Thursday, 18 Jul 2024

5 Makanan Untuk Kucing Mencret

6 minutes reading
Tuesday, 22 Aug 2023 04:32 0 190 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja makanan untuk kucing mencret? Agar si kucing bisa pulih dari diare dan mencretnya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait makanan apa saja yang bagus untuk memulihkan kucing mencret.

Ketika si kucing sedang mengalami diare yang membuatnya menjadi sering sekali BAB dan mencret, sehingga membuat si kucing kekurangan cairan di tubuhnya karena mencret terus. Membuat kamu khawatir dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya karena takut salah.

Terutama saat memberinya makan, takutnya penyebab kucing mencret itu karena makanan yang kamu beri kepada si kucing ternyata makanan itu tidak baik dan bagus untuk pencernaan. Membuat kamu bingung harus memberinya makanan yang seperti apa.

Lalu kalau begitu apa dong makanan yang baik untuk si kucing yang sedang mencret? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang makanan yang bisa kamu berikan untuk si kucing yang sedang mencret. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Makanan Untuk Kucing Mencret

Makanan Untuk Kucing Mencret

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab si kucing bisa mencret. Perlu untuk kamu kenali terlebih dahulu, agar bisa tau apa saja penyebabnya dan mempermudah kamu mengatasi si kucing yang sedang mengalami mencret.

Kucing yang mencret bisa disebabkan karena diare, entah itu karena kamu memberikan makanan yang salah sehingga membuatnya mencret atau memberikan susu kepada si kucing yang memiliki intoleran terhadap laktosa yang terkandung di dalamnya.

Perlu kamu ketahui makanan apa saja yang dapat menyebabkan kucing diare sampai mencret. Terkadang kamu secara tidak sengaja memberikan makan si kucing dengan tempe atau nasi untuk diberikan kepadanya. Ternyata memberikan tempe akan membuat si kucing mencret.

Selain itu memberikan nasi dalam jumlah yang banyak atau sering-sering, bisa menyebabkan kucing kamu diare dan mencret. Makanan mentah pun bisa menjadi salah satu penyebab kucing mencret, seperti daging mentah, ikan mentah, telur mentah dan lain sebagainya.

Bukan hanya mencret saja, tapi kucing kamu akan mengalami berbagai gangguan pencernaan lainnya kalau diberi makanan mentah seperti itu. Makanya usahakan untuk tidak sembarangan memberikan makan kepada kucing yang kamu pikir itu sehat tapi untuk kucing bisa sebaliknya.

Memberikan susu yang mengandung tinggi laktosa pun bisa membuat kucing kamu mencret, lho! Selain itu memberikan air mentah untuk diminum si kucing juga bisa membuatnya diare. Jadi sebaiknya kamu beri minum air mineral yang biasa kamu minum agar lebih sehat.

Ingat juga untuk tidak sembarangan memberikan makanan manusia kepada si kucing, lalu ketika kucing kamu sedang mengalami mencret juga sebaiknya berikan makanan yang dapat membantu membuatnya tidak mencret lagi, seperti makanan berikut di bawah ini:

Kaldu Ayam Atau Sapi

Memberikan kaldu ayam atau sapi, ternyata dapat membantu kucing kamu yang sedang mengalami diare dan mencret. Hal ini terjadi karena kaldu ayam atau sapi mengandung mineral, elektrolit dan protein yang membantu proses pemulihan si kucing dari mencretnya.

Selain itu dengan memberikannya kaldu seperti ini dapat memenuhi nutrisi dan proteinnya dari daging ayam atau sapi yang bagus untuk memulihkan serta memberikan energi untuk si kucing. Cairan yang berkurang karena mencret juga dapat terpenuhi kembali dari kaldu ini.

Kamu bisa dengan cara merebus daging ayam atau sapi sampai ekstrak atau sari kaldunya keluar. Nah, gunakan sari dari daging tersebut atau kaldunya itu untuk diberikan kepada si kucing dengan rutin sampai kucing kamu pulih dari diarenya.

