Monday, 17 Jun 2024

Cara Diet Atkins dan Manfaat dan Efek Samping Bagi Kesehatan

6 minutes reading
Tuesday, 22 Aug 2023 04:37 0 142 Muti Karya

Nesiaverse.com – Diet atkins merupakan salah satu jenis diet yang banyak dilakukan belakangan ini, adapun cara yang tepat guna melakukan diet. Banyak sekali jenis dan macam-macam metode diet yang dapat kamu lakukan. Salah satunya adalah diet atkins yang dapat membantu pola makan kamu teratur dengan porsi dan jumlah nutrisi yang baik bagi tubuh selama masa dietnya. 

Dalam menjalani program diet atkins ini, kamu nantinya akan mengkonsumsi asupan makanan yang tinggi dengan lemak dan protein. Namun memangkas asupan karbohidrat sehingga menjadi lebih lemah daripada yang seharusnya. Dengan demikian dapat membantu proses penurunan berat badan dengan cepat. 

Cara Diet Atkins Yang Baik dan Benar

Cara Diet Atkins dan Manfaat dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Diet atkins merupakan salah satu diet dalam mengatur pola makan yang tinggi akan asupan sumber lemak dan protein yang baik. Namun memaksa asupan karbohidrat. Pola makan inilah yang diprakarsai oleh seorang dokter, yaitu Robert C, Atkins pada tahun 1960-an lalu. Robert C. Atkins ini membuat pola makan seperti diet atkins dikarenakan menurunnya zat gizi karbohidrat memiliki pengaruh yang besar yang dapat mempengaruhi masalah kesehatan pada tubuh. 

Sehingga dirinya berpikir bahwa lemak sendiri bukan salah satu sumber yang memiliki pengaruh yang sebesar karbohidrat. Meskipun lemak tidak baik bagi tubuh, namun beda cerita jika yang dibahas adalah lemak baik. Namun, dengan begitu maka diet atkins sendiri lebih berfokus dengan memangkas asupan karbohidrat. 

Sehingga menu makanan dalam program diet ini didominasi oleh sumber makanan yang memiliki kandungan protein murni atau rendah lemak, lemak sehat yang disebut dengan HDL disertai sayuran dengan kandungan serat yang tinggi. Pola makan ini juga akan meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. Sehingga akan membakar lebih banyak lemak dan kalori dalam tubuh.

Diet atkins sendiri merupakan diet yang bertujuan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh dengan cepat. Tidak semua orang dapat melakukan program diet ini, karena masih dinilai memiliki risiko, mengingat memangkas asupan karbohidrat. 

Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui cara atau tips diet atkins yang baik dan benar. rekrut kami akan memberikan beberapa tips atau cara untuk melakukan diet atkins yang benar. Pada dasarnya diet Atkins sendiri memiliki 4 fase yang berbeda. Berikut penjelasannya. 

  • Diet Atkins Fase 1 atau Induk : dimana memasukan makanan yang berkarbohidrat dibawah 20 gram per harinya selama 2 minggu kedepan. fase ini adalah fase dimana kamu diwajibkan mengonsumsi makanan yang tinggi akan sumber lemak, sumber protein dengan sayuran yang rendah akan kandungan karbohidrat di dalamnya. Kamu dapat mengkonsumsi sayuran hijau guna mendukung proses metabolisme tubuh. 
  • Diet Atkins Fase 2 atua Prnyeimbangan : Pada fase 2 ini kamu secara perlahan diharuskan mulai mengkonsumsi makanan seperti kacang, sayuran dengan kadar karbohidrat yang rendah dan sedikit buah untuk menu makanan diet kamu. 
  • Diet Atkins Fase 3 atau Penyesuaian : Pada fase ketiga ini kan terjadi proses penyesuaian, dimana kamu nantinya akan mulai terbiasa dengan pola makan diet Atkins ini. Sehingga kamu akan mulai mengalami penurunan berat badan , sehingga kamu bisa merasakan manfaatnya dikemudian. 
  • Diet Atkins Fasa 4 atau Pemeliharaan : Pada fase terakhir ini kamu dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sehat yang memiliki jumlah toleransi yang sesuai. Perhatikan jumlah satu porsi karbohidrat yang kamu konsumsi. 

