Saturday, 22 Jun 2024

Waktu Yang Tepat Menggunakan Test Pack Setelah Berhubungan

7 minutes reading
Saturday, 21 Oct 2023 18:22 0 234 Muti Karya

Nesiaverse.com- Setelah melakukan aktivitas berhubungan suami istri, ada beberapa waktu yang tepat untuk menggunakan test pack. Test pack atau tespek merupakan salah satu alat tes kehamilan, test pack ini seringkali digunakan untuk mendeteksi kehamilan secara mandiri. Selain itu pengguna nya juga sangat praktis sehingga diandalkan bagi para pasangan suami istri yang mendambakan kehadiran seorang buah hati. Namun, dalam menggunakan test pack ini, adakah waktu tertentu dilakukannya setelah berhubungan 

Penggunaannya yang praktis, membuat test pack ini diandalkan oleh banyak orang. Selain itu alat satu ini cukup mudah untuk ditemukan di apotek, swalayan juga. Meskipun sederhana penggunaannya, ada beberapa waktu yang harus diperhatikan dalam menggunakan test pack secara tepat, sehingga hasilnya akan sangat akurat. Maka, penting untuk mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan test pack setelah berhubungan intim. 

 Waktu Yang Tepat Menggunakan Test Pack Setelah Berhubungan 

Waktu Yang Tepat Menggunakan Test Pack Setelah Berhubungan

Cara kerja dari test pack sebagai alat tes kehamilan memang sudah umum digunakan. Hal ini adalah salah satu langkah praktis untuk medeteksi kehamilans ecara mandiri. Dalam kerja test pack ini adalah dengan cara mendeteksi hormon hCG atau Human Chorionic Gonadotropin, yang mana hormon hCG ini terdapat di dalam urine. Hormon hCG ini adalah hormon kehamilan, yang mana dihasilkan oleh sel-sel yang terbentuk di dalam plasenta, setelah sel telur berhasil dibuahi dan mulai menempel di dinding rahim.

Dalam kondisi tersebut, nantinya kadar hormon hCG akan meningkat hingga mencapai 20 mIU/hCG pada hari ke-7 hingga hari ke-10 dari pasca ovulasi dan mampu meningkat hingga 3 kali lipat dalam 2 hingga 3 hari selama masa kehamilan tersebut.

Nah sementara untuk waktu yang tepat menggunakan test pack setelah berhubungan badan, adalah dengan mengutamakan adanya tanda-tanda kehamilan terlebih dahulu. Jika kamu sudah merasakan adanya tanda-tanda kehamilan setelah melakukan hubungan badan, misalnya seperti menstruasi yang telat, kram, morning sickness atau mual-mual, perubahan pada payudara dan sebagainya. Maka, kamu dianjurkan untuk melakukan tes kehamilan, salah satu menggunakan test pack.

Cara menggunakan test pack sendiri memang tidak disarankan dilakukan beberapa hari setelah kamu berhubungan intim, karena hasilnya memang bisa saja negatif. Karena hormon hCG atu hormon kehamilan ini baru terbentuk dengan kadar yang sangat rendah, sehingga melakukan tes kehamilan menggunakan test pack setelah beberapa hari melakukan hubungan badan tidak akan akurat. 

Kemudian, dalam menggunakan alat tes kehamilan sendiri adalah minimal dua hari pertama kamu mengetahui bahwa terjadinya keterlambatan hair , di sekitar 2 minggu setelah kamu melakukan hubungan badan. Jika kamu ingin mendapatkan hasil test pack yang akurat, maka lakukan tes setelah kamu terlambat datang menstruasi selama 1 hingga 2 minggu lamanya. Selain itu kamu dapat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack ini di pagi hari, tepatnya setelah bantun tidur. Karena, kondisi urine pertama di pagi hari dalam keadaan yang masih pekat. Sehingga Hasilnya nanti akan menjadi lebih akurat lagi. 

Sebaliknya, kamu disarankan untuk menghindari melakukan tes kehamilan di siang hari, hal ini mampu mempengaruhi hasil test, karena konsistensi dari urine sendiri cenderung lebih encer atau tidak pekat. Sehingga nantinya hormon hCG akan sulit terdeteksi, dan hasil yang keluar tentunya tidak akurat. 

Kamu haruslah paham cara kerja dari test pack untuk mendeteksi kehamilan seseorang. Adapun beberapa jenis test pack yang bisa kamu ketahui. Karena setiap produk test pack sendiri memiliki instruksi penggunaan yang cukup berbeda-beda. Sehingga penting untuk mengetahui cara menggunakannya. 

Test Pack Strip

Test pack pertama adalah alat uji kehamilan dengan bentuk strip plastik, yang mana digunakan dengan cara mencelupkan strip ke dalam urine yang kamu tampung sebelumnya. Lakukanlah di pagi hari. 

Pregnancy Cassette Test

Adalah test pack dengan bentuk stick yang digunakan dengan cara meneteskan urine ke tempat tetesan urin, yang mana ada di dalam alat tersebut

Test Pack Digital 

Terakhir, kamu dapat menggunakan test pack digital, merupakan cara kerja alat uji kehamilan yang memiliki layar digital yang mampu menunjukkan hasil tes. Dimana nantinya ada keterangan “hamil” atau “ tidak hamil”.