Biji Labu Atau Labu Kuning

Labu merupakan buah yang bagus untuk kamu berikan kepada si kucing yang mengalami diare dan mencret. Kandungan yang terdapat pada labu seperti vitamin, mineral, elektrolit yang dibutuhkan si kucing ketika sedang sakit diare agar cairan di tubuhnya bisa terisi kembali.

Tidak hanya daging labunya saja, namun biji labunya pun bermanfaat untuk mengeluarkan cacing di dalam usus si kucing yang menyebabkan diare serta mencret dengan efektif. Cara ini bisa menjadi pengobatan tradisional untuk si kucing yang mengalami gangguan pencernaan.

Kamu bisa dengan cara merebus labu terlebih dahulu, lalu hancurkan sampai halus dan lembut supaya mempermudah kucing memakan serta mencernanya. Kalau untuk bijinya, kamu bisa dengan menghaluskan biji labu dan taburkan di atas makanan kucing yang biasa kamu berikan.

Dengan begitu nantinya cacing di dalam usus si kucing bisa keluar secara alami melalui fesesnya. Berikan labu secara rutin sampai si kucing merasa baikan dan pulih total dari diare dan mencretnya.

Daging Ayam

Ketika kucing kamu sedang mencret, penting sekali memberikan makanan yang berserat untuk kucing. Hal ini dapat membantu kucing kamu agar tidak mencret lagi, karena serat dapat membantu menjaga motilitas GI dan keseimbangan air yang ada di dalam tubuh si kucing.

Dengan begitu kucing kamu akan terhindar dan pulih dari diare, mencret serta sembelit. Makanya makanan yang berserat itu sangat paling dibutuhkan untuk kucing yang sedang mencret dan biasanya makanan yang berserat itu berasal dari daging-dagingan.

Kamu bisa gunakan daging ayam, lalu merebusnya dan berikan pada si kucing. Daging ayam mengandung banyak serat dan protein yang dibutuhkan si kucing ketika sedang sakit, termasuk saat diare dan mencret juga dapat membantu proses pemulihannya.

Royal Canin Digestive Care

Produk makanan kucing yang dapat membantu ketika sedang mencret salah satunya adalah Royal Canin Digestive Care. Produk makanan ini diformulasikan untuk membantu memperbaiki sistem pencernaan kucing hanya dalam kurun waktu 10 hari, lho.

Cocok untuk kamu berikan kepada si kucing ketika mereka sedang sakit diare dan mencret-mencret sampai benar-benar pulih. Memiliki kandungan nutrisi yang seimbang, jadi tidak perlu khawatir lagi si kucing tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Royal canin digestive care ini memiliki tekstur makanan yang mudah untuk dikunyah si kucing serta meminimalisir pembentukan plak di gigi. Kamu bisa dapatkan atau beli di petshop atau olshop agar lebih mudah untuk mencarinya dengan beragam harga yang bisa kamu pilih.

Royal Canin Gastro Intestinal

Selain RC Digestive Care, produk RC yang satu ini juga menjadi salah satu makanan yang dapat menyembuhkan si kucing dari mencretnya. Bekerja dengan sangat efektif selama masa pemulihan si kucing yang mengalami diare disertai mencret dengan RC Gastrointestinal.

Dapat mengatasi gangguan pencernaan pada si kucing dengan baik seperti muntah, diare, dan tidak mau makan. Selain itu produk makanan ini terdapat atau tersedia juga untuk kitten atau anak kucing yang mengalami diare disertai mencret yaitu Gastrointestinal Kitten.

RC Gastrointestinal bisa kamu beli dan dapatkan berbagai pet shop atau olshop agar mempermudah kamu untuk mencari produk makanannya. Tersedia dengan beragam harga juga yang bisa kamu pilih sesuai budget.

Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk kucing mencret yang perlu kamu ketahui agar bisa memberikan makanan yang tepat untuk kucing kamu yang sedang mengalami diare serta mencret dengan baik sampai si kucing benar-benar pulih kembali dari mencretnya.

Pastikan untuk selalu memberinya minum atau air mineral, agar dapat mengisi cairan di tubuhnya yang hilang akibat mencret. Sehingga tidak akan membuat si kucing lemas, lesu kekurangan cairan disaat sedang diare disertai mencret. Good Luck semoga membantu.