Monday, 17 Jun 2024

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Keluar Rumah

6 minutes reading
Sunday, 23 Jul 2023 21:25 0 183 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Gimana sih cara melatih kucing agar tidak keluar rumah? Sering kali kucing kamu keluar rumah dan ngilang gitu aja, kan? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengatasi atau mencegah hal itu terjadi pada kucing kamu.

Memang sudah terbiasa jika kucing kamu keluar rumah karena memang habitatnya di luar atau di lingkungan terbuka supaya merasa lebih bebas dan leluasa. Namun berbeda dengan kucing peliharaan, pastinya mereka punya tempat tinggalnya sendiri yang sudah kamu sediakan.

Jadi mau gak mau kucing kamu harus menetap di dalam ruangan dan sesekali kamu ajak jalan keluar saat bersama kamu saja. Hal itu dilakukan supaya kucing kamu tidak berkeliaran di luar, apalagi jika kucing kamu jenis ras tertentu bisa-bisa ada yang mencurinya saat keluar rumah.

Maka dari itu perlu kamu latih supaya tidak keluar rumah atau kabur dari rumah. Nah, disini akan memberikan beberapa cara untuk melatihnya dan menjelaskannya secara menyeluruh agar bisa kamu pahami dengan mudah, simaklah dengan seksama!

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Keluar Rumah

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Keluar Rumah

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai persoalan tentang mengapa kucing kamu gak betah di rumah, sebelum kamu melatihnya atau membiasakan si kucing untuk tidak keluar rumah.

Kucing biasanya gk betah dirumah tuh, karena ada beberapa faktor yang membuatnya gk nyaman. Seperti lingkungan yang banyak anak kecil yang cenderung akan ramai dan berisik, belum lagi kalau anak kecil itu mengejar-ngejar untuk menangkapnya.

Hal itu akan membuatnya trauma dan ketakutan sehingga tidak merasa aman dan gak betah untuk tinggal di rumah kamu. Suara yang bising juga akan membuatnya ketakutan dan sangat mengganggu karena pendengaran kucing sangatlah sensitif.

Bisa juga karena masih awal-awal atau pertama kalinya dibawa ke rumah dan lingkungan baru yang asing baginya. Makanya kucing kamu akan keluar rumah karena belum terbiasa! Nah, kamu bisa melatihnya dengan cara-cara berikut ini:

Menyediakan Tempat atau Ruangan Untuk Kucing

Langkah pertama adalah dengan menyediakan tempat atau ruangan khusus untuk kucing kamu. Memberinya tempat tinggal saat ingin mengadopsinya sudah hal yang wajib kamu sediakan. Berilah ruangan yang cukup luas untuk kucing kamu agar dia merasa betah dan bisa leluasa untuk si kucing bermain atau beraktivitas.

Usahakan untuk menyediakan berbagai spot atau tempat kucing kamu tidur, bersantai, seperti kursi khusus kucing, tempat tidur untuk kucing yang empuk dan hangat. Menyediakan berbagai mainan juga untuk kucing kamu agar dia bisa bermain-main dengan mainannya sendiri. Kamu juga bisa menyimpan tumbuhan catnip di setiap pojok ruangan.

Catnip adalah tumbuhan yang disenangi oleh kucing, dengan begitu kucing kamu akan makin betah untuk berdiam diri di rumah atau tempat tinggal barunya. Beri waktu juga untuknya beradaptasi sampai benar-benar sudah merasa betah tinggal di rumah atau ruangan yang sudah kamu sediakan untuk kucing kamu.

Mengajaknya Bermain Bersama

Langkah yang kedua adalah dengan selalu mengajaknya bermain bersama kamu sebagai majikan atau pemilik yang baik. Kucing juga akan merasa jenuh dan bosan jika bermain sendirian, jadi kamu sebisa mungkin untuk meluangkan waktu untuk bermain bersama kucing kesayangan kamu seharian di rumah.

Kamu bisa mengajaknya bermain dengan menggunakan berbagai makanan kucing untuk dimainkan bersama atau menggendongnya dan selalu mengelus-ngelusnya sebagai bentuk kasih sayang serta cara kamu dalam memanjakannya. Dengan begitu kucing kamu akan merasa disayangi oleh majikannya dan merasa senang.

Hal itu dilakukan supaya kucing kamu tidak stres dan gelisah karena tidak ada interaksi bersama majikannya, sehingga membuatnya tidak betah untuk tinggal di rumah karena kamunya juga cuek-cuek aja sama si kucing. Maka dari itu, ayolah untuk lebih sering mengajaknya main bersama kamu!

