Monday, 17 Jun 2024

Cara Diet Mediterania Yang Benar dan Sehat

6 minutes reading
Monday, 21 Aug 2023 05:38 0 158 Muti Karya

Nesiaverse.com – Cara diet mediterania merupakan salah satu metode diet yang banyak dilakukan seseorang, guna menurunkan berat badan. Diet satu ini diadaptasi dari pola makan penduduk di kawasan mediterania. Dalam beberapa penelitian juga dikatakan bahwa diet satu ini sangat bermanfaat, selain untuk menurunkan berat badan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk melakukan diet ini, kamu harus memahami caranya terlebih dahulu, sehingga akan mudah menjalankannya. 

Seseorang pasti menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, khususnya bagi para wanita. Berat badan dan bentuk tubuh yang ideal tidak hanya enak untuk dipandang, namun juga mampu meningkatkan kesehatan seseorang dari dalam. Diet mediterania pun memiliki manfaat yang sama baiknya. 

Cara Diet Mediterania Yang Benar dan Sehat

Cara Diet Mediterania Yang Benar dan Sehat

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara melakukan diet mediterania yang baik dan benar, kamu harus mengetahui apa itu diet mediterania terlebih dahulu. Diet mediterania sebenarnya bukan dirancang untuk menurunkan berat badan pada awalnya. Karena kebiasaan atau gaya makan orang di negara perbatasan antara laut mediterania ini adalah Prancis, Spanyol, Italia dan Yunani sebagai acuannya. 

Diet mediterania ini populer karena mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan tubuh dengan mengadaptasi pola makan orang di kawasan mediterania. Karena mereka menggunakan pola makan ini maka hidup menjadi lebih lama. Dalam studi pada tahun 2019 lalu di International Journal of Environmental Research and Public Health dikatakan bahwa orang-orang ini memiliki kesehatan yang baik dan resikonya sangat rendah dari banyak penyakit kronis pada umumnya.

Karena hal tersebut diet mediterania sering kali dianjurkan dan direkomendasikan untuk menurunkan berat badan sekaligus untuk meningkatkan kesehatan dengan baik. Meskipun memang diet Mediterania ini tidak memiliki aturan atau sistem konkret untuk menjalaninya. Kamu harus mengetahui caranya. 

Berikut cara untuk melakukan diet mediterania yang baik dan benar. Dimana dalam diet mediterania sendiri kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak bahan nabati sebagai asupan makanan dan nutrisi setiap harinya bagi tubuh. Makanan yang kamu konsumsi selama masa diet mediterania ini sebenarnya masih dinilai kontroversial, dikarenakan adanya variasi dan bahan makanan dari setiap negara. Mengingat jika diet ini diadaptasi dari pola makan orang di kawasan laut mediterania.

  1. Masukan menu buah-buahan dan sayuran ke dalam menu harian kamu selama masa diet. Kamu dapat menambahkan atau mengganti porsinya secara perlahan. Sehingga akan terbiasa dengan menu makanan diet mediterania yang terdiri dari buah, sayuran dan bahan nabati lainnya. 
  2. Mulailah mengganti camelia yang memiliki kandungan banyak gula dan tepung menjadi cemilan yang menyehatkan. 
  3.  Konsumsilah gandum utuh, karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang akan membantu sistem pencernaan kamu selama masa diet berlangsung. 
  4. Pangkas penggunaan minyak dan kurangi asupan lemak jahat pada tubuh. Lemak jahat ini meliputi lemak trans dan lemak jenuh. Mulailah mengkonsumsi makanan dengan cara pengolahan yang sehat, yaitu direbus, dikukus atau dipanggang. 
  5. Pangkas dan kurangi konsumsi daging merah, jika kamu ingin mengkonsumsinya, konsumen makanan satu ini dalam frekuensi satu bulan 2 kali. Hal ini berpacu pada kelompok makanan dalam diet mediterania, dimana daging merah merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sebulan. 
  6. Gunakan rempah-rempah untuk memberikan rasa pada makanan kamu dimana mengolahnya dengan cara yang baik dan benar tentunya. 
  7. Hindari konsumsi susu secara berlebihan. Kamu dapat berlatih dengan mengkonsumsi susu skim maupun keju dengan kadar lemak yang rendah.

