Monday, 15 Apr 2024

10 Buah yang Bagus Untuk Batuk Berdahak

6 minutes reading
Thursday, 21 Dec 2023 18:17 0 117 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bagi kamu yang memiliki permasalahan batuk berdahak, ada beberapa jenis buah yang bagus untuk mengatasinya. Sehingga dengan begitu kamu dapat mengkonsumsinya guna meredakan batuk pilek. 

Ketika batuk dan pilek apalagi disertai dengan demam, orang biasanya akan kehilangan selera makan. Meskipun tidak nafsu makan, namun kamu harus tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, hal ini guan membantu tubuh agar segera pulih dari flu. 

Selain itu ada sejumlah jenis buah yang dapat membantu kamu untuk meredakan permasalahan batuk berdahak tersebut. Nah, buah ini dipercaya mampu untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga akan membuat tubuh merasa lebih baik lagi.

Buah yang Bagus Untuk Batuk Berdahak

Buah yang Bagus Untuk Batuk Berdahak

Terdapat beberapa macam dan jenis buah untuk batuk yang mana kandungan nutrisi ini dipercaya mampu membantu sekaligus meredakan batuk secara alami loh. Nah, selain jenis makanan pereda batuk, kamu dapat mengkonsumsi buah pereda batuk berdahak juga. 

Pada umumnya, batuk sendiri merupakan penyakit yang akan reda dengan sendirinya. Dimana batuk dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 1 hingga 3 minggu. Tentunya tidak memerlukan pengobatan khusus.

Meskipun demikian, penggunaan obat yang dijual secara bebas ini menjadi pilihan jika batuk, dimana mulai mengganggu waktu istirahat serta aktivitas sehari-hari. Nantinya, dapat menurunkan produktivitas seseorang. 

Bagi kamu yang enggan dan anti mengatasi batuk berdahak menggunakan obat, maka kamu dapat melakukannya secara alami dengan mengkonsumsi jenis buah-buahan tertentu. 

Nah, langsung saja , berikut beberapa jenis buah yang bagus untuk batuk berdahak yang dapat kamu konsumsi. 

Nanas

Buah yang Bagus Untuk Batuk Berdahak

Buah pertama yang dapat kamu konsumsi dan bagus untuk batuk berdahak adalah buah nanas. Buah nanas ini kaya kaan serta, vitamin B, vitamin C, mangan dan bromelain, yaitu enzim yang bekerja sebagai antiradang, antibakteri serta antivirus. 

Dimana semua komponen tersebut memiliki fungsi guna menenangkan batuk, mengencerkan dahak sekaligus melegakan saluran pernafasan untuk melawan infeksi. 

Nah, untuk membantu meredakan batuk ini, kamu dapat mengonsumsi sepotong buah nanas segar ataupun segelas jus nanas, sebanyak 3 kali sehari. 

Semua jenis nanas, termasuk nanas madu, boleh kamu manfaatkan untuk mendapatkan manfaat tersebut. Selain itu dapat membantu untuk meningkatkan efektivitasnya, sehingga kamu dapat membuat jus nanas dengan campuran garam, jahe serta madu. 

Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C, yaitu antioksidan yang mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan kemudian melumasi tenggorokan. 

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa dengan menghisap sepotong lemon atau minum air perasan lemon yang dicampur menggunakan air hangat atau teh hangat dan madu dapat membantu meredakan batuk, pilek dan flu sekaligus sakit tenggorokan. 

Jambu Biji

Berikutnya, adalah jambu biji yang mana buah satu ini kaya akan kandungan vitamin C dan zat besi di dalamnya. Kedua kandungannya merupakan nutrisi yang mampu bekerja dan mencegah sekaligus meredakan batuk untuk melawan infeksi. 

Dalam sebuah penelitian juga menunjukan bahwa jus jambu biji segar dan rebusan daun jambu biji mampu membantu untuk meredakan batuk dan pilek. Hal ini dikarenakan jambu biji sendiri dapat mengurangi lendir di tenggorokan. 

Selain itu dalam penelitian tersebut ditemukan jika jambu biji dapat mengurangi lendir di tenggorokan serta membunuh virus atau bakteri yang menjadi penyebab batuk yang ada di saluran pernapasan. 

Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang mampu membantu untuk meredakan batuk. Karena apel dapat dimakan secara langsung ataupun dibuat jus, sehingga menjadi buah yang bagus untuk meredakan batuk berdahak. 

