Monday, 17 Jun 2024

Cara Agar Kucing Tidur di Tempatnya

6 minutes reading
Friday, 3 Nov 2023 17:14 0 184 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Pasti dari kamu yang memelihara kucing di rumahnya pernah mengalami kesulitan tidur, karena kucing seringkali tiba-tiba pindah tempat tidur di kasur. Mungkin bagi kamu yang pertama kali mencoba memelihara kucing, akan merasa kaget dan tidak nyaman.

Padahal sebelumnya kamu sendiri sudah menyediakan tempat tidur khusus untuk kucing, hanya saja kucing belum terbiasa tidur di tempatnya. Bahkan kucing suka tidur sembarangan di mana saja, seperti di kolong meja, masuk ke kamar kita, sampai tidur pun di kamar mandi.

Cara agar kucing tidur di tempatnya memang membutuhkan pelatihan khusus dan memakan waktu yang cukup lama sampai mereka akhirnya terbiasa. Apalagi buat kucing yang kebiasaan suka pindah tidur ke kasur kita dan mereka jadi merasa nyaman untuk terus tidur di atas kasur.

Lalu kalau begitu bagaimana cara agar kucing tidur di tempatnya? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara membuat kucing terbiasa tidur di tempatnya, agar tidak lagi tidur di sembarangan tempat. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Agar Kucing Tidur di Tempatnya

Cara Agar Kucing Tidur di Tempatnya

Tidur merupakan kebutuhan biologis bagi para makhluk hidup, termasuk kucing. Tidur sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup si kucing. Membantu mereka memulihkan energi, mengistirahatkan tubuh mereka yang sedang capek dan lelah, serta bagus juga untuk kesehatan.

Kucing memiliki jam tidur yang cukup lama, sehari bisa tidur selama 12-16 jam dan itu sudah hal yang normal bagi kucing. Karena kucing sendiri termasuk predator yang sering melakukan aktivitas fisik seperti berburu untuk mencari makanan, mulai dari tengah malam hingga pagi.

Makanya kucing membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama dibandingkan kita sebagai manusia. Uniknya saat kucing tidur mereka akan menyesuaikan posisinya sesuai kebutuhan mereka, sebagai tanda pertahanan diri makanya terkadang kucing suka tidur dimana saja.

Mereka akan tertidur dengan nyaman, namun dalam kondisi tertidur juga kucing tetap terjaga dan sigap jika mengenali atau merasakan adanya bahaya. Posisi tidur mereka juga memiliki artinya tersendiri, lho! Penasaran? Berikut ada beberapa posisi tidur kucing dan artinya, yaitu:

  • Tidur terlentang menandakan bahwa kucing tidur dengan nyaman dan aman
  • Posisi tidur seperti superman menandakan kalau kucing tidur dengan lebih rileks
  • Meringkuk menandakan kalau kucing sedang menjaga kehangatan tubuhnya dan tidurnya merasa lebih aman
  • Posisi terduduk menandakan kalau kucing sedang tidur seperti bertapa, namun akan langsung sigap terbangun jika terdapat sinyal bahaya

Buat kamu yang ingin membuat kucing tertidur dengan posisi yang nyaman seperti di atas dan membuat mereka selalu tidur di tempatnya, berikut ada beberapa cara agar kucing tidur di tempatnya yaitu:

Sediakan Alas Tidur Yang Nyaman

Cara yang paling utama penting sekali untuk menyediakan tempat tidur dengan alas yang empuk, hangat dan nyaman untuk si kucing agar membuat mereka lebih betah tidur di kasur sendiri. Karena hal mendasar seperti ini perlu untuk dipersiapkan terlebih dahulu oleh kamu.

Jika sudah menyediakan tempat tidur mereka atau kasur tidur mereka, barulah melatihnya untuk membiasakan si kucing tidur di tempatnya. Berikan juga selimut yang hangat teruntuk digunakan saat musim dingin atau cuaca sedang dingin, agar kucing tidak kedinginan.

Pastikan Alas Tidurnya Sudah di Tempeli Dengan Bau Kucing

Kucing merupakan hewan yang selalu menandai kawasan wilayah atau teritorial mereka dengan baunya. Begitupun saat kucing menandai pemiliknya dengan menggesekan tubuh kucing ke kaki kamu, ataupun tangan kamu untuk meninggalkan jejak atau aroma bau dari tubuh kucing.

