Cara Membuat Tempat Untuk Kucing Melahirkan

5 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 04:41 0 110 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Gimana sih cara membuat tempat untuk kucing melahirkan? Keadaan yang sangat darurat dan membutuhkan pertolongan segera. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu tidak tahu bagaimana cara membuat tempat untuk si kucing melahirkan.

Panik banget gak sih kalo kucing kamu tiba-tiba mau melahirkan tanpa persiapan apapun? Pastinya panik banget kan, soalnya belum prepare nyiapin ini itu terus kamunya juga gak tau jadwal yang pasti tentang si kucing kapan ngelahirinnya.

Bikin kamu harus muter otak mikirin gimana caranya takut salah, takut gak ngebantu sama sekali dan kalaupun dibawa ke dokter hewan udah telat banget. Mau gak mau kamu harus gercep buat nolongin si kucing dan nyiapin segala keperluannya.

Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara membuat tempat untuk kucing melahirkan secara singkat, padat, dan jelas biar kamu dapat memahami dengan mudah. Simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Cara Membuat Tempat Untuk Kucing Melahirkan

Cara Membuat Tempat Untuk Kucing Melahirkan

Sebelum itu ada yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu, yaitu selalu mengecek kondisi si induk selama kehamilan dan selalu pastikan bahwa induknya sehat serta mendapatkan asupan nutrisi yang cukup supaya saat melahirkan dapat berjalan dengan lancar.

Sangat penting untuk mengetahui usia kehamilan kucing kamu agar kamu bisa mengetahui waktu yang tepat untuknya melahirkan, sehingga tidak ada lagi moment dimana si kucing melahirkan di waktu yang mendadak banget, lebih tepatnya kamu tidak dapat memprediksi.

Pastinya membuat kamu kerepotan juga, selain itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Makanya kamu sebagai majikan yang bijak, pastikan untuk selalu mengetahui terlebih dahulu atau konsultasi ke dokter hewan jika diperlukan.

Dengan begitu kamu dapat merawat si kucing yang sedang mengandung sampai dia melahirkan dengan baik dan selamat. Induknya sehat, anak-anaknya pun terlahir dengan sehat dan selamat. Itulah pentingnya kamu dalam merawat si kucing selama kehamilan.

Buat kamu yang memang ingin menyiapkannya sendiri atau membuatkan tempat untuk kucing kamu melahirkan di rumah, bisa nih baca cara-caranya dibawah ini! Berikut adalah cara-caranya:

Mencari Tempat Yang Aman

Langkah yang pertama adalah mencari tempat yang aman. Hal utama yang harus kamu lakukan dulu adalah dengan mencari tempat yang aman dari jangkauan kucing liar dan anak-anak. Lebih tepatnya tempat yang aman, tenang, dan nyaman untuk kucing kamu melahirkan. Dengan begitu si kucing pun bisa melahirkan dengan lancar tanpa ada gangguan dari luar.

Usahakan tempatnya cukup luas dan suhu ruangannya tidak dingin, karena itu akan mempengaruhi anaknya nanti saat sudah keluar. Ruangan yang hangat akan membuat si kucing tidak menggigil kedinginan, hindari juga ruangan ber AC. Pokoknya kamu pastikan tempat atau ruangan itu cukup nyaman dan suhu ruangannya pas untuk si kucing melahirkan.

Siapkan Kardus Besar

Langkah yang kedua adalah menyiapkan kardus yang cukup besar untuk si kucing tempati. Saat kucing kamu ingin melahirkan, kamu bisa menyediakan kardus yang cukup besar dan muat untuk si kucing tempati beserta anak-anaknya nanti saat lahir. Menggunakan kardus adalah hal yang tepat, karena bisa langsung dibuang nantinya saat selesai melahirkan.

Sediakan kardus besar yang sudah kamu kasih hamparan kain dan bantal bekas yang kecil untuk seukuran induk kucing supaya membuatnya lebih nyaman saat melahirkan. Pastikan semuanya bersih, jangan menggunakan kardus dan kain yang kotor, karena kuman dapat menempel pada bayi kucing saat nanti lahir.

Kamu bisa menempatkannya ke dalam kardus yang sudah diisi bantal dan kain, lalu tunggu sampai si kucing akan mulai untuk melahirkan anaknya sampai selesai. Sebisa mungkin kamu juga membantunya dengan cara memegangi kaki bagian bawahnya supaya bisa terbuka dengan baik alat kelaminnya, sehingga mempermudah kucing melahirkan.

Lakukan secara hati-hati jangan sampai membuka nya terlalu lebar, secara perlahan saja. Nah, jika kucing kamu sudah selesai melahirkan, kamu segera membersihkan tempatnya yang penuh darah dan ganti juga kainnya dengan yang baru untuk sementara sebelum kamu bawa ke rumah. Pastikan semuanya telah kamu bersihkan bekas-bekas darah saat melahirkan.

Menyediakan Berbagai Kebutuhan

Langkah yang terakhir adalah menyediakan berbagai keperluan atau kebutuhannya. Jika kucing kamu sudah melahirkan dan kamu juga sudah membersihkan semua bekas si kucing melahirkan, kamu bisa memindahkannya ke kardus cadangan yang bersih. Dengan begitu kamu dapat membawanya kerumah.

Setelah kamu bawa ke rumah, sediakanlah tempat tinggal untuk induk beserta anak-anaknya di ruangan yang cukup luas untuk kucing-kucing kamu supaya bisa menyusui dengan tenang. Kamu juga bisa memberinya kasur mini untuk induk dan anak-anaknya saat ingin menyusui biar lebih nyaman untuk mereka tempati.

Sediakan juga beberapa vitamin untuk induk menyusui dan pakan yang bagus untuk mengisi nutrisi induknya agar produksi ASI si induk banyak. Sehingga anak-anaknya akan menyusu dengan baik dan kenyang. Induknya pun akan terus ternutrisi dengan memberinya makanan serta vitamin yang seimbang.

Jangan lupa juga menyediakan susu formula untuk jaga-jaga saat usianya sudah 4 minggu dan induknya akan mulai melepas anak-anaknya untuk tidak menyusu lagi atau jika ada kondisi dimana induknya tidak ingin menyusui anaknya. Dengan begitu kamu bisa pakai susu formula sebagai gantinya, agar anaknya ternutrisi dengan baik.

Itulah beberapa cara membuat tempat untuk kucing melahirkan yang mungkin perlu kamu ketahui dan lakukan saat kucing kamu akan melahirkan. Berilah tempat yang nyaman untuknya melahirkan supaya dapat melahirkan dengan baik.

Pastikan kucing kamu melahirkan dengan aman, pantau terus sampai selesai dan menjaganya dari kucing liar yang masuk atau dari anak-anak yang kepo dan mengganggu si kucing saat melahirkan. Good Luck semoga membantu.

x