Memberikan Cemilan

Langkah yang ketiga adalah dengan memberinya cemilan. Nah, kamu harus sering-sering memberinya cemilan, ya! Supaya kucing kamu nurut dan senang terhadap keberadaan kamu. Jangan hanya memberinya makan saja, tapi kucing juga butuh cemilan seperti halnya kamu. Sehingga si kucing akan makin betah nih! Karena punya majikan yang baik selalu memberi cemilan.

Pastikan juga saat memberinya cemilan diselingi dengan bercanda bareng atau mengusirnya, menciumnya, mengelus-ngelus, dan lain sebagainya. Hal itu untuk membuat ikatan atau interaksi langsung bersama majikannya. Membuat kucing kamu merasa tenang dan aman ketika bersama kamu.

Pastikan Lingkungan Sekitarnya Bersih

Langkah yang keempat adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan disekitar rumah atau kucing kamu. Bukan cuma manusia, tapi kucing juga akan betah jika rumahnya atau tempat tinggalnya bersih, tidak kotor dan bau. Selain membuatnya nyaman, hal itu juga bagus untuk kesehatan kucing kamu sekaligus bagi kesehatan kamu sebagai majikannya juga.

Selalu rutin mengganti pasir pup atau pipisnya setiap kali sudah penuh dan harus diganti serta dibersihkan. Buanglah dan isi ulang kotak pasirnya dengan yang baru supaya si kucing pup dan pipis dengan nyaman dan tidak akan mengotori bulunya karena feses yang tidak dibuang menempel pada bulunya.

Lingkungan yang bersih dan wangi akan membuatnya lebih rileks serta terhindar dari penyakit. Sehingga tidak akan membuatnya stres karena hal itu dan kucing kamu juga akan semakin betah dengan lingkungannya yang nyaman, tenang, bersih dan tidak bau yang dapat mengganggu indra penciumannya.

Di Steril

Langkah yang kelima adalah dengan membuatnya disterilkan. Alasan utama kucing kamu suka keluar rumah itu karena ingin mencari pasangan untuk melampiaskan hasratnya dengan bercinta atau kawin. Maka dari itu kamu bisa mensterilkannya supaya tidak meluap-luap birahinya yang membuat si kucing kebelet kawin, sehingga mencari pasangan keluar rumah.

Kamu bisa mensterilkan kucing kamu ke dokter hewan yang biasa kamu kunjungi untuk konsultasi mengenai kucing kamu. Dengan begitu dokter akan segera mensterilkannya dan gak akan lagi tuh kucing kamu keluar rumah buat nyari lawan jenis untuk bercinta. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi kucing kamu akan keluar rumah.

Jangan Membiarkannya Kesepian

Langkah yang terakhir adalah jangan membiarkannya kesepian. Kucing juga akan merasa kesepian dan sedih jika hanya sendirian tidak ada teman atau pasangan. Selain itu akan membuatnya jenuh dan bosan sehingga kucing kamu stres dan memberontak untuk pergi keluar supaya tidak merasa stres lagi karena kesepian.

Maka dari itu usahakan untuk mengadopsi kucing dalam satu pasang atau sejodoh, ada kucing betina dan jantan. Sehingga ada teman bermain atau pasangan untuk melampiaskan segala hasratnya jika memang kucing kamu tidak mau di steril dan memilih untuk memberinya pasangan. Dengan begitu kucing kamu akan betah karena tidak sendirian lagi.

Selain itu mereka juga bisa memiliki anak nantinya dan akan semakin ramai oleh anak-anak kucing, akan sibuk mengurus dan menyusui anak-anaknya ketimbang keluar rumah serta membuatnya semakin betah di rumah karena memiliki banyak anak. Tidak akan merasa kesepian lagi selama di rumah.

Itulah beberapa cara melatih kucing agar tidak keluar rumah yang bisa kamu lakukan atau tiru untuk mengatasi hal tersebut supaya kucing kamu tidak lagi keluar rumah sembarangan. Pastikan juga ruangan atau jendela-jendela tertutup saat awal-awal membawanya untuk di adopsi.

Selalu perhatikan juga kucing kamu jika melakukan tindakan atau sekiranya akan kabur dari rumah supaya kamu dapat mencegahnya. Jangan terlalu memaksanya juga dan membuatnya ketakutan serta makin gak betah dirumah kamu, itu hanya akan membuatnya stres. Good Luck semoga membantu.