Cara Agar Buah Timun Lurus

5 minutes reading
Thursday, 14 Sep 2023 21:05 0 118 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mentimun menjadi salah satu sayuran yang banyak dibudidayakan oleh para petani, namun ada salah satu hal yang sering dialami oleh para petani yaitu timunnya yang bengkok atau tidak lurus, oleh karena itu banyak orang yang mencari cara agar buah timun lurus.

Mentimun atau memiliki nama latin cucumis sativus adalah jenis tanaman bersulur dari suku timun-timunan (cucurbitaceae), dimana tanaman ini yang biasanya tumbuh dengan sehat dan bagus pada area tropis termasuk di Indonesia dan tanaman inilah yang paling banyak dibudidayakan oleh para petani Indonesia.

Tentu saja pasaran yang ingin bentuk buah timun yang bagus dan juga lurus, dengan memiliki bentuk timun yang bengkok atau tidak bagus akan membuat harga jual menjadi jatuh sehingga dengan begitu alangkah lebih baiknya untuk mengetahui dengan cara agar buah timun lurus.

Beberapa Penyebab Buah Timun Bisa Bengkok

Cara Agar Buah Timun Lurus

Tetapi sebelum ke cara agar buah timun lurus tentu saja kamu juga perlu mengetahui dengan beberapa penyebab buah timun bengkok, adapun untuk beberapa penyebabnya yaitu sebagai berikut:

Tidak Dilakukan Pemangkasan

Salah satu faktor penyebab timun bengkok yaitu karena tidak dilakukan pemangkasan, jika melakukan pemangkasan tunas maka nutrisi tersebut yang akan lebih fokus diedarkan ke buah mentimun sehingga tidak akan bengkok.

Untuk cara memangkas tunas tanaman timun sendiri yang bisa dilakukan dengan menyisakan tiga tunas yang nantinya akan menghasilkan buah dengan semakin banyak tunas dipelihara maka akan semakin lama juga tanaman bisa menghasilkan buah dan jika menghasilkan buah maka ukuran dan jumlahnya tidak akan optimal.

Kurang Unsur Hara

Dengan kekurangan unsur hara akan membuat buah timun yang dihasilkan bengkok atau tidak bagus, beragam unsur hara yang dibutuhkan seperti nitrogen (N), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg), dan juga fosfor (P), dengan kekurangan unsur hara yang dapat menyebabkan rontok bakal bunga timun buahnya menjadi berukuran kecil.

Pengendalian Buah

Dimana mendapatkan hasil buah timun yang lebat yang tidak serta merta haru memelihara semua buah yang ada, karena kemungkinan terjadi malah merupakan tanaman yang bisa mengalami rebah karena terlalu banyak menyangga buah timun tersebut semakin lama yang akan semakin besar.

Kekurangan Air

Dengan kekurangan air menjadi salah satu faktor penyebab hasil buah timun bengkok, apalagi pada saat musim kemarau yang akan membuat tanaman timun membutuhkan air yang banyak, harus disiram pada pagi, sore saat cuaca panas dan pastikan untuk tidak menyiram tanaman timun pada saat panas terik.

Tidak Mendapatkan Tiang Rambat

Terakhir faktor penyebab buah timun bengkok yaitu tidak mendapatkan tiang rambat atau tiang ajir, karena tanaman timun yang merambat sembarang seperti di tanah tentu saja akan mempengaruhi kualitas buah.

Cara Agar Buah Timun Lurus

Cara Agar Buah Timun Lurus

Setelah mengetahui dengan beberapa faktor penyebab hasil buah timun tidak lurus atau bengkok, selanjutnya kamu simak ulasan dibawah ini mengenai dengan cara agar buah timun lurus.

Cara Agar Buah Timun Lurus

Terdapat banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh para petani untuk bisa menghasilkan panen mentimun yang optimal dan juga maksimal termasuk juga teknik perawatan tanaman sampai proses pemberantasan hama dan juga penyakit pada tanaman tersebut.

Dimana proses perawatan tanaman mentimun yang lainnya yaitu cara agar buah timun lurus atau tidak berbuah bengkok alias buah timunnya yang akan tumbuh dengan luas dan bobot ideal sesuai dengan yang disukai oleh konsumen di pasaran.

Adapun untuk beberapa upaya atau cara agar buah timun lurus yang bisa kamu coba lakukan yaitu sebagai berikut:

Memilih Varietas Benih Timun yang Bagus

Ternyata varietas benih timun menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan apakah buah timun yang dihasilkannya nanti bengkok atau tidaknya, seperti contohnya yaitu seseorang yang mencoba budidaya timun dengan varietas monza.

Dimana jenis timun monza ini yang tak sebagus dengan jenis timun mercy, walaupun harga benihnya yang lebih mahal tetapi hasil buahnya yang lebih banyak bengkok dan juga mengerucut, tidak hanya itu saja rasa buahnya ada pahitnya, oleh karena itu sebaiknya jangan salah dalam memilih bibit mentimun dan pastikan memilih bibit timun yang berkualitas dan terbukti hasil buahnya lurus tidak bengkok.

Tanam Pohon Mentimun Membentang dari arah Utara ke Selatan

Dimana dalam hal ini yang berarti kamu membuat bedengan untuk menanam mentimun tersebut dari arah utara menuju ke arah selatan, hal ini bertujuan agar proses fotosintesis tanaman yang akan berlangsung dengan baik dan benar, untuk ukuran lebar, tinggi dan juga bedengan yang bisa disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia di sana.

Pastikan Memberikan Pupuk Anorganik

Pada saat menanam tanaman mentimun pastikan untuk memberikan pupuk anorganik kaya akan kandungan unsur hara Nitrogen (N) dan juga Phospor, karena unsur hara Nitrogen yang memiliki peran dalam proses pengendalian daerah meristematik dan juga pemanjangan sel pada buah timun tersebut.

Mencoba Berkonsultasi Dengan Petani Profesional

Untuk cara agar buah timun lurus lainnya yaitu membantu mencegah keadaan semakin memburuk kamu bisa dengan mencoba untuk berkonsultasi dengan petani mentimun yang lebih profesional, atau bisa juga kepada penjual bibit pada saat membeli bibit di toko tanaman hortikultura.

Dengan Mengikatkan Tali Pada Batu

Untuk cara agar buah timun lurus yang terakhir bisa kamu coba lakukan yaitu dengan mengikatkan tali pada batu, dimana untuk sebagian para petani yang sudah pernah mencoba cara mengikatkan tali pada batu dengan berat yang ideal pada ujung mentimun, tetapi untuk cara ini yang ternyata hasilnya kurang optimal.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa cara agar buah timun lurus yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba menerapkannya dengan baik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

x