Cara Diet OCD Seminggu Turun 10 Kg

6 minutes reading
Tuesday, 18 Jul 2023 20:58 0 47 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada berbagai macam metode diet salah satunya diet OCD, bisakah turun 10 Kg hanya dalam seminggu dengan diet OCD? mengingat dalam metode diet OCD sendiri tidak ada pantangan makanan dan bebas mengonsumsi makanan apa saja pada periode makan, setelah berpuasa dengan jendela tertentu yang kamu pilih, antara 8 jam, 6 jam hingga 4 jam. 

 Obsessive Corbuzier’s Diet atau OCD merupakan salah satu metode diet yang sangat populer dan perang viral pada 2013 lalu. Hal ini dikarenakan diet OCD juga memiliki method yang tidak berbeda jauh dengan intermittent fasting. Perbedaannya hanya satu, dimana diet OCD merupakan diet yang memiliki sifat bertahap, beda dengan diet intermittent fasting yang langsung memiliki waktu atau periode puasa 14 jam lamanya. 

Cara Diet OCD Seminggu Turun 10 Kg

Cara Diet OCD Seminggu Turun 10 Kg

Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan 10kg, kamu bisa mencobanya dengan diet OCD selama seminggu. Diet OCD yang sempat dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier ini memang sangat populer. Banyak yang menggunakan metode ini untuk menurunkan berat badannya. Meskipun banyak kontroversi karena diet ini seperti puasa. Sehingga tentunya aman-aman saja untuk dilakukan.

Beragam menu diet mulai dari defisit kalori yang kamu lakukan selama seminggu, namun tidak ada hasilnya maka kamu bisa mencoba metode diet OCD. Karena diet satu ini tidak akan menyiksa kamu dengan menu yang sudah ditentukan atau diminimalkan, kamu hanya perlu melakukan puasa dan makan pada waktunya saja.

Menurunkan berat badan 10 kg dalam jangka waktu seminggu adalah hal yang mustahil, karena normalnya seseorang akan turun berat badan normalnya 2 Kg dalam seminggu. Sehingga untuk turun 10 Kg sudah termasuk tindakan diet yang tidak sehat. Meskipun begitu kamu bisa mencobanya dan membukti apakah bisa turun 10 kg dalam seminggu dengan cara menjalankan diet OCD. 

Mengenal Jendela Makan Diet OCD

Dalam buku Obsessive Corbuzier Diet satu OCD yang diterbitkan pada 2014 lalu dikatakan, ada beberapa tahapan atau cara dalam melakukan diet OCD. Ada aturan yang akan membuat diet kamu lancar. Berikut beberapa aturan dan cara untuk melakukan diet OCD yang bisa membantu kamu turun 10 Kg dalam seminggu.

Berpuasa Selama 16 Jam

Jendela makan OCD merupakan jadwala atau katu makan dan berpuasa setiap minggunya. Pada minggu pertama kamu menjalani diet OCD ini, kamu harus berpuasa selama 16 jam.Di minggu pertama kamu perlu makan 8 jam sehari, tanpa sarapan. Pastikan juga jam kamu makan dan berpuasa sesuai serta tidak berubah-ubah. 

Dalam melakukan diet OCD kamu bisa mengonsumsi makanan apa saja, sehingga aman dan bisa kamu konsumsi sesuai jendela dan jadwal puasa diet OCD kamu. Pastikan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar kalori yang tinggi juga, makan dan minum secukupnya saja.

Berpuasa Selama 24 Jam

Selanjutnya adalah alternatif 2, dimana kamu bisa menggunakan jendela OCD dengan cara menerapkan waktu berpuasa selama 24 jam. Untuk mempraktekkan diet OCD ini kamu bisa menerapkan waktu berpuasanya sendiri selama 24 jam. Berpuasa 24 jam ini bukan berarti kamu tidak boleh makan. Hanya saja kamu memiliki jadwal makan di jam 4 sore, kemudian memperhatikannya lagi hari selanjutnya di jam yang sama. 

