Thursday, 18 Jul 2024

Cara Agar Cendet Gacor Sepanjang Hari

6 minutes reading
Saturday, 21 Oct 2023 18:25 0 226 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Kamu tertarik untuk memelihara burung cendet, tetapi kamu tidak tahu dengan cara agar cendet gacor sepanjang hari? Maka jangan khawatir kamu bisa mempelajari caranya hanya dengan menyimak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Sama seperti burung kicau yang pada umumnya pada saat kamu berencana memutuskan untuk memelihara burung cendet, kamu sebagai pemiliknya harus mengetahui tentang burung cendet tersebut hingga dengan cara merawatnya yang baik dan benar.

Burung cendet memiliki banyak sekali penggemarnya karena burung ini memiliki suara kicau yang sangat khas dan juga meru sehingga banyak disukai orang, selain itu burung cendet juga yang bisa menirukan suara burung lainnya bahkan suara binatang lain atau suara yang mereka dengar.

Dengan nyanyiannya yang sangat variatif, burung cendet ini mempunyai keunikan ada pekik ikannya yang sangat melengking tajam dengan nada harmonis, burung cendet delain mampu menirukan suara kicauan burung lain burung ini juga memiliki daya tarik dari keagresifannya sebagai predator.

Mayoritas burung cendet yang dipelihara pecinta burung merupakan hasil tangkapan alam sehingga membutuhkan kesabaran yang extra dalam menjinakkan burung tersebut, selain itu juga dalam membuat burung menjadi gacor juga membutuhkan kesabaran dan juga konsisten.

Lalu bagaimana dengan cara agar cendet gacor sepanjang hari? Untuk mengetahui dengan cara merawat burung cendet yang baik dan benar agar bisa menjadi lebih gacor maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Cara Agar Cendet Gacor Sepanjang Hari

Cara Agar Cendet Gacor Sepanjang Hari

Burung cendet terkenal sebagai burung kicau dengan suara merdunya dan bahkan bisa menirukan suara binatang yang lainnya, sehingga tidak heran jika burung yang satu ini memiliki banyak peminatnya untuk dijadikan sebagai hewan peliharan.

Burung cendet sedikit berbeda dengan burung kicau pada umumnya karena habitat aslinya di hutan penuh dengan pepohonan lebat, sehingga mereka lebih menyukai makanan serangga, buah-buahan dan juga biji-bijian di hutan, serta memiliki jiwa petarung yang tinggi.

Untuk kamu yang mulai tertarik untuk memelihara burung cendet, maka sangat penting untuk mempelajari atau mengetahui dengan bagaimana cara merawat dan menjaga burung cendet agar tetap sehat dan juga gacor sepanjang harinya.

Nah untuk cara agar cendet gacor sepanjang hari yaitu sebagai berikut:

Dengan Memahami Karakternya

Biasanya burung cendet di habitat aslinya mereka jenis hewan dengan memiliki daerah teritori yang berarti memiliki jiwa petarung serta tidak segan mengajak tempur burung lainnya jika mengusik wilayahnya, burung cendet memiliki paruh yang kuat dan juga tebal semakin tebal maka akan semakin keras juga suara kicaunya.

Sehingga jika mencari burung cendet yang gacor bisa memilih paruhnya yang tebal, burung cendet terkenal mampu beradaptasi dengan cepat, walaupun demikian burung tersebut terkenal galak sehingga membutuhkan upaya lebih untuk menjinakkannya ditambah lagi paruhnya tajam dapat melukai pemiliknya dan disarankan memilih burung cendet anakan agar lebih mudah menjinakkannya.

Menentukan Jenis Kelamin

Pada saat akan memelihara burung cendet bisa bersuara gacor yang harus menentukan jenis kelamin karena burung cendet jantan biasanya memiliki suara gacor dibandingkan burung cendet betina, sehingga pilih lah jenis kelamin jantan.

Dengan memilih jenis kelamin jantan akan memudahkan kamu untuk menentukan atau memilih burung cendet mana yang akan diikutsertakan dalam perlombaan, ciri-ciri burung cendet jantan memiliki warna burung cenderung hitam gelap dan sangat aktif  bersuara.

Memperhatikan Kebersihan Sangkar

Pastikan untuk selalu memperhatikan kebersihan sangkar karena hal ini sangat penting dan bisa mempengaruhi burung cendet, kamu juga bisa dengan menaruh sangkar burung cendet dekat pohon agar lebih mirip dengan habitat aslinya.

