Monday, 17 Jun 2024

3 Fungisida Untuk Tanaman Timun

6 minutes reading
Thursday, 14 Sep 2023 21:09 0 149 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang tahu ternyata fungisida untuk tanaman ini yang sangat ampuh untuk membasmi jamur patogen tanaman yang mengganggu pertumbuhan tanaman, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai dengan fungisida untuk tanaman timun.

Umumnya sangat wajar mengenai dengan upaya perlindungan Tanaman Hortikultura yang dilakukan oleh petani untuk meraih kesuksesan, selain itu perlindungan tanaman pertanian juga yang memiliki beberapa cara alternatif dengan memanfaatkan bahan non kimia.

Tetapi penggunaan bahan kimia untuk melindungi tanaman hortikultura tidak buruk karena memiliki bahan tidak berbahaya didalamnya untuk tanaman, penggunaan pestisida adalah hal wajar untuk membasmi jamur, hama atau gangguan lainnya.

Sehingga para petani tidak perlu khawatir untuk menggunakannya selain itu juga persiapan pada budidaya tanaman harus matang seperti budidaya tanaman adalah komoditas menguntungkan untuk para petani, dengan begitu perlindungan tanaman tersebut harus ketat tetapi tidak boleh berlebihan juga agar tidak merusak lingkungan.

Salah satu jenis tanaman sayur yang sering di budidaya yaitu ada sayuran timun dan timun sendiri adalah salah satu bahan makanan serbaguna, biasanya sayuran ini yang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk pelengkap berbagai masakan.

Sehingga petani pastinya berupa untuk bisa mendapatkan hasil panen timun yang berkualitas terbaik dan melimpah, oleh karena itu tidak sedikit para petani yang menggunakan fungisida untuk tanaman timun yang berfungsi melindungi tanaman dari ancaman penyakit dan hama.

Karena jika tanaman terserang oleh hama dan penyakit maka bisa menyebabkan gangguan pada pertumbuhan buah timun, nah untuk kamu yang tahu lebih jelasnya fungisida untuk tanaman timun bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Fungisida Untuk Tanaman Timun

 Fungisida Untuk Tanaman Timun

Timun yang memiliki cita rasa yang segar bahkan selain bermanfaat sebagai bahan pelengkap masakan namun timun juga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti membantu menurunkan tekanan darah, sehingga masyarakat yang bisa memulai hidup sehat dengan memakan sayuran yang satu ini.

Tidak hanya itu saja ternyata timun juga yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dari kalori gula  dan kalori sehingga tubuh menjadi lebih sehat, timun yang mengandung air didalamnya membantu mencegah dehidrasi tubuh.

Dimana penggunaan pestisida pada perlindungan tanaman adalah hal yang wajar untuk para bisnis pertanian tetapi pengguna juga yang harus melalui pengawasan yang ketat agar tidak merusak tanaman, fungisida untuk tanaman timun adalah upaya perlindungan andalan petani dan pada setiap petani memiliki merek andalannya.

Bahkan aktif yang terkandung di dalam fungisida untuk tanaman timun bisa membantu pemberantasan jamur, pada setiap bahan aktif mengandung bahan kimia melalui pengolahan canggih, sehingga tidak akan membahayakan tanaman pertanian dan bahkan terkadang petani timun yang masih ragu menggunakan pestisida untuk melindungi timun,

Dimana fungisida untuk tanaman timun ini yang tidak akan berbahaya jika petani menggunakan dosis pemakaian yang sesuai dan juga menyesuaikan dengan umur tanamannya, hal tersebut berlaku untuk pencegahan serta pemberantasan jamur patogen tanaman timun.

Dalam memilih fungisida untuk tanaman timun harus menyesuaikan dengan jenis gangguan dan juga jamur yang menyerang tanaman tersebut, sehingga untuk bisa menemukan bahan aktif yang pas dan tepat dalam mengatasi jamur petani yaitu harus mengetahui dengan gejala yang muncul.

Dalam melakukan pengecekan rutin pada lahan pertanian termasuk langkah pencegahan serta penanganan yang paling sederhana yang dilakukan oleh petani timun, biasanya petani yang melakukan pengecekan umumnya 2 hari sekali agar mengetahui keadaan tanaman timun yang secara langsung.

Pada saat musim hujan datang para petani yang harus mempunyai sistem irigasi yang baik agar mengalirkan air dengan baik dan tidak membendung, pada setiap air yang membendung bisa menimbulkan pertumbuhan jamur patogen dengan cepat pada tanaman.

