Monday, 17 Jun 2024

Cara Diet Protein Untuk Kurus dan Tetap Sehat

6 minutes reading
Saturday, 22 Jul 2023 22:35 0 173 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bagi kamu yang ingin kurus dengan cara melakukan diet protein, tentunya kamu harus mengetahui takaran atau jumlah protein untuk dikonsumsi. Diet memang menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu menurunkan berat badan, apalagi jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu pola hidup akan terjaga dan sehat. Kemudian, berat badan ideal yang kamu dambakan akan tercapai dengan baik. 

Diet yang baik adalah diet yang tetap menjaga makan seperti biasanya, namun juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan kandungan nutrisi untuk tubuh yang cukup. Karena bagaimanapun tubuh membutuhkan asupan gizi dan nutrisi jika tidak proses metabolisme tubuh akan terganggu. Sehingga bukan berat badan yang turun saja, namun kamu akan terkena berbagi risiko penyakit. 

Cara Diet Protein Untuk Kurus

Cara Diet Protein Untuk Kurus dan Tetap Sehat

Saat ini banyak sekali metode yang bisa kamu gunakan dalam menjalani diet, salah satunya adalah diet protein. Diet protein sendiri merupakan diet yang akan membantu tubuh kamu kenyang lebih lama, sehingga akan mencegah makanan berlebihan. Nantinya kamu akan meningkatkan jumlah asupan protein, karena hal tersebut merupakan kunci utama dalam program diet protein. Bahkan dalam melakukan diet protein juga kamu dapat membentuk otot tubuh, 

Sebagai salah satu jenis diet, diet protein ini nantinya akan mengutamakan konsumsi dan asupan sumber protein dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak. Sehingga kamu bisa mendapatkan badan yang kurus atau berat badan idaman kamu dengan menjalani program diet satu ini. Namun, kamu juga tidak boleh asal menjalankan diet, pastikan diet yang kamu gunakan sesuai dengan kondisi tubuh serta  kesehatan kamu. Maka, lakukanlah konsultasi pada ahlinya terlebih dahulu jika diperlukan.

Cara diet protein untuk badan kurus, kamu harus menjaga tubuh tetap memiliki asupan nutrisi yang baik. Jika kamu adalah orang dewasa maka kamu membutuhkan 0,8 gram protein untuk setiap kilogram dalam tubuh kamu. Misalnya jika kamu memiliki berat badan 60 Kilogram, maka kebutuhan protein harian yang kamu butuhkan dan harus dicukupi adalah 50 gram saja. Dari sini, kamu sudah bisa menerapkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein.

Menu Makanan Untuk Diet Protein Agar Tetap Sehat

Cara Diet Protein Untuk Kurus dan Tetap Sehat

Setelah mengetahui cara diet protein berdasarkan kebutuhan protein harian agar kurus. Kamu membutuhkan rekomendasi makanan yang akan memenuhi kebutuhan protein kamu. Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis makanan untuk diet protein. 

Telor

Telor merupakan makanan yang paling bergizi dan memiliki kadar protein yang sangat tinggi. Telur sendiri merupakan sumber vitamin, lemak sehat, mineral bahan antioksidan yang baik bagi tubuh. Ketika kamu melakukan diet, telur wajib masuk sebagai menu makanan diet kamu pada jam sarapan. 

Putih telur memiliki kandungan protein yang murni, kandungan inilah yang sangat dibutuhkan seseorang saat menjalankan diet protein. Kemudian, jika kamu mengonsumsi serta kuning telurnya, maka kamu mendapatkan nutrisi, vitamin, mineral, antioksidan hingga lemak sehat didalamnya. Maka, kamu boleh mencoba diet protein dengan menu utama telur di jam sarapan kamu. 

Dada Ayam

Dalam melakukan diet protein, kamu membutuhkan asupan daging juga. Salah satu konsumsi daging yang aman dan mampu menambahkan asupan protein harian adalah dada ayam. Dada ayam memiliki kandungan vitamin B, mineral seperti seng hingga selenium. Dalam mengkonsumsi dada ayam saat kamu menjalani diet protein, pastikan kamu menyisihkan kulitnya dan tidak mengkonsumsi kulit dari dada ayam tersebut. 