Burung cendet yang tentunya akan membuat kotorannya dalam sangkar sehingga kamu sebagai pemiliknya harus membersihkan sangkar secara rutin setiap harinya, dengan sangkar bersih yang tentu saja kesehatan burung yang akan semakin terjaga dan pastikan juga membersihkan tempat makan, minum hingga kayu tempat bertenggernya.

Memberikan Makanan yang Berprotein Tinggi

Untuk cara agar cendet gacor sepanjang hari yaitu dengan memberikan makanan yang berprotein tinggi kamu bisa dengan memberikan voer dengan kadar protein sedang yaitu sekitar 12 hingga 18%, sediakan voer di cepuknya dan juga selalu menggantinya minimal dalam sekali dua hari.

Untuk kamu yang ingin meracik pakannya sendiri maka bisa dengan menggunakan campuran dari ikan, telur, tahu, dan juga berbagai sayuran yang disukai burung cendet seperti jagung atau tomat, burung cendet juga yang menyukai buah-buahan seperti pepaya, apel, dan juga pisang.

Memandikan dan Menjemur

Terdapat perawatan harian yang harus dilakukan secara konsisten sama seperti kebanyakan burung kicau termasuk burung cendet yang harus dimandikan dan juga di jemur, caranya burung cendet di angin-anginkan di teras pagi hari sekitar jam 7, kemudian memandikan burung dengan menggunakan metode yang biasa digunakan.

Jangan lupa untuk membersihkan sangkar dan ganti atau menambah voer serta air minuman di ceruknya, antara pukul 7 hingga 8 pagi burung bisa melakukan penjemuran dilakukan selama 1 hingga 2 jam dan usahakan burung tidak melihat burung cendet yang lainnya dalam proses penjemuran dan bisa melakukan penjemuran lagi di sore hari.

Memberikan Extra Fooding

Selain dengan memberikan voer yang memiliki kandungan protein pas, kamu dapat memberikan extra fooding atau makanan tambahan sangat baik untuk tumbuh kembang burung cendet, beragam extra fooding bisa kamu berikan yaitu jangkrik, kroto, orong-orong, cacing, ulat hongkong, cacing, ulat bambu, belalang, kelabang dan lainnya.

Kamu bisa memberikan jangkrik setiap hari yang bisa ditaruh di cepuknya, berikan 1 sendok kroto maksimal dalam 2 kali seminggu serta berikan 1 ekor jua dua kali dalam seminggu, selain itu juga memberikan vitamin seperti supervit 1 kali seminggu dan bisa juga memberikan jamu seminggu sekali.

Melakukan Pemasteran

Selanjutnya untuk cara agar cendet gacor sepanjang hari yaitu dengan melakukan pemasteran dan cara yang satu ini merupakan hal yang sangat wajib, kamu bisa dengan menggunakan suara burung dengan format MP3 atau yang lainnya setiap harinya.

Kamu bisa dengan mendengarkan suara burung lainnya setiap hari dan dalam seharinya kamu bisa menemukan file MP3 dengan volume pelan dan diulang dalam 5 sampai 7 kali, setelah 1 minggu kamu bisa mengganti suara master lainnya agar lebih variatif, disarankan juga melakukan pemasteran lebih sering saat burung cendet mabung.

Memberikan Perawatan Saat Burung Drop

Terkadang burung cendet yang mengalami drop dan hal ini yang tentunya membutuhkan perawatan khusus, dengan memberikan perawatan saat burung cendet drop menjadi salah satu hal yang sangat penting kamu harus lakukan.

Bisa dengan meningkatkan pori jangkrik setiap harinya, tidak hanya jangkrik saja namun kroto juga bisa diberikan setiap hari dan lainnya, kurangi memandikan burung untuk sementara waktu hanya cukup sekali dalam 2 hari, proses penjemuran ditingkatkan serta memberikan vitamin setiap harinya.

Dengan Menaruhnya di Tempat Tinggi

Untuk cara agar cendet gacor sepanjang hari terakhir yaitu dengan menaruh burung cendet di tempat tinggi yang berguna untuk melatih mental mereka agar suaranya menjadi lebih keluar, pastikan juga pada saat menyimpan burung cendet di tempat tinggi jauh dari hewan predator.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara agar cendet gacor sepanjang hari yang bisa kamu ketahui dan juga bisa kamu lakukan dengan mudah dan konsisten agar mendapatkan hasil maksimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.