Thursday, 18 Jul 2024

Cara Cek Pajak Motor dan Mobil Lewat HP Online

5 minutes reading
Monday, 17 Jul 2023 18:51 0 253 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Saat ini semua bisa dilakukan dengan mudah, termasuk cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online. Semua cara melihat biaya perpanjangan STNK dan juga termasuk pajak dari kendaraan bisa kita peroleh hanya dengan rebahan dirumah tanpa harus berangkat pagi-pagi agar mendapatkan nomor antrian kecil di SAMSAT.

Cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online merupakan terobosan terbaru dalam sistem pelayanan dari pemerintah terkait pembayaran pajak kendaraan bermotor dan diharapkan dengan adanya kemudahan tersebut akan memicu kesadaran dari pemilik kendaraan untuk menyelesaikan pajak kendaraan miliknya.

Cara Cek Pajak Motor dan Mobil Lewat HP Online

Cara Cek Pajak Motor dan Mobil Lewat HP Online

Sebelum adanya cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online, pemilik kendaraan perlu mempersiapkan waktu khusus dan berusaha untuk tiba di kantor pelayanan SAMSAT terdekat sepagi mungkin agar mendapatkan nomor antrian kecil. Tentunya hal ini juga yang memicu meningkatnya praktik pungli yang memang cenderung merugikan pemilik kendaraan, disamping itu juga keharusan untuk hadir di kantor perwakilan SAMSAT terdekat hanya untuk cek pajak kendaraan akan membuat sebagian orang merasa malas.

Dalam terobosan cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja, maka praktik pungli yang merugikan akan terkikis secara perlahan. Disamping itu keterlambatan pembayaran pajak yang terkadang sampai 5 tahun dan menimbulkan denda pun akan dapat dihindari dengan dapat dilakukan pengecekan pajak kendaraan kapanpun dan dimanapun.

Berikut ini adalah beberapa cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online dan bisa kamu lakukan kapanpun dengan hanya cukup menggunakan perangkat HP yang sering kamu gunakan:

Melalui Aplikasi e-SAMSAT Daerah

Cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online yang pertama kali adalah dengan menggunakan aplikasi e-SAMSAT milik daerah masing-masing. Pengelolaan e-SAMSAT daerah ini sepenuhnya ditangani oleh masing-masing daerah sehingga tidak tersedia di semua daerah dan tentunya tidak mencakup pelayanan diluar daerah tersebut.

Contoh cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online dengan aplikasi e-SAMSAT adalah aplikasi Si Ondel yang pembayarannya berkolaborasi dengan JakOne Mobile, aplikasi ini mempermudah warga pemilik kendaraan DKI Jakarta untuk dapat mengecek pajak kendaraannya dari HP miliknya.

Menggunakan Aplikasi GOJEK

Cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Gojek yang telah cukup dikenal, aplikasi Gojek ini merupakan aplikasi yang memiliki layanan lain selain Ride-Sharing seperti pembelian pulsa, berbelanja, mengantar barang dan juga termasuk sistem pembayaran secara online.

Sistem pembayaran online melalui Gojek dapat digunakan sebagai salah satu cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online dengan menggunakan layanan Go Services yang dapat di akses melalui Dashboard atau tampilan awal aplikasi Gojek. Setelah itu kamu bisa melanjutkan langkah-langkah berikut ini:

  1. Setelah masuk Go Services kamu bisa memilih opsi Go Tagihan.
  2. Kemudian cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online selanjutnya adalah dengan memilih icon PKB untuk pembayaran PKB.
  3. Selanjutnya cukup pilih PKB area kendaran yang kamu miliki.
  4. Terakhir kamu cukup masukkan Plat Nomor dan Nomor Mesin Kendaraan, jangan lupa untuk memasukan Nomor HP dan NIK.
  5. Pajak kendaraan kamu akan tampil dan selanjutnya kamu tinggal melakukan pembayaran.

Kamu tidak perlu khawatir untuk memanfaatkan aplikasi Gojek untuk memeriksa atau membayar pajak kendaraan bermotor kamu, sebab Gojek merupakan sebuah aplikasi yang cukup populer dan bukan merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh individu. Proses transaksi yang dilakukan melalui Gojek pun sudah banyak, termasuk pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi Gojek cukup populer dan mendapatkan respon positif.

Melalui Aplikasi SIGNAL

Saat ini cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online selanjutnya yang mulai populer adalah dengan menggunakan aplikasi SIGNAL, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaru yang diharapkan dapat mengganti serta meningkatkan pelayanan dari sistem aplikasi e-SAMSAT Daerah yang pelayanannya terbatas.

SIGNAL (SAMSAT Digital Nasional) adalah cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online yang dapat diakses oleh semua pengguna perangkat Android dan iOS dengan cukup mendownload aplikasinya melalui Google Play Store dan Apps Store. Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah dan saat ini dapat melayani pelayanan terkait pajak kendaraan bermotor hampir semua wilayah di Indonesia.

Berikut ini adalah cara cek pajak motor dan mobil  lewat HP online dengan memanfaatkan aplikasi SIGNAL:

  1. Langkah Pertama: Registrasi, Pada proses awal ini kamu diharuskan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran agar dapat menggunakan aplikasi SIGNAL. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan beberapa data seperti NIK, Nama sesuai dengan e-KTP,alamat  e-mail, nomor HP yang aktif serta password aplikasi.
  2. Langkah Kedua: Verifikasi Data, Selanjutkan kamu harus memasukan kode yang dikirimkan melalui alamat email yang kamu masukan atau melalui SMS sesuai dengan referensi data yang kamu masukkan saat proses pertama.
  3. Langkah Ketiga: Login, Setelah kamu memasukkan kode verifikasi maka selanjutnya kamu hanya tinggal perlu login menggunakan username/ID sesuai referensi data awal beserta password yang kamu masukkan.
  4. Langkah Keempat: Data Kendaraan, Hal terpenting selanjutnya adalah kamu harus memasukkan data kendaraan yang sesuai seperti Nomor NRKB atau Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor, 5 digit nomor rangka, Data STNK serta informasi kendaraan lainnya.
  5. Langkah Kelima: Cek pajak motor dan mobil kamu dengan membuka opsi Pembayaran Pajak.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah tersebut, maka cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online dengan memanfaatkan aplikasi SIGNAL telah selesai. Sebab pada halaman berikut dari aplikasi tersebut, kamu akan melihat berapa pajak yang harus kamu bayarkan sesuai dengan data kendaraan yang kamu masukkan sebelumnya.

Penutup

Dengan adanya beberapa cara cek pajak motor dan mobil lewat HP online tersebut, maka diharapkan kamu tidak lagi terlambat membayar pajak kendaraan yang kamu miliki sehingga terhindar dari beban denda kemudian hari.