Wednesday, 17 Jul 2024

7 Buah yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan

6 minutes reading
Monday, 22 May 2023 16:33 0 253 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Salah satu makanan bayi yaitu ASI dan jika bayi sudah memasuki atau setelah 6 bulan maka bayi yang diperlukan untuk diberi makanan pendamping ASI (MPASI), hal ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi yang semakin bertambah dan salah satu makanan yang baik untuk bayi 6 bulan yaitu buah-buahan.

Pada usia 6 bulan bayi yang umumnya sudah siap dan bisa diberikan makanan, tetapi dikarenakan bayi usia 6 bulan yang masih memiliki kemampuan menelan dan juga fungsi pencernaan yang belum sempurna sehingga dengan begitu ibu harus memberikan makanan yang memiliki tekstur lembut seperti bubur yang disaring atau puree.

Untuk bayi berusia 6 bulan yang direkomendasikan untuk memberikan buah-buahan yang dijadikan sebagai makanannya, karena buah-buahan yang terdapat banyak kandungan vitamin dan juga mineral di dalamnya yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk bayi.

Namun pastikan sebelum memberikan buah-buahan untuk diberikan sebagai makanan pada bayi berusia 6 bulan hal yang penting yaitu memilih jenis buah yang terbaik dan juga menghaluskannya terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi, agar bisa menelannya dengan mudah dan dapat dicerna dengan baik.

Tetapi tidak semua jenis buah-buahan cocok untuk dijadikan sebagai makanan bayi 6 bulan, dari sekian banyaknya jenis buah-buahan ada beberapa jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan nah jika ingin tahu apa saja jenis buahnya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Buah yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan

7 Buah yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan

Mungkin untuk beberapa ibu yang masih bingung untuk memilih bahan makanan yang cocok untuk makanan bayi yang berusia 6 bulan, selain itu juga banyak pertimbangannya bagaimana dengan kandungan nutrisi,  apakah bayi ibu menyukainya dan juga yang lainnya.

ASI juga yang menjadi salah satu bahan untuk membuat makanan pendamping ASI atau MPASI sehingga dengan begitu untuk ibu menyusui yang sangat penting untuk memperhatikan kualitasnya, selain itu juga ada beberapa jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan.

Dimana buah-buahan yang diperkaya dengan kandungan nutrisi untuk bayi sehingga buah-buahan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan pertamanya, nah agar ibu tidak bingung buah apa yang aman dan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan baik maka berikut beberapa jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan yaitu sebagai berikut:

Buah Pisang

Salah satu jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan yang pertama yaitu ada buah Pisang dan buah ini menjadi salah satu buah yang paling banyak dianjurkan untuk MPASI bayi, dimana buah Pisang yang diperkaya dengan kandungan kalsium, potasium, magnesium dan juga zat besi yang dapat memenuhi nutrisi demi perkembangan fungsi otak dan juga membantu mengoptimalkan detak jantung.

Bahkan selain itu juga buah Pisang yang kaya akan karbohidrat di dalamnya dan kandungan ini yang memiliki peran penting untuk mengganti energi bayi pada saat kelelahan bermain, buah Pisang selain mengenyangkan tetapi bisa membuat daya tahan tubuh bayi menjadi lebih kuat.

Buah Pepaya

Dimana buah Pepaya ini merupakan salah satu buah yang bisa membantu melancarkan BAB bayi sehingga buah Pepaya menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan, dengan kandungan vitamin pada buah Pepaya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E dan juga kaya serat dan enzim papain yang baik untuk sistem pencernaan.

Dimana pada awal MPASI bayi yang umumnya mengalami sembelit hal ini dikarenakan ada perubahan asupan yang masuk ke dalam perut, tetapi ada juga bayi yang justru setelah mengkonsumsinya yang mengalami sembelit sehingga dengan begitu amati dulu reaksi bayi setelah memakan buah Pepaya, jika mengalami sembelit maka sebaiknya untuk menghentikan dulu pemberiannya

Buah Apel

Buah Apel menjadi salah satu pilihan jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan yang bisa dibuatkan sebagai puree di masa MPASI bayi, dimana buah Apel ini yang tidak hanya memiliki rasa manis dan enak tetapi buah Apel juga yang mudah untuk dicerna dan kaya akan kandungan nutrisi didalamnya.