Ketika kamu berpuasa 24 jam artinya kamu hanya makan sekali saja, sebagai contoh, kamu mulai makna pada jam 5 sore di hari senin. Maka, di hari selasa kamu hanya boleh makan di jam 5 sore itu juga. Pastikan menu yang kamu santap sudah memiliki jumlah nutrisi dan vitamin yang tubuh kamu perlukan. Dengan memperhatikan pola makan ini, tubuh akan berubah menjadi mesin pembakar lemak secara alami. 

Melewati Waktu Sarapan

Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang sangat diutamakan dna penting, begitupun bagi kamu yang tengah menjalani program diet. Namun, jika kamu sedang menjalankan diet OCD yang menggunakan teknik berpuasa maka kamu harus menghindarinya. 

Namun, hal tersebut dibantah oleh Deddy, dikarenakan hal tersebut hanya akan membuat penumpukan insulin dalam tubuh. Sehingga hasil dari penumpukan insulin ini lah yang akan menyebabkan seseorang mengalami seperti rasa kantuk berlebih.Maka, kamu disarankan untuk mengonsumsi sarapan 3 hingga 4 jam setelah bangun tidur saja. 

Jika kamu sudah mengetahui waktu yang tepat untuk makan saat menjalani diet OCD, maka kamu harus memilih menu yang sehat saat melakukan program diet satu ini. Menu diet OCD yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari harus kamu perhatikan, khususnya sumber protein yang sangat dibutuhkan tubuh saat melakukan diet. 

Dilansir dari Havas Health, dikatakan bahwa kebutuhan protein per harinya adalah 0,8 gram. Selain itu ada juga kebutuhan lainnya seperti protein pada wanita dewasa yang setidaknya mengonsumsi 46 gram hingga 56 gram protein. Berikut beberapa hal yang dapat membantu diet OCD seminggu kamu berhasil

Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang paling utama. Bahkan sebagai sumber protein telur juga menjadi salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin yang banyak, mineral, antioksidan dan lemak sehat. Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan kolin yang memiliki peranan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kehidupan. 

Creatine

Menu OCD selanjutnya adalah minuman yang memiliki kandungan creatine. Minuman satu ini bisa kamu konsumsi sesudah maupun sebelum melakukan latihan fisik sebanyak 5 hingga 10 gram. Creatine sendiri merupakan salah satu minuman yang sangat aman diminum apalagi saat kamu melakukan puasa. Selain itu kreatin juga tidak dimetabolisme tubuh untuk energi, selain untuk meninggalkan kadar insulin pada tubuh.

Whey Protein Shakes

Salah satu sumber asupan makanan seperti buah buahan sangatlah penting bagi penderita OCD. Selain itu Whey protein juga menjadi salah satu sumber kehidupan dalam melakukan diet OCD. Whey protein juga dikemas dalam berbagai bentuk yang menarik. Dengan memperhatikan dan memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan protein, nantinya akan membantu kamu untuk membentuk hingga membangun massa otot pada tubuh. 

Rajin Melakukan Olahraga 

Terakhir, adalah salah satu kunci yang memiliki peranan penting untuk keberhasilan diet OCD seseorang, yaitu olahraga. Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa mengatasi kalori yang menumpuk dan menjadi lemak. Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi lemak pada tubuh adalah dengan melakukan olahraga, Dengan olahraga maka mudah untuk menghilangkan lemak dalam tubuh karena terbakar dengan cepat, jika dibandingkan dengan biasa.

Dalam melakukan olahraga bagi pelaku diet OCD, kamu bisa menerapkan diet 07W. 07W merupakan olahraga yang membutuhkan waktu sebanyak 7 menit. Maksudnya adalah kamu bisa melakukan olahraga per 7 menit saja, tanpa diulang-ulang. 

Adapun pantangan diet OCD dilarang bagi yang tengah hamil. karena akan berpengaruh terhadap risiko terganggunya pencernaan ibu hamil, menghambat pertumbuhan sang bayi. Selain itu penggunaan program diet ini tidak disarankan bagi yang memiliki penyakit berat juga. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara untuk melakukan diet OCD dalam waktu 1 minggu saja. Dengan beini kamu bisa memantau kenapa teru memakan diet namun tidak ada perubahan.