Monday, 15 Apr 2024

6 Makanan Penghilang Sakit Kepala

6 minutes reading
Thursday, 21 Dec 2023 17:59 0 53 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk penghilang sakit kepala. Sakit kepala sendiri merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Sakit kepala dapat terasa seperti tekanan, nyeri di kepala dan rasa sakit yang luar biasa hingga wajah dan leher. Umumnya dapat etrjadis ecara tiba-tiba atau bertahans elama beebrpa ahri hingga lebih. 

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor stres, kelelahan, kurang tidur, makanan tertentu hingga obat-obatan tertentu. 

Bahkan sakit kepala bisa terjadi disebabkan oleh kondisi medis yang jauh lebih serius, kejang, tekanan darah tinggi hingga infeksi. Sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasinya, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan penghilang sakit kepala. 

Daftar Makanan Penghilang Sakit Kepala 

Makanan Penghilang Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu kondisi yang bisa datang secara tiba-tiba, yang mana langsung kuat ataupun muncul secara bertahap. Rasa sakitnya dapat bertahan sebentar, beberapa hari bahkan hingga hitungan bulan. 

Selain mengkonsumsi jenis obat-obatan pereda sakit kepala, kamu juga dapat dengan rutin mengkonsumsi jenis makanan sehat, yang mana ampuh sebagai penghilang nyeri.

Dikutip dari Cleveland Clinic, bahkan mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan MSG, nitrat, minuman seperti alkohol dan kafein memiliki dapat sakit kepala. 

Namun, hal itu dikarenakan jumlah yang berlebihan, maka kamu dapat mengatasinya dengan mengonsumsi jenis makanan penghilang sakit kepala tersebut. 

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang menjadi penghilang rasa sakit kepala berlebih. 

Ikan Tinggi Omega-3

6 Makanan Penghilang Sakit Kepala

Jenis makanan pertama yang dapat kamu konsumsi adalah ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi. Hal ini dikarenakan dapat membantu mengurangi insiden serangan dan meredakan gejala migrain yang dirasakan. 

Dalam sebuah penelitian, pada pasien yang mengalami migrain, maka menunjukan jika asam lemak omega-3 ini dapat membantu menurunkan frekuensi sakit kepala sekaligus mempercepat durasi sakit kepala hingga 75%, 

Hal ini terjadi karena asam lemak omega-3 ini , khususnya EPA, memiliki sifat anti inflamasi yang mana salah satunya dengan menghambat produksi prostaglandin yang merupakan hormon yang memicu sakit kepala, nyeri dan peradangan sekalipun.

Nah, ikan salmon, mackerel, trout dan herring merupakan beberapa contoh ikan yang memiliki konsentrasi omega-3 yang cukup tinggi. Untuk menpdatakan manfata ini untuk meredak nyeri kepala, kamu dapat mengkonsumsinya 2 kali dalam seminggu, yaitu sebanyak 230 gram. 

Kentang Panggang

6 Makanan Penghilang Sakit Kepala

Selanjutnya, salah satu yang menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi adalah tubuh yang kekurangan cairan dan elektrolit. Maka, untuk mengganti cairan dan elektrolit ini kamu dapat mengonsumsi air putih. Hal ini sangat efektif membantu kamu. 

Selain itu, kamu dapat mengonsumsi kentang, hal ini dikarenakan kentang beserta kulitnya ini memiliki kandungan kalium, yang dapat membantu menjaga air dan kesiembanag elektrolit dalam tubuh. 

Sehingga nantinya kamu tidak akan mengalami dehidrasi dan dapat menjaga kesiembanagan air dan keseimbanagn elektrolit dalam tubuh. Kemudian dapat meredakan rasa sakit kepala yang berlebihan. 

Nha, kamu dapat menikmati manfaatnya dengan mengkonsumsi kentang yang dipanggang beserta kulitnya. Pada kondisi inilah kandungan kalsiumnya sangat tinggi yaitu hingga 925 mg dalam 1 buah kentang panggang dengan ukuran medium dan kulitnya. 

Selain itu kentang juga memiliki kandungan magnesium guna meredak sakit kepala yangd irasakan dengan baik tentunya. 

Kacang Almond

6 Makanan Penghilang Sakit Kepala

Selain kentang, kamu dapat mengkonsumsi kacang almond, yang menjadi salah satu contoh lainnya makanan penghilang rasa sakit kepala. Makanan satu ini memiliki kandungan yang kaya akan magnesium. 