Dimana buah Apel ini yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium dan juga fosfor, dengan beberapa kandungan nutrisi yang terkandung pada buah Apel ini yang bermanfaat untuk membantu mengurangi sembelit yang biasanya terjadi di masa awal pemberian MPASI.

Buah Naga

Buah Naga yang menjadi salah satu yang tepat untuk dijadikan sebagai MPASI untuk bayi 6 bulan, dimana buah Naga ini selain dengan memiliki tekstur yang empuk dan rasanya  yang manis dan segar namun buah Naga juga yang diperkaya dengan kandungan nutrisi didalamnya yang baik untuk bayi.

Manfaat dari memakan buah Naga untuk bayi yang beragam dimulai dapat membantu dalam menjaga kesehatan , atau sampai mencegah bayi mengalami sembelit, tentu saja manfaat ini berkat adanya kandungan seperti kalsium, protein, karoten, zat besi dan juga serat yang bisa memberikan manfaat tersebut.

Buah Alpukat

Buah Alpukat yang memiliki tekstur yang lembut sehingga buah Alpukat ini yang cocok dijadikan sebagai salah satu jenis buah yang baik untuk menjadi MPASI bayi 6 bulan, selain teksturnya yang lembut buah Alpukat juga yang mengandung lemak baik dan asam folat yang berguna untuk mendukung perkembangan otak bayi.

Diana menurut sebuah penelitian yang menyatakan bahwa anak yang membutuhkan lemak berguna untuk membentuk struktur otak, sehingga perkembangan otak yang akan menjadi lebih optimal, sehingga dengan begitu bisa mengkonsumsi buah Alpukat ini untuk memenuhi asupan lemak yang dapat mempengaruhi kecerdasan dan kepintaran bayi di masa depan.

Buah Pir

Dimana buah Pir yang hampir sama dengan buah Apel dan buah Pir ini yang diperkaya dengan kandungan yang dibutuhkan oleh bayi pada masa tumbuh kembang, kandungan nutrisi tersebut seperti kalsium, kalium, fosfor dan juga vitamin C dan untuk rasa buah Pir ini yang   segar dan manis bisa disukai bayi.

Dalam menyajikan MPASI dengan menggunakan menu buah Pir ibu bisa dengan memotong buah Pir terlebih dahulu lalu kukus sampai matang, setelah matang kemudian haluskan dengan menggunakan saringan sehingga MPASI yang bergizi dan enak untuk disantap oleh bayi.

Buah Jeruk

Buah yang baik untuk bayi 6 bulan yang terakhir yaitu ada buah Jeruk karena buah Jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, selain itu juga buah Jeruk yang memiliki kandungan mineral yang banyak yang akan membantu dalam membentuk kolagen di tulang, otot dan juga jaringan tubuh bayi yang lainnya.

Untuk kandungan vitamin C pada buah Jeruk ini yang bermanfaat untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh bayi sekaligus membantu mempercepat proses pemilihan pada saat bayi cedera atau luka, untuk memberikan buah Jeruk pada bayi pastikan untuk memilih rasa buahnya yang manis dan singkirkan biji jeruknya agar tidak berisiko tertelan dan tidak akan membuat bayi terganggu.

Setelah ibu mengetahui dengan beberapa jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan, maka ibu juga perlu mengetahui beberapa tips dalam menyiapkan buah sebagai MPASI untuk bayi 6 bulan adapun untuk beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyiapkan MPASI bayi, selalu menjaga kebersihan peralatan yang digunakan untuk bayi.
  • Pastikan selalu mencuci dan juga mengupas buah sampai benar-benar bersih.
  • Hindari untuk mengolah buah dengan cara digoreng, jika buahnya ingin dimasak maka sebaiknya direbus atau dikukus sebentar saja.
  • Haluskan buah dengan cara di food processor atau di blender.
  • Ibu dapat menambahkan ASI atau susu formula ke dalam bubur buah tersebut.
  • Berikan buah dengan porsi kecil ke bayi, karena bayi 6 bulan  yang biasanya belum dapat makan yang jumlah terlalu banyak.
  • Terakhir perkenalkan berbagai jenis buah satu persatu, pastikan juga untuk selalu amati apalah terdapat reaksi alergi yang muncul pada beberapa hari.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan yang perlu ibu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.