingga salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatasi anemia atau kurang darah dengan mengkonsumsi jenis makanan seperti sayuran yang berfungsi sebagai penambah darah. Hal ini selain menyehatkan badan, beberapa jenis sayuran memiliki kandungan zat gizi dan dibutuhkan oleh tubuh. Kemudian jenis sayuran apa saja yang dapat dikonsumsi sebagai penambah darah yang bekerja secara efektif?

Nah, berikut kami akan merekomendasikan beberapa jenis sayuran penambah darah yang dapat kamu konsumsi sebagai menu makanan harian.

Bayam

penambah darah

Di urutan pertama, kami merekomendasikan sayuran hijau bayam sebagai salah satu sayuran penambah darah. Sayuran satu ini memiliki hampir 4 mg zat besi di dalamnya. Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan berperan penting untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein di dalam sel darah merah.

Selain sebagai penambah darah, sayur bayam juga memiliki kandungan nutrisi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, tulang hingga rambut. Bahkan bayam memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dengan menurunkan risiko penyakit jantung

Kale

Sayuran Penambah Darah

Kale merupakan salah satu jenis sayuran yang bermanfaat untuk penambah darah. Sayuran kale ini memiliki kandungan hampir 2 miligram zat besi per 100 gramnya. Sehingga sayuran satu ini cocok dikonsumsi sebagai penambah darah. 

Selain zat besi, sayuran hijau satu ini memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik di dalamnya, mulai dari potassium, vitamin A dan vitamin C. Sayuran kale juga menjadi salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat dan protein di dalamnya. Tentunya hal ini cocok dikonsumsi bagi kamu yang memiliki permasalah kurang darah atau anemia. 

Kubis

Kubis menjadi salah satu sayuran yang direkomendasikan sebagai penambah darah atau meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Kubis memiliki kandungan zat besi did almanya. Jika dilansir dari laman Medical News Today, kubis merupakan sayuran yang memiliki zat besi sejumlah 0.94 setiap 200 gramnya. Maka, cocok dimasukan sebagai salah satu menu makanan sehat bagi penderita darah rendah atau anemia. 

Kubis Brussel

Sayuran Penambah Darah

Selanjutnya adalah jenis kubis brussel, merupakan salah satu sayuran yang memiliki bentuk menyerupai kol dengan ukuran mini. Kubis brussel ini dapat dikonsumsi dengan cara sehat. Kubis brussel memiliki kandungan 2,13 miligram zat besi setiap 150 gram nya. Sayuran satu ini tentunya sangat bermanfaat bagi para penderita darah rendah atau anemia guna meredakan gejalanya. 

Brokoli

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, dikatakan bahwa brokoli masuk ke dalam salah satu jenis sayuran penambah kadar darah merah dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena sayuran hijau satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan disertai kandungan zat besi. 

Vitamin C ini bekerja dengan membantu proses penyerapan zat besi secara baik. Di sisi lain, zat besi juga merupakan salah satu mineral yang berperan dalam membantu produksi sel-sel darah merah di dalamnya. Karena merekalah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan di dalam tubuh.

Bit

Bit adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan mineral penting bagi tubuh, diantaranya adalah kalsium, magnesium, potasium hingga vitamin C. Selain itu sayuran satu ini memiliki kandungan yang membuatnya masuk ke daftar sayuran penambah darah. 

Dilansir dari laman Live Science, dikatakan jika sayur bit ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yaitu 3 miligram zat besi setiap cangkirnya. Sehingga sayuran satu ini direkomendasikan untuk dikonsumsi pada orang yang anemia atau kurang darah.

Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran dari umbi, yang memiliki kandungan zat besi di dalamnya dengan jumlah yang tinggi. Sayangnya, besarnya zat besi ini justru berada di bagian kulitnya. Sehingga untuk mengkonsumsi kentang bagi penderita anemia atau darah rendah dengan mengkonsumsi kulitnya juga. 

Kentang yang memiliki berat 299 gram dan tidak dikupas, memiliki kandungan zat besi sebesar 1,9 miligram. Selain itu mineral di dalamnya memiliki fungsi untuk membentuk sel darah merah, kentang yang merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Kentang juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, vitamin B6 dan potasium harian hingga 42%. 

Sawi

Sawi memiliki kandungan nutrisi yang baik dan penting untuk mendapatkan pola makan yang sehat. Sawi menjadi salah satu jenis sayuran penambah darah yang baik. Kandungan vitamin A disertai beta-karoten dalam sawi berfungsi untuk membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi secara baik. Sehingga sayur sawi masuk kategori sayuran penambah darah. 

Lobak

Sayuran lobak merupakan salah satu famili dari sayuran silangan, yaitu sayur brokoli dan sayur kangkung. Sayur lobak kaya akan nutrisi namun memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. 

Lobak menjadi salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi yang sangat baik bagi tubuh. Sayuran satu ini bekerja dengan baik untuk memaksimalkan kemampuan dalam tubuh untuk menyerap zat besi secara optimal. 

Paprika Merah

Paprika merah adalah jenis sayuran yang bekerja dengan sistem penambah darah, yaitu meningkatkan hemoglobin karena memiliki akd naungan vitamin A yang cukup tinggi. Hal ini juga dikarenakan kemampuannya yang membantu proses penyerapan zat besi dari makanan lain secara maksimal. 

Zat besi yang berada di dalam paprika merah ini merupakan beta karoten. Nantinya ketika kamu mengkonsumsi paprika merah, maka kandungan beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Sehingga dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu jenis sayuran untuk penambah darah. 

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa jenis sayuran yang dapat kamu konsumsi sebagai penambah darah, atau kadar darah merah hemoglobin di dalam tubuh. Dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, tentunya dapat membantu untuk meningkatkan kondisi atau kadar darah di dalam tubuh secara optimal. Nantinya kamu akan terhindar dari risiko atau kemungkinan-kemungkinan yang buruk terkait kadar darah di dalam tubuh. Konsumsilah tidak secara berlebihan, karena yang berlebihan tidaklah baik.