Setelah mengetahui jenis test pack, kamu harus memahami cara kerja dari test pack tersebut. Sehingga dalam penggunaannya akan memberikan hasil yang akurat. Kamu harus memastikan untuk mengecek tanggal kadaluarsa dan petunjuk dari jenis test pack yang digunakan. Karena, setiap alat tes kehamilan memiliki cara penggunaan test pack yang berbeda-beda. 

Yang terpenting, kamu sudah mengumpulkan sampel urine ke dalam wadahnya, kemudian pastikan menggunakan sampel urine yang digunakan sebaiknya dari pancaran urine tengah atau mid stream urine. Jadi buanglah terlebih dahulu pacaran ala urine kamu, kemudian tampunglah urine tengah dengan buang pancaran urine terakhir juga. 

Dalam menggunakan test pack kehamilan ini, kamu hanya perlu mencelupkan atau meneteskan urine ke alat test pack tersebut. Melakukan cara tersebut dalam jangka waktu 5 hingga 10 detik lamana. Maka, hasil test pack ini biasanya akan muncul dalam beberapa menit tertentu. Hal ini tergantung dengan jenis dan mereka dari alat test pack yang kamu gunakan. Hal ini juga yang menentukan keakuratan suatu alat tes kehamilan yang kamu gunakan tersebut. 

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan test pack setelah berhubungan intim, mengetahui jenis-jenis test pack dan cara menggunakannya. Tentunya hal terpenting yang harus kamu ketahui adalah cara untuk membaca hasil tes kehamilan tersebut. Karena percuma kamu menggunakannya alatnya jika tidak mengetahui atau memahami hasil dari test pack tersebut. 

Apabila positif hamil, maka alat tes kehamilan akan menunjukan hasil dengan 2 garis merah, hal ini berlaku dalam penggunaan test pack jensi stripe. Kemudian ada keterangan “hamil” pada test pack jenis digital. Sebaliknya, jika hasilnya menunjukan garis satu pada jenis test pack stripe, maka kamu tidak hamil atau negatif. Kemudian ada keterangan “ tidak hamil” pada test pack digital, tandanya kamu negatif atau belum hamil. 

Kemudian bagaimana dengan hasil tes garis dua namun salah satu stripenya dalam kondisi yans samar dan tidak jelas? Nah, kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa kadar hormon hCG di urine kamu belum cukup tinggi. Hal ini bisa terjadi ketika kamu menggunakan alat uji kehamilan atau test pack terlalu dini selain itu kondisi urine yang dalam keadaan yang tidak baik juga menjadi salah satu penyebabnya. 

Alat tes kehamilan memang memiliki keakuratannya tersendiri. Maksudnya memiliki tingkat akurasi yang tinggi, namun juga memiliki kemungkinan dimana dapat menunjukan hasil yang salah. Test pack mampu menunjukan hasil positif, ketika kamu tidak dalam kondisi hamil atau positif palsu. Ataupun dimana menampilkan hasil negatif, padahal kamu sedang hamil atau negatif palsu.

Hasil dari positif palsu ini umumnya terjadi pada wanita yang umumnya menjalani aktivitas terapi kesuburan atau pernah mengalami keguguran di awal masa kehamilannya. Selain itu, hasil negatif palsu dapat terjadi dikarenakan tes yang dilakukan terlalu dini, dimana hormon hCg tidak dapat terdeteksi secara optimal. 

Nah, berikut beberapa faktor yang mampu mempengaruhi tingkat akurasi dari penggunaan test pack yang harus kamu ketahui. 

Tingkat akurasi dari alat uji kehamilan ini diklaim mampu mencapai 99%, namun sebaiknya kamu tetap harus melakukan pemeriksaan ke dokter setelah mendapatkan hasil positif, hal ini guna untuk memastikan kehamilan. Nah, berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi akurasi dari tes ini. 

  • Kecermatan dalam mengikuti intrusi dari penggunaan alat tes kehamilan atau test pack
  • Sensitivitas dari alat tes, gunakanlah kualitas yang paling baik. 
  • Kecepatan dalam proses implantasi
  • Waktu penggunaan alat uji kehamilan, dimana kami sudah menjelaskan kamu disarankan melakukan tes kehamilan di pagi hari, ketika kondisi hormon hCG dalam kondisi padat. 

Nah jika hasil yang lebih akurat, kamu dapat melakukan check langsung sekaligus melakukan konsultasi terhadap aslinya. Demikian pembahasan mengenai waktu yang tepat untuk menggunakan test pack setelah melakukan hubungan badan. 

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, maka kamu bisa dengan mudah mengetahui kondisi kehamilan secara akurat. Jangan kamu melakukan tes menggunakan test pack di waktu yang tidak tepat, karena hasil yang tidak akurat dan tentunya akan menghabiskan banyak alat test pack dan bernilai mubazir. Gunakanlah di waktu yang tepat, sehingga hasilnya akurat dan tidak menghabiskan banyak alat tes kehamilan sekali pakai.