Cara Mengetahui Usia Kehamilan Kucing

5 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 04:43 0 138 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara mengetahui usia kehamilan kucing? Sebagai persiapan atau antisipasi saat kucing akan melahirkan. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu penasaran dan ingin mengetahui usia kehamilan kucing kamu.

Sama halnya seperti manusia, kucing juga memiliki nafsu atau birahi untuk bercinta dengan lawan jenisnya. Sehingga hal itu juga dapat membuatnya hamil atau mengandung dan juga melahirkan serta memiliki anak-anak kucing yang lucu dan gemy.

Sesama makhluk hidup tentunya akan mengalami beberapa hal yang sama, walaupun memang tidak sepenuhnya sama dari segala aspeknya. Sangat menarik bukan? Sebagai orang yang cukup penasaran mengenai makhluk hidup tentu kamu akan mencari informasi mengenai hal itu.

Salah satunya adalah cara mengetahui usia kehamilan kucing peliharaan kamu. Sebagai majikan yang pengertian dan bijak pastinya akan mempelajari terlebih dahulu mengenai hal itu kan? Nah, disini akan menjelaskan atau memberi beberapa informasi terkait hal itu. Jadi simaklah penjelasannya dibawah ini!

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Kucing

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Kucing

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu tentang kehamilan kucing. Siapa tau ada beberapa hal yang belum kamu pahami mengenai kucing yang sedang hamil itu bagaimana dan gimana.

Kucing yang hamil akan terlihat buncit atau perutnya membesar seperti halnya manusia. Itulah ciri yang paling umumnya yang bisa kamu ketahui. Tapi ada lagi selain hanya karena perutnya yang membesar, seperti kucing kamu mulai nafsu makan melebihi porsi makan yang biasanya.

Perubahan sikapnya pun mulai terlihat kalau kucing kamu sedang hamil, seperti lebih manja kepada pemiliknya, lebih sensitif juga sebagai bentuk atau tanda bahwa kucing kamu sedang melindungi diri dari bahaya yang sekiranya mengancam kehamilan dia, jadi lebih berhati-hati.

Tapi jarang banget kan ada yang bisa mengetahui usia kehamilan si kucing kalau bukan periksa langsung ke dokter hewan? Nah, kamu sebagai majikan perlu untuk mengetahui hal itu dengan cara yang akan dituliskan dibawah ini yang dilansir dari buku panduan memelihara kucing persia karya Bayu R.Susetyo (2007;348) adalah sebagai berikut:

  1. Awal Kehamilan Kucing, biasanya memiliki tanda pada berbagai perubahan fisik maupun perilaku sejak usia 2 minggu kehamilan. Hal ini bisa ditandai dengan perubahan kelenjar susunya yang mulai membesar atau perilakunya yang makin sensitif dan manja.
  2. Minggu ke 2 atau bisa juga disebut masa estrus berakhir. Estrus adalah masa atau puncak birahi pada kucing yang sudah dikawinkan, jika masa ini akan berlangsung selama 3-8 hari. Nah, jika kucing kamu menunjukan perilaku seperti ini atau tidak akan melakukan kawin lagi berarti kucing kamu sudah mulai mengandung, dengan begitu masa estrus pun berakhir. Selain itu juga pada minggu kedua ini kamu bisa membawanya ke dokter hewan untuk di USG atau Rontgen guna memeriksa bayi kucing didalam kandungan serta memperlihatkan detak jantung si janin kucing.
  3. Minggu ke 3 ini ditandai dengan puting si induk mulai mengalami perubahan warna lebih gelap atau biasa disebut pinking up.
  4. Minggu ke 4 adalah masa dimana kucing kamu akan mulai mengalami mual di pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness sehingga membuatnya enggan untuk makan dan hal ini bisa terjadi sepanjang pagi hari. Selain itu juga pada minggu ke 4 ini biasanya perut kucing akan mulai terlihat membengkak sebagai tanda bahwa ini adalah masa kehamilan yang cukup matang atau sudah dalam tahap pertengahan kehamilan. Hindari menyentuh atau mendorong perut si kucing untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu pada minggu ke 4 kehamilan si kucing ini membuat berat badannya meningkat karena sudah mulai nafsu makan kembali.
  5. Minggu ke 5, pada usia kehamilan ini kamu juga bisa melakukan atau pergi ke dokter hewan untuk konsultasi supaya lebih jelas dengan melakukan USG lagi untuk yang kedua kalinya. Hal ini dilakukan supaya bisa mengetahui jumlah anak yang ada dalam kandungannya.
  6. Minggu ke 6 ini bisa ditandai dengan perubahan perilaku atau kebiasaan yang mulai sering mendekur saat tidur dan perilakunya yang makin manja penuh dengan kasih sayang. Sering-seringlah untuk memanjakannya, mengelusnya setiap saat agar tidak membuatnya cemas dan gelisah karena akan mendekati masa-masa kelahiran.
  7. Minggu ke 7 adalah masa dimana kucing kamu lebih banyak beristirahat dan tidur sepanjang hari, hal ini terjadi untuk persiapan menyimpan energi atau mengumpulkan energi karena sudah mendekati masa persalinan dan melahirkan.

Maka dari itu persiapkan diri kamu untuk lebih memperhatikan dan merawatnya dengan ekstra lagi. Berilah dan persiapkan berbagai macam vitamin dan pakan yang baik untuk induk menyusui supaya bayi-bayinya nanti mendapatkan ASI yang banyak dan baik untuk pertumbuhan si bayi kucing.

Jangan lupa memberikan asupan vitamin harian untuk si induk juga agar membuatnya lebih sehat serta dapat memproduksi ASI yang  lebih berkualitas dan mengandung banyak nutrisi dan gizi yang seimbang untuk pertumbuhan si bayi kucing. Sehingga keduanya akan senantiasa sehat.

Itulah beberapa cara mengetahui usia kehamilan kucing yang harus kamu ketahui guna untuk menambah ilmu mengenai kucing sebelum kamu merawat kucing kamu yang akan hamil nanti. Sangat perlu untuk kamu ketahui, walaupun itu hanya hewan peliharaan kamu sendiri.

Sayangi kucing peliharaan kamu sebagaimana kamu juga menyayangi manusia pada umumnya, karena kucing juga bisa merasakan kasih sayang yang kamu berikan kepadanya, sehingga membuat dia nyaman berada didekat kamu. Good Luck semoga membantu.

x