Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Melatih Kucing Bersalaman

6 minutes reading
Sunday, 23 Jul 2023 21:27 0 202 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Gimana sih cara melatih kucing bersalaman? Penasaran ya? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin melatih si kucing bersalaman supaya terlihat pintar dan terlatih dengan baik.

Pasti akan terlihat lebih lucu dan pintar kan saat kamu bisa melatih si kucing agar bisa melakukan apa saja? Dapat melakukan banyak atraksi membuatnya semakin pintar dan dapat memahami berbagai gerakan yang biasa kamu ajarkan.

Sangat menarik bukan? Jika kamu berhasil melatihnya dengan baik, pasti orang-orang yang melihatnya akan merasa kagum dan memberikan banyak pujian untuk kucing kamu yang pintar meniru atau memperagakan apa yang kamu perlihatkan padanya.

Gimana cukup menarik kan? Ingin mulai untuk melatihnya kan? Nah, disini akan memberikan beberapa cara dan menjelaskannya secara singkat, padat, dan jelas supaya kamu dapat memahaminya dengan baik, jadi simaklah penjelasannya dibawah ini!

Cara Melatih Kucing Bersalaman

Cara Melatih Kucing Bersalaman

Akan sangat menyenangkan pastinya kalau kamu bisa berinteraksi bersama kucing kesayangan kamu dalam berbagai hal. Bisa saling memahami gestur tubuh kamu dengan baik, sehingga kucing kamu pun bisa menirunya dan mencoba untuk melakukan hal yang sama kayak kamu.

Ada fakta menarik mengenai hewan kucing ini, lho! Menurut para penelitian atau ilmuwan dari Oregon State University. Bahwasannya kucing juga sama halnya seperti anjing, memiliki ikatan emosional dengan manusia atau dapat membangun ikatan emosional dengan pemiliknya.

Mengejutkan sekali bukan? Kucing memiliki insting yang sangat tajam dan indra pendengaran serta penciumannya yang sangat bagus, membuat si kucing dapat mengenali atau merasakan apa yang sebenarnya kamu rasakan juga. Dapat mengenali emosi yang kamu tunjukan.

Bagaimana emang? Kok bisa kucing dapat memahami hal seperti itu? Tentu saja! Hanya dari melihat gestur atau suara yang kamu keluarkan akan mudah untuk kucing kamu ketahui bahwa kamu sedang marah, senang, gelisah, atau bahkan sedang sedih.

Karena pada dasarnya setiap makhluk hidup juga memiliki emosi, salah satunya adalah kucing. Sebagai hewan tentunya kucing juga memiliki rasa takut, gelisah, senang, sedih, bahkan dapat merasakan kasih sayang juga.

Namun, memang biasanya kucing tidak menunjukkannya dengan jelas seperti manusia dan cenderung lebih flat tanpa ekspresi. Mungkin memang ada juga kucing yang sudah cukup terlatih dan pintar berekspresi.

Hal itu terjadi karena dilatih oleh majikannya, kamu juga bisa kok melatihnya dalam berbagai hal! Contohnya untuk membuatnya bisa bersalaman sama kamu. Nah, dibawah ini ada sedikit tips atau cara melatihnya, yaitu sebagai berikut:

Membuatnya Nurut Terlebih Dahulu

Langkah yang pertama sebelum melatihnya bersalaman adalah dengan cara membuatnya nurut sama kamu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kamu dalam melatihnya supaya lebih pintar dan sudah cukup terbiasa dalam beberapa hal. Untuk membuatnya nurut sama kamu cukup mudah kok! Kamu bisa mulai untuk melakukan pendekatan terlebih dahulu.

Dengan mencoba untuk mendekatinya secara perlahan, jangan membuatnya ketakutan, jangan berteriak juga karena akan membuatnya kaget dan pergi jauh dari kamu. Mulailah untuk mengelus-ngelusnya secara lembut sampai si kucing memperbolehkan kamu untuk menyentuh dan memanjakannya, dengan begitu kamu sudah berhasil mendapatkan izin dari si kucing.

Jika si kucing sudah merasa nyaman sama kamu karena sudah mengelus-ngelusnya, dan sudah terbiasa dengan aroma tubuh kamu berarti tahap pendekatan sudah berjalan dengan sukses. Selanjutnya adalah dengan memberinya nama panggilan supaya lebih akrab dengan kucing kamu.