Apel memiliki kandungan flavonoid di dalamnya, yang mana dapat membantu mengurangi gejala peradangan dan iritasi khususnya pada saluran pernapasan yang menjadi salah satu penyebab batuk dan berdahak ini. 

Kiwi

Buah kiwi menjadi salah satu jenis buah dengan sumber vitamin dan mineral terbaik di dalamnya. Tingginya kandungan dari nutrisi menjadikan wifi sebagai salah satu buah yang dapat membantu melancarkan saluran pernapasan sekaligus menguatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu. 

Dengan mengkonsumsi buah satu ini, maka dapat membantu kamu untuk meredakan permasalahan batuk berdahak yang membandel. Selain berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nutrisi kiwi dapat membantu meredakan batuk berdahak. 

Anggur

Selanjutnya, kamu dapat mengkonsumsi buah anggur, buah atau ini dapat membantu untuk meredakan batuk berdahak. Nah, kamu dapat mengkonsumsinya selama mengalami permasalahan batuk berdahak tersebut.

Selain itu buah satu ini memiliki kandungan resveratrol yang mana dipercaya mampu mengobati peradangan pada tubuh. Sehingga anggur sendiri cocok dikonsumsi ketika kamu batuk berdahak. 

Anggur memiliki kandungan vitamin A dan C dalam jumlah yang cukup tinggi, yang mana keduanya memang sering dikaitkan dengan melawan efek samping batuk pilek yang tidak menyenangkan dan dahak yang membuat tidak nyaman. 

Delima

Delima menjadi salah satu jenis buah-buahan yang cocok dikonsumsi karena bagus untuk meredakan batuk berdahak. Delima sendiri merupakan jenis buah yang memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasinya. 

Dalams beuah penelitaian yang diterbitkan pada tahun 2017 lalu, yaitu di jurnal Nutrients, polifenol merupakan antioksidan yang ditemukan dalam jus delima yang aman dapat memerangi virus dan meminimalkan gejala flu, mislanaya batuk dan pilek. 

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah, yang mana memiliki nama lain Citrus aurantifolis yang kaya akan kandungan minyak atsiri dan mampu melemaskan otot-otot pernapasan dan melembabkan tenggorokan. 

Jeruk nipis ini bermanfaat untuk membantu mengatasi permasalahan batuk berdahak. Memiliki kandungan atsiri membuatnya mampu melembabkan tenggorokan dengan baik dan meredakan batuk kering berkepanjangan. 

Selain itu jeruk nipis juga memiliki kandungan zat antimikroba, yang mana dapat membantu untuk menangkal infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan batuk. Sehingga kamu dapat memilih untuk mengkonsumsinya kemudian. 

Ada salah satu cara populer guna mengolah jeruk nipis sebagai obat batuk alami, yaitu mencampur buah satu ini menggunakan kecap manis. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa asam yang kuat dari jeruk nipis sendiri. 

Ceri 

buah yang bagus untuk batuk berdahak

Ceri menjadi salah satu jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta dapat membantu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Buah satu ini dapat menurunkan risiko atau gejala dimana saluran pernapasan bagian atas yang terganggu. 

Selain itu, buah satu ini memiliki kandungan melatonin alami yang mampu membantu guna meningkatkan kualitas tidur kamu. Sehingga tentunya akan mempercepat proses penyembuhan ketika kamu sakit batuk yang berdahak sekalipun.

Air Kelapa

buah yang bagus untuk batuk berdahak

Terakhir, ketika kamu batuk maka kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa. Air kelapa ini merupakan jenis mineral yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang karena tubuh kamu berkeringat, muntah hingga diare. 

Mengonsumsi buah kelapa, tepatnya air kelapa adalah hal yang tepat dimana mampu mengatasi dan mengurangi peradangan dalam tubuh dan mampu mengatasi kondisi batuk berdahak juga. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis buah yang bagus untuk mengatasi batuk berdahak. Dengan begitu akan mudah bagi kamu yang tengah mengalami kondisi tersebut untuk membantu proses penyembuhan dengan lebih cepat lagi. 

Nah, dengan mengonsumsi jenis buah-buahan diatas, tidak hanya mengatasi permasalahan batuk berdahak saja. Namun, kamu juga akan mendapatkan nutrisi yang baik nantinya. Sehingga tubuh akan menjadi sehat dan bugar.