Monday, 17 Jun 2024

10 Buah Yang Harus Dihindari Saat Diet

7 minutes reading
Thursday, 13 Jul 2023 17:59 0 215 Muti Karya

Nesiaverse.com – Tidak semua buah bisa kamu konsumsi ketika diet, karena ada beberapa jenis buah yang harus dihindari saat diet. Semua buah memiliki kandungan dan nutrisinya masing-masing, yang memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri. Namun, ketika kamu sedang dalam program diet kamu harus memperhatikan kandungan dari buah-buahan yang kamu makan. Hal ini guna menghindari kandungan yang justru membuat diet kamu gagal. 

Dalam mengonsumsi buah-buahan kamu harus mengetahui takaran atau porsi yang tepat, karena jika kamu mengonsumsi berlebihan untuk tubuh tentunya tidak baik. Menurunkan berat badan melalui diet membutuhkan kesabaran, komitmen hingga kerja keras untuk mencapai berat ideal idaman kamu. Selain mampu menyeimbangkan aktivitas dan mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus memperhatikan asupan buah-buahan yang tepat. 

Deretan Buah Yang Harus Dihindari Saat Diet

10 Buah Yang Harus Dihindari Saat Diet

Ketika menjalankan program diet, kebanyak ahli gizi akan menyarankan untuk memenuhi kebutuhan serat dan protein dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini guna membuat kamu yang sedang diet cenderung lebih cepat kenyang dan bertahan lebih lama dari rasa lapar. 

Selain makanan yang kaya akan serat, kamu juga akan mendapat saran seperti biji-bijian hingga buah-buahan. Diantaranya  yang akan kami bahas kali ini adalah buah-buahan. Dalam mengkonsumsi buah kamu harus mengetahui pantangan atau buah-buahan yang harus dihindari saat melakukan program diet. Pasalnya ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa membuat program diet kamu sia-sia tanpa kamu sadari. 

Berikut kami telah merangkum beberapa jenis buah yang harus dihindari saat kamu menjalankan program diet, agar tidak sia-sia. 

Alpukat

10 Buah Yang Harus Dihindari Saat Diet

Buah-buahan pertama yang harus kamu hindari saat diet dalam alpukat. Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, dalam 100 gram buah alpukat memiliki kandungan 160 kalori. Makan, buah ini bisa membuat diet kamu gagal, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. 

Meskipun alpukat menjadi salah satu sumber lemak yang sehat dan baik, kamu harus menghindarinya agar program diet kumau berjalan dengan baik. Selain itu jika alpukat dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan akan membuat kalori hingga lemak dalam tubuh bertambah dalam jumlah besar. Maka, hindari mengkonsumsi buah Alpukat ketika kamu melakukan diet.

Pisang

10 Buah Yang Harus Dihindari Saat Diet

Siapa sangka jika buah pisang masuk ke daftar buah-buahan yang harus dihindari saat melakukan program diet. Pisang merupakan buah-buahan yang kaya akan serat. Buah pisang baik untuk kesehatan tubuh, namun jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan pisang yang mulanya memiliki serat akan menghasilkan gula. Hal ini banyak dialami ketika kamu mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang berlebihan. 

Pisang sarat dengan kalori, sehingga memiliki gula alami yang cukup banyak di dalamnya. Dalam satu buah pisang memiliki kandungan 150 kalori dengan 37,5 karbohidrat. Maka, jika kamu mengonsumsi buah pisang melebihi 1 batang setiap harinya, hal ini akan menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan. Maka, alangkah baiknya untuk menghindari konsumsi buah pisang satu ini ketika kamu menjalani program diet. 

Delima

10 Buah Yang Harus Dihindari Saat Diet

Selanjutnya ada buah delima, buah delima merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk tidak kamu konsumsi saat diet. Delima merupakan yang memiliki kandungan 39 gram gula dalam satu buahnya, hal ini berdasarkan sebuah penelitian. Sehingga tidak akan baik jika kamu mengkonsumsinya saat sedang melakukan program diet.

Buah delima paling cocok untuk dikonsumsi oleh para atlet, karena kandungan gulanya yang dibutuhkan guna meningkatkan performa para atletnya. Namun, bagi kamu yang menjalankan program diet guna menurunkan kadar kalori dan gula dalam tubuh, delima tidak cocok untuk kamu konsumsi.

Mangga

Buah yang kaya akan vitamin ini harus kamu hindari saat menjalankan program diet. Mangga merupakan salah satu buah yang kerap kali dikonsumsi seperti pisang. Buah yang kaya akan vitamin A dan C ini sangat bagus bagi kesehatan rambut dan kulit. Hal ini dikarenakan Mangga memiliki zat yang mampu menurunkan kemungkinan kanker hingga sebagai anti penuaan. 