Manfaat Diet Atkins Untuk Kesehatan Tubuh

Cara Diet Atkins dan Manfaat dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui cara melakukan program diet Atkins, meskipun method diet satu ini samasi samar, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari diet Atkins. Berikut beberapa manfaat dari diet atkins.

Mengurangi Nafsu Makan

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan adalah mulai berkurangnya nafsu makan kamu. Dengan berkurangnya nafsu makan kamu makan secara tidak langsung kamu akan mengurangi asupan makanan yang akan memicu penurunan berat badan kamu juga. Mengurangi nafsu makan termasuk menjadi salah satu fase diet atkins yang membuat banyak pelakunya mulai merasa lelah dan menyerah. 

Namun, dengan mengonsumsi makanan selama diet atkins sendiri akan terjadi pengurangan nafsu makan dan menghentikan konsumsi asupan karbohidrat secara berlebih. Sehingga pada akhirnya kalori kamu akan menjadi jauh lebih sedikit. 

Menurunkan Lebih Banyak Berat Badan

Manfaat lain dari diet atkins sendiri adalah menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan menjalani diet atkins dengan kadar asupan karbohidrat yang sedikit pada tubuh akan cepat memangkas berat badan. Selain itu pemangkasan berat badan dalam program diet atkins sendiri terhitung cepat. 

Hal ini dikarenakan diet atkins memangkas konsumsi makanan dengan sumber karbohidrat yang tinggi, serta dapat untuk menghilangkan kelebihan air dalam tubuh dan menurunkan kadar insulin. Hal inilah yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cepat dalam satu atau dua minggu pertama. 

Menghilangnya Lemak Dalam Tubuh

Diet makanan rendah karbohidrat ini akan bekerja dengan efektif untuk mengurangi lemak khususnya area lemak pada tubuh. Banyak orang yang melakukan diet atkins ini akan kehilangan lemak di area perut dengan cepat. yang mana tampaknya sendiri dari rongga perut yang berjalan seiringan dengan program diet yang dilakukannya. Diet atkins inilah yang akan membantu penurunan risiko penyakit jantung serta diabetes tipe 2 secara drastis juga. 

Meningkatkan Kadar Kolesterol HDL

Pembakaran lemak dalam tubuh yang terjadi karena pemangkasan asupan karbohidrat ini akan berdampak dengan meningkatnya kadar kolesterol HDL dalam tubuh atau High Density Lipoprotein. HDL merupakan protein baik yang mana akan membuat kamu semakin rendah memiliki resiko terkena penyakit jantung. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar kolesterol baik sendiri adalah dengan melakukan diet rendah karbohidrat, protein serta lemak. 

Trigliserida Menurun Drastis

Jika kamu melakukan banyak aktivitas semasa diet, maka mampu mendorong peningkatan kadar trigliserida dalam tubuh. Selain itu seseorang yang menekan konsumsi karbohidrat juga memiliki proses penurunan trigliserida darah yang sangat signifikan. Kemudian hal inilah yang akan membuat diet atkins ini mengalami trigliserida dapat mengalami peningkatan selama kamu melakukan masa diet atkins. 

Efek Samping Diet Atkins

Setelah mengetahui manfaatnya, kamu juga harus mengetahui efek samping atau resiko dari program diet atkins jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama atau panjang. Salah satu dampak atau risiko diet atkins ini dapat menyebabkan kamu mengalami kelelahan, lesu, sembelit bahkan dapat menyebabkan kematian. 

Dalam beberapa sumber dan testimoni menyebabkan bahwa pola diet atkins ini memerlukan penelitian lebih lanjut. Hal ini dikatakan oleh Robert atkins sendiri yang menyebutkan bahwa pola dietnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hasil yang lebih sempurna. 

Sehingga bagi kamu yang memiliki niat untuk melakukan diet atkins disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke ahlinya. Dengan demikian kamu bisa melakukan program diet berdasarkan petunjuk ahlinya langsung dan terhindar dari berbagai efek samping atau risiko yang disebabkan pola diet atkins yang tidak benar. 

Demikian pembahasan mengenai cara melakukan diet atkins yang baik dan benar. Dengan mengetahui pola, cara, manfaat hingga dampak dan efek samping yang disebabkan diet atkins dalam jangka panjang bisa membuat kamu lebih berhati-hati lagi kedepannya. Sehingga proses penurunan berat badan kamu akan bekerja secara maksimal dengan hasil yang baik dan memuaskan.