Dengan begitu cobalah untuk mulai memanggilnya sesering mungkin dengan nama yang telah kamu buat untuk si kucing. Jika kucing kamu sudah terbiasa dengan panggilannya lalu setiap kamu panggil dia akan segera berlari menghampiri kamu, selamat! Kamu sudah berhasil membuatnya nurut sama kamu.

Jangan lupa juga untuk selalu memberinya hadiah berupa cemilan setiap kali sudah berhasil melakukan sesuatu sebagai bentuk kamu memanjakannya. Sehingga si kucing pun akan merasa senang kepada kamu dan akan lebih nurut lagi nantinya. Nah, kalau sudah nurut tentu akan lebih mudah untuk melatihnya dalam berbagai hal.

Gunakan Cemilan atau Makanan Untuk Melatihnya

Langkah terakhir adalah dengan langsung melatih kucing kamu untuk bersalaman menggunakan cemilan. Caranya cukup mudah dilakukan dan simpel tanpa alat apapun cukup dengan cemilan, hanya saja kamu harus sabar saat melatihnya.

Berikut adalah cara-caranya:

  1. Siapkan beberapa cemilan terlebih dahulu yang biasa kucing kamu makan, gunakan cemilan apapun selama kucing kamu menyukai nya.
  2. Posisikan kucing kamu dengan menempatkannya di atas meja supaya lebih mudah untuk melatihnya dan membuat jarak antara kamu dan si kucing.
  3. Berilah kucing kamu sedikit demi sedikit cemilan dan arahkan kepadanya dengan sembari memanggil nama panggilan yang sudah kamu berikan sebelumnya, sampai dia mengambil cemilannya menggunakan tangan atau kaki kanan bagian depan. Lakukan secara berulang-ulang sampai si kucing terbiasa mengambilnya menggunakan kaki atau tangan kanannya seperti sedang bersalaman. Jika kucing kamu mengambilnya langsung dengan mulut atau dengan kedua tangannya, jangan kamu berikan. Sebisa mungkin untuk mencegah hal itu.
  4. Jika kucing kamu sudah mulai lancar dan terbiasa mengambil cemilan dari tangan kamu menggunakan kaki atau tangan kanan bagian depannya. Cobalah untuk mengubah posisi cemilannya dengan menjepit di punggung tangan kamu antara jari telunjuk dan jari tengah. Hal ini dilakukan supaya sikucing mengambil cemilannya dari punggung tangan kamu, sehingga terlihat seperti sedang bersalaman dan mencium tangan kamu.
  5. Lakukan secara berulang-ulang dalam memberinya cemilan menggunakan punggung tangan kamu sampai benar-benar terbiasa dan lancar melakukannya.
  6. Lalu mulailah untuk melakukan gerakan itu tanpa menggunakan cemilan, cukup dengan menyodorkan tangan kamu secara berulang-ulang untuk memastikan apakah berhasil atau tidak. Jika kucing kamu merespon hal itu berarti dia sudah mulai terbiasa saat kamu menyodorkan tangan.
  7. Nah, dengan begitu kucing kamu akan mulai beradaptasi dengan kebiasaan yang telah kamu lakukan secara berulang-ulang sehingga kucing kamu akan terbiasa saat kamu menyodorkan tangan dia akan refleks untuk mengambil cemilan dari tangan kamu yang padahal tidak ada.
  8. Maka dari itu kucing kamu sudah berhasil melakukan gerakan layaknya sedang bersalaman dan mencium tangan kamu. Jangan lupa juga untuk selalu mengelusnya setiap kali dia berhasil melakukan hal tersebut dengan baik.
  9. Jangan lupa juga untuk memberinya waktu istirahat setelah selesai melatihnya supaya tidak kelelahan serta beri dia makan juga sesuai porsi makannya.

Nah, jika sudah seperti itu kamu bisa lakukan lagi di hari esok nanti sampai benar-benar sudah terlatih walaupun tanpa cemilan.

Itulah beberapa cara melatih kucing bersalaman yang bisa kamu tiru atau lakukan dirumah supaya si kucing bisa bersalaman dengan baik. Harus sabar dan konsisten melakukannya, karena tidak akan semudah atau secepat itu kucing kamu dapat beradaptasi.

Pastikan kucing kamu istirahat yang cukup juga setelah kamu melatihnya seharian supaya si kucing tidak kelelahan. Beri juga makan setelah selesai melatihnya untuk mengisi energi yang habis selama pelatihan agar semangat kembali. Good Luck semoga membantu.