Panduan Cara Diet Mediterania 

Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi protein dalam jumlah tertentu secara rutin. Hal ini bisa kamu praktekkan dengan mengonsumsi ikan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Namun, kamu harus memahami cara pengolahan yang baik dan sehat. Kamu tidak boleh mengolahnya dengan cara digoreng, tetapi allahlah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang. Selain itu perhatikan porsi dan frekuensinya. 

Dalam melakukan program diet mediterania kamu akan dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi camilan yang sehat, yaitu terdiri dari buah dan kacang-kacangan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bahwa cemilan kacang-kacangan ini diolah tanpa adanya kandungan garam atau MSG tambahan di dalamnya. Karena akan memicu rasa lapar hingga kegagalan diet. 

Dalam melakukan diet mediterania, kamu dianjurkan untuk :

  • Mengonsumsi air putih sebanyak 2-3 liter per harinya, atau setara dengan 8 hingga 11 gelas. 
  • Mengkonsumsi susu, yogurt yang rendah lemak.
  • Menghindari konsumsi alkohol

Itulah cara untuk melakukan diet mediterania yang baik dan benar. Selain itu cara melakukan diet mediterania yang baik dan benar ini akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kamu, selain penurunan berat badan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari program diet mediterania yang baik dan benar.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jika kamu memiliki keluhan pada kesehatan jantung, maka diet mediterania sangat baik untuk mengatasinya. Pola makan diet mediterania ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Jika kamu rutin mengikuti diet mediterania maka risiko terkena penyakit jantung akan menurun atau sangat kecil. 

Hal ini dikarenakan diet mediterania memiliki cara untuk menekan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Karena diet satu ini menekankan konsumsi serat, protein, antioksidan dan lemak sehat dalam asupan makanan kamu. 

Mengurangi Risiko Stroke

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan diet mediterania ini memiliki persentase kecil terkena stroke. Bahkan efek ini diduga karena diet mediterania mampu menurunkan kadar kolesterol dan menambahkan asupan antioksidan didalamnya. 

Menurunkan Berat Badan

Fungsi utama yang dicari adalah menurunkan berat badan. Diet mediterania sendiri memiliki sistem penekanan konsumsi asupan makanan yang kaya akan protein, serat dan lemak sehat atau HDL di dalam tubuh. Sehingga kamu juga dapat mempertahankan badan ideal.

Selain itu asupan makanan yang dapat dikonsumsi pada diet mediterania sendiri memiliki jumlah kalori yang sangat rendah. Sehingga tidak akan membuat kamu kegemukan, justru akan membantu menurunkan berat badan dengan baik secara konstan. 

Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat lainnya dari diet mediterania yang kamu lakukan dengan cara yang tepat, yaitu mencegah penyakit alzheimer. Dalam berbagai riset kesehatan yang terkait dengan diet mediterania, ditemukan jika diet satu ini dapat mengurangi resiko penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir ketika usia seseorang bertambah.

Sehingga dengan menjalani program diet mediterania yang baik dan benar kamu akan terhindar dari penyakit alzheimer. Hal ini dikarenakan dalam menjalani diet mediterania kamu akan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan kaya antioksidan. Sehingga fungsi dan kesehatan otak akan meningkat. 

Mengurangi Peradangan

Manfaat lainnya adalah diet mediterania dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Diet satu ini dapat mengingatkan gejala penyakit peradangan seperti penyakit rheumatoid arthritis. Penyakit rheumatoid arthritis ini merupakan gangguan autoimun, dimana sistem imunitas seseorang kerap kali menyerang.

Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian bengkak di persendian. Diet mediternaian inilah yang mampu menurunkan resiko terjadinya peradangan yang bahkan dapat menyebabkan depresi hingga kanker. Kamu dapat memanfaatkan diet mediterania sebagai terapi dan pengobatan juga. 

Demikian pembahasan mengenai cara untuk melakukan diet mediterania dilihat dari panduan dan beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Meskipun diet ini tidak memiliki aturan paten, namun jika kamu melakukan beberapa anjuran yang akan meningkatkan hasil dari diet mediterania.

Sehingga hasil penurunan berat badan akan diiringi dengan peningkatan kesehatan tubuh dari dalam dan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mengerikan, salah satunya penyakit kanker.