Namun, Mangga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi di dalamnya. Bahkan Mangga memiliki 31 gram gula yang dikandung per mangganya. Namun, jika kamu tetap ingin mengonsumsi buah mangga, maka perhatikan porsinya. Kamu bisa mengkonsumsi beberapa potong saja, sehingga diet kamu tidak akan gagal. Namun, alangkah baiknya jika kamu menghindarinya sementara ketika menjalankan program diet. 

Anggur

Buah anggur masuk ke daftar buah yang harus dihindari saat kamu diet. Buah anggur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun bagus secara keseluruhan, buah anggur memiliki kandungan gula dan lemak yang akan menghambat upaya kamu menurunkan berat badan. 

Karna dalam 100 gram anggur memiliki kandungan 67 kalori dan 16 gram gula. Sehingga asupan buah anggur ini justru bisa menambahkan berat badan seseorang dengan cepat. Tentunya kamu tidak akan memakan buah anggur hanya 1 biji saja bukan? pasti bertambah, hal inilah yang akan membuat kamu mengonsumsi kalori dan gula yang banyak, karena dengan wujudnya yang kecil seseorang tidak berpikir bahwa anggur memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi.

Nanas

Buah yang kaya dengan air ini merupakan buah tropis yang memiliki banyak peminat. Buah nanas bisa dikombinasikan dan diolah menjadi puding dan jus. Namun, buah nanas bukanlah buah yang bisa kamu konsumsi saat diet, karena justru buah nanas masuk ke daftar buah-buahan yang harus dihindari saat diet. 

Nanas yang memiliki rasa manis yang menyegarkan namun di dalamnya terdapat kandungan gula dan kalori yang sangat tinggi. Tanpa kamu sadari dengan banyaknya kandungan air, nanas juga memiliki kandungan gula dan kalori yang sangat tinggi sehingga mampu menghancurkan program diet tanpa kamu sadari. Maka, alangkah baiknya untuk menghindari buah tropis satu ini. 

Ceri

Buah ceri sama dengan buah anggur, memiliki bentuk yang kecil membuat orang tidak mengetahui bahwa ceri memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Dalam satu mangkuk buah ceri memiliki kandungan 17,7 gram gula, Maka, ceri termasuk buah-buahan yang harus dihindari saat kamu melakukan program diet. 

Mengonsumsi buah ceri juga sangat tidak baik, khususnya bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan ceri memiliki kandungan gas yang menyebabkan kembung hingga sulit dicerna. Maka, hindarilah buah satu ini demi keberhasilan diet kamu. 

Leci

Buah tropis asal china selatan ini memiliki rasa dan aroma yang manis. Leci merupakan buah yang memiliki indeks glikemik yang tinggi yaitu 70. Dalam buah leci memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga bagi kamu yang melakukan program diet alangkah baiknya untuk menghindari buah manis satu ini. Dalam secangkir buah leci, memiliki kandungan 18 gram gula, hal ini mampu memicu kenaikan berat badan yang cukup tinggi tanpa kamu sadari. 

Sawo

Sawo atau dikenal dengan Sapodilla ini memiliki daging yang lembut dan berserat. Buah sawo yang matang memiliki rasa yang sangat manis, sehingga membuat buah satu ini mengandung fruktosa yang tinggi, diikuti kandungan sukrosa dan indeks glikemik. Karena kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Sehingga buah sawo tidak disarankan bagi kamu yang melakukan program diet. 

Kandungan fruktosa atau gula yang tinggi dalam sawo mamapu meningkatkan kadar gula darah dengans anagt cepat. Maka, buah sawo dinilai tidak cocok untuk dikonsumsi bagi pelaku diet hingga penderita diabetes. Hal ini akan memperburuk kondisi seseorang yang memiliki penyakit gula, dan membuat diet kamu akan sia-sia jika mengkonsumsinya. 

Kurma

Kurma adalah buah yang harus dihindari saat diet, kurama kering memiliki kandungan kadar gula yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Kurma memiliki indeks glikemik 100. Bahkan Samuel Oetoro seorang ahli gizi mengatakan bahwa, dalam 100 gram kurma kering memiliki kandungan 285 kalori, 50-75 gram karbohidrat dan 5-7 gram serat saja.

Dengan kandungan kurma kering tersebut maka diketahui bahwa kandungan gula alami atau fruktosa tidak baik bagi pelaku diet. Hal inilah yang akan meningkatkan gula dalam darah melonjak dengan cepat setelah mengkonsumsi buah satu ini. Maka, alangkah baiknya untuk menghindari konsumsi kurma kering ketika kamu sedang diet. 

Demikian pembahasan mengenai buah yang harus kamu hindari saat diet. Sebagai pelaku diet kamu harus sadar dan perhatian dengan makanan dan minuman yang kamu konsumsi, perhatikan kandungannya dan jumlah porsi yang kamu makan. Lakukan cara defisit kalori untuk mengetahui jumlah kalori hingga kadar gula yang dikandung buah-buahan yang kamu makan.