Cara Membantu Kucing Melahirkan

5 minutes reading
Saturday, 22 Jul 2023 17:47 0 61 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara membantu kucing melahirkan? Ingin membantunya tapi gak begitu paham? Kalo gitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin membantu kucing kesayangan kamu saat ingin melahirkan.

Terkadang kamu bingung dan gak tau harus ngelakuin apa saat melihat kucing kamu hendak ingin melahirkan. Membuat kamu panik, gak bisa ngapa-ngapain takut salah dan sok tau kalo ikut turun tangan karena bukan ahlinya.

Harus kamu sadari bahwa dengan kamu belajar dan mengetahui atau mengenal terlebih dahulu mengenai hewan sebelum kamu pelihara itu sangat penting! Agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali dan kamu juga setidaknya bisa mengatasi hal itu.

Lalu bagaimana dong cara membantu kucing melahirkan? Disini akan menjelaskan beberapa cara atau hal yang harus kamu lakukan jika ingin membantu si kucing melahirkan dengan baik dan benar. Simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama!

Cara Membantu Kucing Melahirkan

Cara Membantu Kucing Melahirkan

Sebagai catlovers sudah menjadi hal yang penting untuk membantu kucing-kucing kamu yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan sesegera mungkin. Sebagai majikan atau pemilik hewan peliharaan yang baik, tentu sudah wajar untuk kamu merawatnya dengan baik.

Dengan memberikan perawatan yang terbaik mulai dari makanannya harus diperhatikan, memberinya tempat tinggal yang nyaman dan bersih, merawat bulunya agar tidak rontok, serta merawat badannya dari ujung kepala sampai kakinya pun harus diperhatikan.

Demi kelangsungan hidup si kucing dan kesehatannya supaya tidak sakit. Sangat bukan main-main dalam mengeluarkan biaya perawatannya juga! Jadi kamu harus benar-benar serius jika ingin memelihara hewan. Pastikan bahwa kamu juga mampu merawatnya.

Belum lagi menghadapi si kucing yang mengandung dan akan melahirkan bagaimana? Huah.. sangat amat merepotkan pastinya, jadi kamu harus siap-siap mental ya kalau punya kucing peliharaan. Sayangi mereka sebagai sesama makhluk hidup.

Nah, disini ada beberapa informasi yang mungkin dapat membantu kamu dalam mengurus kucing yang akan melahirkan dan membantunya melahirkan. Berikut dibawah ini adalah cara-caranya:

Merawatnya Selama Kehamilan

Yang pertama adalah dengan merawatnya selama kehamilan. Sebelum melahirkan pastinya kucing kamu akan mengandung terlebih dahulu kan? Maka dari itu kamu harus memberinya perawatan yang ekstra selama kucing kamu mengandung tepat sebelum melahirkan.

Dengan memberinya makanan yang bergizi agar anaknya lahir dengan sehat dan bernutrisi, begitupun dengan induknya akan sehat juga selama kehamilan. Serta berikan vitamin yang memang dikhususkan untuk kucing yang sedang mengandung.

Jika kucing kamu memiliki asupan gizi, nutrisi, serta vitamin yang cukup, maka kucing kamu pun akan senantiasa sehat bersama janin di dalamnya. Dengan begitu saat nanti melahirkan tidak perlu khawatir anak dan induknya mengalami hal-hal yang buruk.

Rutin Mengecek Kondisi si Kucing

Yang kedua adalah dengan rutin mengecek kondisi si kucing. Bukan hanya memperhatikan makanannya saja! Tapi kamu juga harus rutin mengecek kondisi tubuhnya. Mengecek suhu tubuhnya dengan termometer dan pastikan suhu tubuhnya normal.

Dengan mengecek kondisinya dapat membantu kamu mengetahui kapan waktu yang tepat si kucing akan melahirkan. Agar mencegah terjadi hal yang tidak kamu inginkan juga selama di luar pengetahuan atau kontrol kamu.

Cek juga suhu tubuhnya, suhu tubuh normal kucing adalah 38-39 derajat. Jika suhu tubuh kucing kamu menurun sekitar 36-37 derajat, patut kamu waspadai dan bersiap-siap untuk menyiapkan tempat melahirkan untuk kucing kamu.

Memperhatikan Tanda-tanda Pergerakan si Kucing

Yang ketiga adalah dengan memperhatikan tanda pergerakan kucing kamu. Kamu harus senantiasa memperhatikan si kucing selama kehamilan, karena kamu tidak akan tau atau tidak dapat menentukan kapan waktunya si kucing akan melahirkan.

Maka dari itu cara yang tepat adalah dengan memperhatikan setiap pergerakannya yang sekiranya menunjukan atau menunjukkan bahwa si kucing akan segera melahirkan seperti mulai merasa gelisah dengan selalu mondar mandir menghampiri kamu.

Sering mengeong-ngeong dan pergi mencari tempat untuk melahirkan dengan sendirinya. Selalu menjilat-jilati kelaminnya, atau perubahan pada kelenjar susu nya yang mulai mengeluarkan air susu, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kucing kamu menunjukan tingkahnya yang seperti itu artinya sebentar lagi si kucing akan segera melahirkan dan kamu harus siap siaga membantunya selama pasca persalinan si kucing sampai pada waktunya melahirkan.

Menyiapkan Tempat Untuk Melahirkan

Yang keempat adalah dengan menyiapkan tempat untuk melahirkan. Jika si kucing sudah menunjukan tanda-tanda seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka selanjutnya adalah dengan memberinya tempat atau menyediakan tempat untuk kucing kamu melahirkan.

Berikan tempat yang bersih dan tenang supaya kucing kamu merasa nyaman dan aman selama melahirkan. Jauhkan dari lingkungan yang kotor dan bising karena dapat membuatnya merasa cemas dan stres saat ingin melahirkan.

Lingkungan yang kotor juga dapat membuatnya rentan terserang penyakit karena tidak higienis dan bersih selama melahirkan. Jadi sediakan dan tempatkanlah kucing kamu di lingkungan yang nyaman agar bisa melahirkan dengan lancar sampai selesai.

Membawanya ke Dokter Hewan

Terakhir adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Saat kucing kamu mulai mengalami kontraksi dan sebentar lagi akan melahirkan, cepatlah untuk membawanya ke dokter hewan terdekat dan serahkan pada ahlinya.

Cara ini adalah cara terakhir yang paling tepat kamu lakukan, karena dengan membawanya pada ahlinya atau dokter hewan akan sangat membantu kucing kamu melahirkan dengan selamat dan aman sampai akhir.

Selain itu dengan menyerahkannya kepada dokter semua perawatan dari awal hingga akhir akan mereka lakukan sampai tuntas, Jadi kamu yang gk tahu apa-apa dalam membantunya bisa dengan tenang menunggu kucing kamu melahirkan.

Itulah beberapa cara membantu kucing melahirkan yang bisa kamu tiru atau lakukan untuk membantunya secara langsung dan memberikan pertolongan pertama untuk si kucing. Jangan melakukan hal gegabah yang sekiranya hanya akan memperburuk keadaan si kucing.

Selalu perhatikan sekitar juga untuk menjaganya dari kucing liar yang mengganggu kucing kamu melahirkan. Pastikan bahwa lingkungan disekitarnya aman dan nyaman agar dapat melahirkan dengan lancar. Good Luck semoga membantu.

x