Monday, 17 Jun 2024

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Pup Sembarangan

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 04:37 0 84 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Gimana sih cara melatih kucing agar tidak pup sembarangan? Membuat kamu resah dan pusing menghadapinya. Langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengatasi hal itu supaya tidak terjadi dan agar si kucing juga bisa terlatih.

Sering banget kucing kamu suka pup sembarangan dimana saja ya kan? Membuat kamu sangat jengkel karena pupnya ada dimana-mana dan itu sangat mengganggu disebabkan oleh aroma bau pupnya yang semerbak. Memikirkannya saja sudah membuat kamu pusing dan stres.

Tapi itu sudah menjadi resiko kamu saat ingin memelihara kucing di rumah dan sudah kewajiban kamu juga untuk mengurus dan merawat semuanya sampai ke permasalahan pupnya juga harus kamu sendiri yang mengurusnya. Tentu sangat melelahkan, bukan main capeknya.

Tapi jangan khawatir dulu! Kamu bisa kok melatihnya supaya tidak pup sembarangan lagi. Nah, disini akan memberikan beberapa cara untuk melatihnya agar tidak pup sembarangan. Jadi simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama agar kamu dapat memahaminya!

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Pup Sembarangan

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Pup Sembarangan

Bukan hal yang aneh lagi jika kucing yang baru saja di adopsi oleh kamu, mereka akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya yang masih terasa asing baginya, terutama di lingkungan rumah kamu.

Maka dari itu kamu harus memperkenalkan lingkungan barunya terlebih dahulu pada kucing kamu. Lakukan dengan perlahan saja, jangan terlalu memaksakan supaya kucing kamu juga merasa nyaman dan jangan membuatnya ketakutan juga.

Berikan juga tempat tinggal yang cukup luas untuknya di rumah kamu, dengan begitu kamu bisa membiasakan si kucing untuk terbiasa di tempat tinggal yang sudah kamu sediakan dan akan menjadi habitat baru untuknya.

Dengan begitu kucing kamu akan mulai beradaptasi dan mengenali berbagai sudut ruangan rumah kamu dengan baik. Nah, kalau sudah seperti ini kamu baru bisa mulai melatihnya supaya tidak pup sembarangan! Berikut adalah caranya:

Membiasakan Untuk Pergi ke Toilet

Cara yang pertama adalah dengan membiarkannya terlebih dahulu untuk pergi ke toilet. Nah, setelah kucing kamu sudah dapat mengenali berbagai sudut ruangan di rumah kamu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, selanjutnya adalah dengan mengajaknya untuk sering-sering masuk ke dalam kamar mandi atau toilet rumah kamu.

Caranya kamu bisa dengan mengurungnya di kamar mandi atau toilet dalam beberapa jam supaya dia bisa beradaptasi di dalam kamar mandi. Memang terdengar sangat ekstrim, tapi ini masih dibatas kata wajar kok! Jadi kamu tidak perlu khawatir akan hal itu. Dengan cara untuk mengurungnya akan membuat si kucing mau gak mau harus pup di toilet.

Jika kucing kamu berhasil pup di dalam kamar mandi atau toilet, itu akan membuatnya terbiasa untuk pup di area yang sudah di tandai untuk pup. Dengan begitu, ketika si kucing tiap ingin pup akan langsung menuju ke kamar mandi atau toilet rumah kamu. Kamu tidak akan merasa cemas lagi si kucing akan pup di sembarang tempat.

Selain itu ada cara lain juga untuk membuatnya terbiasa pergi ke toilet dengan cara diiming-imingi cemilan kesukaannya, jika kamu tidak tega dengan cara mengurungnya. Kamu hanya perlu mengambil cemilan kesukaan lalu sembari jalan menuju toilet berulang-ulang kali sampai sudah terbiasa pergi ke toilet tanpa diiming-iming cemilan.