Nah, disini kamu bisa memanfaatkan hal itu ke area atau alas tidur si kucing dengan baunya. Caranya kamu bisa memindahkan kucing untuk duduk atau tiduran di alas atau kasur tidur mereka, supaya bau kucing menempel pada permukaan alas atau kasur tidur mereka sendiri.

Dengan begitu kucing akan merasa tidak asing lagi dan mengira kalau itu ada tempat biasa mereka untuk tidur dan beristirahat. Kucing akan semakin terbiasa dengan bau dirinya yang menempel di kasur si kucing, membantu mereka supaya terbiasa tidur di tempatnya sendiri.

Tempatkan Kasur atau Alas Tidur Kucing di Area Yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelum, kalau kucing suka menandai wilayah mereka dengan baunya. Karena kucing lebih sering mencari tempat yang nyaman untuk mereka dan sudah di tandai dengan baunya, maka dari itu kamu hanya perlu menempatkan kasurnya di sana.

Pindahkan tempat tidur kucing di area yang menjadi tempat favoritnya, dengan begitu perlahan-lahan kucing akan mulai terbiasa untuk naik ke tempat tidurnya sendiri dan tidur dengan nyaman di tempatnya. Biarkan kucing tidur dengan nyaman tanpa mengganggunya.

Berikan Mainan Favorit Mereka di Atas Alas Tidurnya

Cara agar kucing tidur di tempatnya adalah dengan memberikan mainan favorit mereka dan letakan di atas tempat tidur mereka. Hal ini dilakukan supaya si kucing lebih sering bermain dengan mainannya di atas kasur tidur mereka sendiri, sehingga nantinya akan mulai terbiasa.

Biarkan kucing tertidur bersama mainan favoritnya, agar mereka tidak selalu berpindah tempat nantinya ketika terbangun dari tidurnya. Kucing akan tetap stay di kamarnya sendiri, karena mereka sudah mulai merasa nyaman dengan kehadiran mainan favorit mereka di sampingnya.

Ajak Bermain Sebelum Tidur Sampai Kucing Lelah

Cara membuat kucing tidur lebih cepat adalah dengan mengajaknya bermain sebelum tidur sampai mereka lelah. Pastikan ajak mainnya di tempat tidur mereka sendiri, supaya nantinya terbiasa untuk tidur di sana ketika lelah. Cukup lakukan permainan ringan saja, dan buat lelah.

Jika kucing sudah merasa lelah dan capek, cobalah untuk perlahan-lahan mengangkatnya ke atas kasur tidur si kucing. Tunggu kucing hingga mulai tertidur dan terlelap, pastikan posisi tidur mereka nyaman serta matikan lampu supaya lebih tenang dan kucing tidak kesilauan.

Kamu juga bisa memberikan mereka cemilan setelah selesai bermain sebelum tidur. Hal ini dilakukan supaya kucing nantinya bisa tidur nyenyak dan gak terbangun saat tengah malam karena merasa lapar. Selain cemilan, kamu juga bisa beri makanan biasanya setengah porsi.

Bantu Kucing Agar Terbiasa Tidur di Tempatnya

Jika kucing kamu cukup manja dan suka tidur di dekat kamu, cara yang tepat agar si kucing bisa tidur di tempatnya adalah dengan membantunya secara langsung. Kamu bisa membantu kucing untuk tertidur di tempatnya sendiri dengan cara menemaninya terlebih dahulu.

Buat kucing berbaring di atas kasurnya, lalu elus-elus secara lembut dan perlahan sampai kucing merasa ngantuk dan akhirnya tidur. Kalau kucing terbangun dan minggat dari kasurnya, cobalah untuk mengangkatnya serta menempatkan kembali si kucing ke tempat tidurnya.

Lakukan secara berulang-ulang sampai kucing mulai terbiasa tidur sendiri di tempatnya. Walaupun mungkin memakan waktu yang cukup lama, tapi membantunya untuk beradaptasi sangatlah penting. Apalagi jika wilayah atau tempat tersebut masih terasa asing oleh si kucing.

Itulah cara agar kucing tidur di tempatnya yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik dan benar. Pastikan untuk selalu membuat kucing nyaman terlebih dahulu, jangan terlalu memaksa si kucing agar tidak stress nantinya.

Lakukan tips atau cara tersebut secara konsisten dan sabar, sebab kedua hal itu merupakan kunci dari keberhasilan atas usaha-usaha kamu. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, agar kucing juga bisa tidur dengan nyaman. Good Luck semoga membantu.