Monday, 17 Jun 2024

Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Mau Melahirkan

5 minutes reading
Friday, 21 Jul 2023 20:18 0 175 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana atau apa saja sih ciri-ciri dan tanda kucing mau melahirkan? Pengen tau gimana aja cirinya? Kalo gitu langsung aja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu penasaran atau pengen tau gimana aja ciri-cirinya saat kucing mau melahirkan.

Manusia dan hewan ternyata bisa mengalami hal yang sama juga, lho! Salah satunya adalah mengandung. Sebagai sesama makhluk hidup memang pasti akan memiliki beberapa kesamaan, tapi tidak sepenuhnya sama dan prosesnya juga sama karena tentu saja berada di spesies yang berbeda.

Nah, contohnya adalah kucing! Jika kamu memelihara atau mempunyai kucing betina di rumah pasti suatu saat akan mengetahui atau menyaksikan bagaimana proses kucing kamu mengandung dan melahirkan. Dengan begitu kamu perlu nih untuk mengetahui gimana caranya saat si kucing akan melahirkan.

Maka dari itu kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu dalam mengamati bagaimana gerak gerik atau ciri-ciri dan tanda kucing kamu akan segera melahirkan untuk menjadi sebuah pelajaran bagi kamu dalam merawat atau mengenal kucing kamu lebih baik lagi. Simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama agar kamu dapat memahaminya dengan baik.

Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Mau Melahirkan

Ciri-Ciri dan Tanda Kucing Mau Melahirkan

Terkadang sebagai pemilik kucing peliharaan, kamu harus mengenali dulu secara detail dan menyeluruh sebelum mengadopsinya atau memeliharanya. Dengan begitu kamu dapat mengenal si kucing lebih intens lagi, mulai dari bagaimana kebiasaan yang dilakukannya.

Hal ini dilakukan supaya mempermudah kamu dalam merawatnya dengan baik dan benar karena kamu sudah belajar terlebih dahulu mengenai kucing. Sehingga tidak perlu khawatir jika ada hal-hal yang kamu tidak ketahui mengenai kucing.

Bagaimana saat si kucing sedang lapar, kelelahan, ingin pup, dan lain sebagainya. Terutama saat kamu memiliki 2 kucing dengan jenis kelamin yang berbeda dan memang untuk membuatnya berkembang biak agar memiliki keturunan.

Apalagi untuk kamu yang memang berniat menjodohkan kedua ras kucing yang berbeda supaya menghasilkan anak kucing campuran dari kedua ras tersebut. Nah, perlu kamu ketahui juga saat si kucing ingin melahirkan itu bagaimana.

Disini akan memberikan beberapa informasi mengenai bagaimana tanda atau ciri-ciri kucing kamu mau melahirkan. Dengan begitu kamu bisa membantu prosesnya atau segera untuk membawanya ke dokter hewan. Berikut adalah ciri-cirinya:

Perubahan Pada Bagian Puting si Kucing

Ciri yang pertama adalah adanya perubahan terhadap puting atau kelenjar susu si kucing, yaitu dengan membesarnya kelenjar susu si kucing sehingga mengeluarkan cairan atau ASI sebagai tanda persiapan untuk menyusuinya nanti.

Hal ini terjadi selama seminggu terakhir kehamilan dan terjadilah perubahan yaitu dengan membesarnya kelenjar susu. Lalu pada dua hari sebelum si kucing melahirkan akan mulai memproduksi air susu atau ASI.

Perubahan Suhu Tubuh Kucing

Selanjutnya adalah terjadinya perubahan suhu tubuh si kucing. Selama kehamilan suhu tubuh si kucing akan cenderung normal sekitar 38-39 derajat, sedangkan saat ingin melahirkan suhu tubuh si kucing akan menurun sampai 36-37 derajat.

Maka dari itu penting untuk kamu, selalu rutin mengecek suhu tubuh si kucing menggunakan termometer supaya bisa mengetahui saat-saat terjadinya perubahan suhu tubuhnya yang menurun sebagai tanda tidak lama lagi akan melahirkan.