Sehingga sebisa mungkin para petani tidak membuat lahan pertanian menjadi lembab dan basah berpotensi menimbulkan banyak jenis jamur tumbuh, untuk mengatasinya bisa dengan memanfaatkan bahan aktif dari fungisida untuk tanaman timun yaitu seperti:

Fungisida Taft 75 WP

 Fungisida Untuk Tanaman Timun

Fungisida taft 75 WP adalah pestisida terkenal bisa melindungi tanaman sayuran seperti cabe, timun, jagung, dan masih banyak lagi yang lainnya, dimana pestisida ini yang berasal dari pabrik PT. Saprotan Utama sehingga sudah banyak para petani mengenai pestisida yang satu ini.

Bahan aktif yang terdapat dalam taft 75 WP yaitu ada karbendazim 12% dan mankozeb 63% yang terkenal berperan untuk obat jamur yang sangat ampuh, fungsi mankozeb ini untuk membantu mencegah penyakit layu pada tanaman.

Sehingga dengan begitu tanaman yang akan terbebas dari penyakit layu fusarium, bercak daun dan juga masih banyak yang lainnya, untuk dosis penggunaannya yaitu sekitar 1 hingga 1.5 gr/liter air dan penggunaannya harus sesuai aturan pakainya dan untuk cara penggunaan dan dosisnya yang bisa dilihat dari kemasan produknya.

Cara pencampuran taft dengan mengaduk fungisida taft dengan air jernih dalam satu wadah setelah diaduk hingga larut bisa menambahkan perekat pestisida terbaik untuk membantu menambah daya rekat pada saat musim hujan untuk harga taft 75 WP sendiri yang terjangkau.

Fungisida Ridomil MZ 4 / 64 WG

Produsen pestisida yang terbaik sudah banyak dikenal oleh petani yaitu ada Ridomil MZ4 / 64 WG, ridomil adalah obat jamur terbaik untuk melindungi tanaman sayuran dan telah menjadi andalan para petani, ridomil yang memiliki bahan aktif didalamnya ampuh untuk membasmi pertumbuhan jamur yang tinggi pada saat musim hujan.

Dimana bahan aktif di dalam ridomil yaitu mankozeb 64 & dan mefenoksam 4% terkenal ampuh untuk membasmi jamur, untuk dosis pemakaian ridomil yaitu sekitar 1 hingga 2.5 gr/liter air pada tanaman sayuran, daun untuk penggunaan dosis ridomil sendiri bisa dilihat pada kemasan produk untuk jenis tanaman yang berbedanya.

Manfaat menggunakan ridomil untuk tanaman yaitu membantu membuat tanaman terbebas dari penyakit layu yang akibat jamur patogen, cara menggunakannya hanya dengan mencampurkan air dan fungisida sesuai dosis dan jenis tanamannya lalu aduk hingga merata dan sampai larut.

Selain itu petani juga yang bisa mengkombinasikan fungisida ridomil dengan perekat pestisida terbaik bertujuan agar tidak mudah luntur saat terkena air hujan, aplikasikan fungisida ridomil pada tanaman dengan cara menyemprotkan secara merata pada tanaman.

Fungisida Copcide 77 WP

Fungisida copcide adalah produk dari PT. Multi Sarana Indotani menjadi pestisida kontak terbaik di dalam melindungi tanaman pertanian, dimana copcide ini menjadi salah satu fungisida tahan hujan terbaik mengandung bahan aktif tembaga hidroksida berfungsi melindungi tanaman dengan baik.

Kegunaan fungisida copcide 77 WP ini yaitu melindungi tanaman seperti cabe, timun serta tanaman pertanian yang lainnya, dimana bahan aktif copcide tembaga hidroksida 77% yang mampu untuk melindungi tanaman sayur dan tanaman pertanian jenis lainnya dan untuk dosis penggunaannya yaitu sekitar 0.75 hingga 1.5 ml/liter.

Pemakaian fungisida copcide yang bisa melihat cara pemakaian dan dosisnya pada kemasan produk dan selain itu juga kombinasi copcide dengan perekat pestisida terbaik pada saat musim hujan yang sangat membantu, untuk cara aplikasinya yaitu dengan menyemprotkan dengan menggunakan sprayer.

Aplikasi copcide dengan mencampurkan air jernih dalam wadah lalu aduk hingga larut dan gunakan perekat pestisida terbaik di musim hujan agar pestisida menjadi lebih kuat pada saat terkena air hujan dan juga tidak akan mudah luntur, perlu diingat bahwa copcide 77 WP ini adalah bahan aktif fungisida tidak boleh dicampurkan dengan produk pertanian yang lainnya.

Sehingga membuat manfaat fungisida copcide ini bisa efektif membantu tanaman agar tumbuh sehat, dengan mencegah penyakit akibat jamur patogen tanaman dan untuk penyakit yang bisa diatasi oleh fungisida copcide yaitu layu fusarium, bercak daun serta masih banyak yang lainnya,

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan fungisida untuk tanaman timun yang bisa kamu ketahui dan bisa dicoba untuk membantu membasmi jamur patogen pada tanaman, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.