Bisa juga dengan cara kamu mengajaknya ke toilet saat kamu melihat si kucing sudah mulai menunjukan tanda bawah dia akan pup, seperti mengendus-endus lantai atau gerakan seperti ingin menggali tanah. Dengan begitu kamu bisa langsung membawanya ke toilet supaya dia pup disana, lakukan sesering mungkin sampai terbiasa.

Mengajarkan Pup di Kotak Pasir

Cara selanjutnya adalah dengan melatih atau mengajarkan si kucing pup di kotak pasir atau litter box. Hal ini lakukan supaya si kucing merasa seperti pup yang biasa dia lakukan sebelumnya untuk pup di tanah. Dengan begitu kamu cukup membuatkan suasana yang sama juga, saat-saat dimana dia hidup di alam luar dan pup dengan cara menggali tanah.

Kamu bisa menyediakan litter box yang cukup besar untuk bisa dia masuk ke dalamnya, lalu kamu isi dengan pasir khusus si kucing pup dan pipis merk apapun. Kamu bisa membelinya di petshop atau di olshop manapun dengan banyak varian aroma pasir yang kamu bisa pilih sesuai selera. Cukup isi setengah dari litter boxnya saja, jangan diisi full.

Bebas bisa kamu simpan dimana saja, mau didalam kamar mandi atau di ruang khusus yang sudah kamu berikan sebagai tempat tinggal kucing kamu juga bisa. Nah, pindahkan si kucing untuk naik atau masuk kedalam litter box, biarkan dia untuk beradaptasi terlebih dahulu dengan mengendus-ngendus aromanya dan mulai mengorek-ngorek atau menjualnya.

Jika kucing kamu sudah mulai buang air atau pup di dalam litter box, tandanya dia sudah mulai terbiasa dengan pasir itu dan sudah menandai area yang dia buat sebagai tempatnya untuk pup serta pipisnya. Dengan begitu kucing kamu akan terbiasa untuk pup disana dengan sendirinya tanpa perlu khawatir akan pup sembarangan lagi.

Pastikan juga kamu selalu rutin membersihkan litter boxnya dan mengganti pasirnya jika dirasa sudah penuh dengan pup si kucing supaya bersih dan membuat si kucing nyaman juga. Gunakan sekop yang sudah disediakan saat kamu membeli litter boxnya, ambil pasir yang sudah menggumpal karena pup dan pipisnya ke dalam kresek.

Buanglah keluar supaya tidak bau, dengan begitu kamu bisa mengisi ulang pasirnya dengan yang baru. Jangan membiarkannya kotor karena jarang dibersihkan, itu akan membuat kucing kamu tidak mau pup disana lagi sehingga membuatnya pup sembarangan kembali. Jadi selalu perhatikan kebersihannya juga ya! Sebagai majikan yang bijak dan baik pastinya.

Bukan hanya manusia, tapi kucing kamu juga suka kebersihan. Selain itu dapat menghindari dari berbagai penyakit juga yang berkembang biak ditumpukan pupnya dan itu akan membuat kucing kamu terkena penyakit kulit atau bahkan menempel pada bulu-bulunya dan menjadi kotor, selain itu kamu pun akan terhindar dari penyakit dan tidak membuat rumah kamu bau.

Kalau rumah bau tentunya bukan kucing kamu saja yang akan merasa tidak nyaman bukan? Tapi kamu juga pasti akan merasa terganggu sama bau pupnya yang semerbak dimana saja. Makanya jangan lupa untuk bersihin ya! Demi kebaikan dan kesehatan kucing serta pemiliknya agar terhindar dari berbagai penyakit.

Itulah beberapa cara melatih kucing agar tidak pup sembarangan yang bisa kamu lakukan atau tiru sendiri di rumah untuk mengatasi permasalah tersebut dengan baik dan benar. Pastikan kucing kamu sampai dia benar-benar terbiasa untuk tidak lagi pup sembarangan.

Jangan lupa juga untuk selalu memberinya hadiah atau cemilan ketika kucing kamu berhasil melakukan sesuatu dengan baik yang telah kamu ajarkan kepadanya. Hal ini dilakukan agar kucing kamu bisa lebih nurut lagi pada kamu. Good Luck semoga membantu.