Menunjukan Sikap Gelisah

Ciri berikutnya adalah dengan menunjukan sikapnya yang gelisah. Biasanya kucing yang akan segera melahirkan akan lebih sering mengeong-ngeong atau bahkan mondar mandir gak jelas sembari menghampiri pemiliknya.

Hal itu menandakan bahwa kucing kamu sedang merasa gelisah dan meminta bantuan kalau ia akan segera melahirkan. Nah, jika kamu melihat si kucing bertingkah seperti ini artinya dia memerlukan bantuan dari kamu.

Jadi kamu segeralah mempersiapkan tempat untuk si kucing melahirkan, atau bisa juga kamu membawanya ke dokter hewan terdekat agar lebih aman keselamatannya. Akan sangat bahaya jika kamu tidak paham saat ingin membantunya.

Dengan perasaannya yang gelisah juga ternyata dapat membuatnya menjadi tidak bernafsu untuk makan karena merasa cemas dengan apa yang akan terjadi sebentar lagi, yaitu melahirkan.

Mencari Tempat Untuk Melahirkan

Selanjutnya adalah si kucing mulai pergi mencari tempat untuk melahirkan. Disaat kucing kamu pergi kesuatu tempat yang sekiranya aman dan nyaman untuk dijadikan tempat si kucing melahirkan, artinya sebentar lagi kucing kamu akan melahirkan.

Jadi kamu jangan kaget jika si kucing tiba-tiba menghilang atau pergi kemana saja. Kamu cukup mencarinya ke tempat-tempat terdekat yang biasa dijadikan tempat persembunyiannya. Lalu kamu bisa menemuinya dan memberikan tempat yang lebih bersih dan nyaman untuk kucing kamu yang akan melahirkan.

Menjilati Kelaminnya

Ciri berikutnya adalah dengan selalu menjilat-jilati kelaminya. Hal ini kucing lakukan karena sudah mulai mendekati tahap persalinan dan mulai keluar cairan dari kemaluannya sehingga membuatnya menjilati area kelamin terus menerus. Air ketuban yang mulai merembes keluar dari kelaminnya adalah sebagai tanda bahwa si kucing akan segera melahirkan.

Cairan yang keluar dari kelaminnya ini adalah cairan yang berfungsi untuk nantinya membantu kucing kamu saat akan melahirkan, dengan begitu akan mempermudah keluarnya si bayi kucing dari kelaminnya. Jadi jangan heran jika si kucing menjilat-jilati area kelaminnya ya! Karena itu menandakan sebentar lagi akan melahirkan.

Muntah-muntah Atau Terjadi Kontraksi

Terakhir adalah dengan terjadinya muntah-muntah dan mulai kontraksi. Sama halnya seperti manusia yang sedang mengandung dan akan melahirkan, kucing juga akan mulai merasa mual dan terjadi kontraksi yang membuatnya sakit dibagian perut.

Sehingga pecahlah air ketuban dari kelaminnya, biasanya akan disertai dengan keluarnya lendir dan sedikit darah ketika akan mulai bersalin, Nah, jika kucing kamu mengalami hal ini segeralah membantunya atau membawanya ke dokter hewan.

Dengan bantuan dari ahlinya akan lebih aman bagi keselamatan induk maupun anaknya nanti. Jadi saran untuk kamu yang memiliki kucing peliharaan yang akan melahirkan sebaiknya bawa ke dokter hewan agar lebih mudah dan aman.

Itulah beberapa ciri-ciri dan tanda kucing mau melahirkan yang mungkin perlu kamu ketahui untuk membantunya saat akan melahirkan nanti. Sangat penting untuk kamu para cat lovers dalam mengetahui hal ini sebagai pemilik yang baik dan perhatian.

Perhatikan selalu jika kucing kamu sedang mengandung, apalagi jika sudah mendekati hari-hari akan melahirkan. Dengan begitu jika kamu sudah paham bagaimana cirinya, akan sangat mempermudah kamu untuk ketahui dan mengatasinya. Good Luck semoga membantu!