Kandungan magnesium dalam kacang almond ini dibutuhkan oleh orang yang menderita sakit kepala, kh susunya yang migraine. Orang yang mengalami migrain memang cenderung memiliki kadar magnesium yang rendah jika dibandingkan mereka yang tidak. 

Selain itu kadar magnesium yang rendah dalam aliran darah, dapat menyebabkan peradangan dan menimbulkan sakit kepala atau migrain. 

Di lain sisi, magnesium dalam kacang almond juga diyakini mampu melawan sakit kepala dengan meredakan saraf dan otot yang mempengaruhinya. 

Selain itu, jenis makanan ini juga menang disebut memiliki kandungan salicin, yang mana merupakan komponen anti inflamasi yang ditemukan dalam aspirin dan sebagai obat pereda sakit kepala. 

Selain itu kacang almond juga memiliki kandungan salicin, yang merupakan salah satu komponen anti inflamasi yang dapat ditemukan di dalam aspirin, sebagai salah satu obat pereda untuk sakit kepala. 

Roti Gandum Utuh

Rendahnya kadar gula darah dalam tubuh merupakan salah satu pemicu dimana kemunculan sakit kepala tiba-tiba. Hal ini umumnya disebabkan minimnya kandungan akan glukosa yang memicu dehidrasi dan penurunan energi. 

Hal tersebut akan berakibat pada suplai nutrisi dan oksigen yang diedarkan menuju otak jadi berkurang. 

Nah, sebagai salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kadar gula darah, kamu dapat mengkonsumsi roti gandum utuh. Kemudian karbohidrat dalam darah konsumsilah roti gandum yang utuh. 

Karena karbohidrat di dalam gandum untuk tidak akan mudah dicerna oleh tubuh, sehingga nantinya dapat mempertahankan kestabilan kadar gula darah lebih lama dari roti putih biasanya.

Selain itu dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Roma menunjukan, jika meningkatkan konsumsi roti gandum utuh dan pasta gandum utuh. Sekaligus mengurangi konsumsi roti putih. 

Sehingga dapat membantu untuk menurunkan serangan migrain dan penggunaan obat-obatan kimia peredanya dalam sebulan. 

Selain itu, gandum utuh memiliki kandungan magnesium yang baik, khususnya untuk penderita sakit kepala. 

Jamur

Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit kepala. Kamu dapat menambahkan jamur ke dalam makanan kamu. 

Hal ini dikarenakan jamur memiliki kandungan vitamin B2 atau riboflavin yang menang diketahui mampu meringankan gejala sakit kepala. 

Penelitian tidak tahu bagaimana vitamin B2 di dalam makanan dapat menjadi penghilang sakit kepala. Namun, beberapa orang yang mengalami kekurangan vitamin B cenderung lebih rentan mengalami sakit kepala seperti migrain. 

Selain itu, riboflavin juga sangat penting guna mendukung pertumbuhan, perkembangan dan fungsi dari sel dalam tubuh. Hal ini juga dapat membantu mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi yang dibutuhkan. 

Sehingga nantinya kamu tidak akan mudah lemas atau kelelahan lagi. Karena kelelahan merupakan salah satu faktor yang dapat memicu sakit kepala seperti migrain. 

Bayam

Sayuran satu ini merupakan jenis makanan yang sangat penting bagi kesehatan semua orang, diantaranya bagi penderita sakit kepala. Selain itu adapun jenis sayuran, bayam yang merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menjadi pereda sakit kepala. 

Bayam memang diketahui mengandung vitamin B, magnesium dan mikronutrien yang tentunya penting dan diyakini mampu menghilangkan migrain atau sakit kepala yang serius. 

Nah, dilansir dari One Green Planet, vitamin dan mineral satu ini mampu mencegah dan mengurangi frekuensi migrain karena efek positifnya pad a2 penyebab migrain. Diantaranya ada gangguan mitokondria dan tingkat tinggi homosistein. 

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa rekomendasi jenis makanan penghilang sakit kepala yang dapat kamu konsumsi. Dengan mengonsumsi jenis makanan tersebut, maka akan mempermudah kamu untuk mengatasi permasalahaan sakit kepala dengan baik.