Dada ayam merupakan salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan ketika kamu diet protein. Dalam 100 gram daging dada ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 18,3 gram. Sehingga kebutuhan protein harian kamu akan terpenuhi. Namun, kamu harus memperhatikan juga cara pengolahan dada ayam yang benar, kami merekomendasikan untuk memanggang atau menulisnya saja. 

Daging Sapi Tanpa Lemak

Selain daging putih dada ayam, kamu bisa mendapatkan sumber protein melalui daging merah seperti daging sapi. Daging sapi tanpa lemak menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk kamu konsumsi saat diet protein. Daging sapi yang kamu olah dengan cara yang sehat memiliki kandungan zat besi, seng, selenium, vitamin B6 dan vitamin B12. Sehingga kebutuhan tubuh bisa kamu dapatkan dari daging sapi tanpa lemak. Kami menyarankan untuk mengkonsumsi bagian tenderloin untuk membantu program diet protein kamu. 

Ikan

Ikan merupakan salah satu daging putih yang aman kamu konsumsi saat menjalankan program diet protein. Karena, ikan merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik, ikan juga memiliki kandungan mineral penting yang meliputi yodium, selenium, vitamin B12. Dengan mengkonsumsi daging putih dari ikan kamu juga akan meningkatkan kesehatan tubuh, sehingga tidak mudah terkena serangan penyakit seperti jantung hingga diabetes tipe 2. Pastikan kamu mengolah ikan dengan cara yang baik dan benar, sehingga tidak kehilangan kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh ketika diet. 

Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Namun, tahukah kamu jika brokoli memiliki kandungan protein yang akan mendukung program diet protein kamu. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki kandungan vitamin, mineral yang berfungsi melindungi tubuh dari risiko terkenanya kanker juga. Selain brokoli kamu juga bisa mendapatkan sayuran yang sejenis yaitu dari kembang kol maupun kangkung. Maka, masukkanlah brokoli ke daftar menu diet protein kamu. 

Quinoa

Biji-bijian diperlukan jika kamu menjalani program diet protein. Quinoa atau biji-bijian memiliki kandungan yang kaya akan serat, tembaga, besi, seng. Bahkan di dalam kandungan Quinoa memiliki kadar protein yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis biji-bijian lainnya. Quinoa juga sering disebut sebagai protein yang lengkap, karena didalamnya terdapat kandungan 9 asam amino esensial yang tidak mampu diproduksi oleh tubuh sendiri. Maka, Quinoa merupakan salah satu jenis makanan yang kami rekomendasikan sebagai salah satu cara menopang diet protein untuk kurus.

Olahan Kedelai

Adapun olahan kedelai yang bisa kamu masukan ke daftar menu diet protein untuk kurus. Hal ini dikarenakan kandungan olahan kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi, vitamin, mineral hingga asam amino. Asam amino sendiri adalah salah satu senyawa yang kedudukannya penting untuk pembentukan protein di dalam tubuh manusia. 

Dengan mengkonsumsi olahan kedelai saat menjalankan program diet protein, tentunya menjadi suatu hal yang baik. Selain memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, olahan kedelai mencegah kamu dari serangan jantung, diabetes hingga kanker. Olahan protein yang bisa kamu konsumsi diantaranya ada tahu dan tempe. Lagi, kami merekomendasikan cara pengolahan yang sehat yaitu dipanggang maupun di tumis, sehingga kamu tidak akan kehilangan kandungan protein dan senyawa penting didalamnya. 

Susu

Susu adalah salah satu sumber protein dengan kualitas yang tinggi, disertai kalsium, fosfor dan vitamin di dalamnya. Selain itu susu memiliki kandungan yang kaya akan omega 3. Sehingga baik untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit yang berkaitan dengan kesehatan tulang.

Dalam secangkir susu sapi murni, terdapat jumlah protein 8 gram, kemudian dalam susu kedelai memiliki 6.3 gram kandungan protein di dalamnya. Dengan begitu mengkonsumsi susu dapat membantu diet protein kamu dan mendapatkan berat badan idaman kamu dengan mudah. 

Makanan yang kami rekomendasikan diatas dapat membantu diet protein kamu. Karena makanan yang kaya akan protein mampu membuat pembakaran kalori dalam tubuh lebih banyak. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi mampu mengurangi nafsu makan saat kamu melakukan program diet. Selain itu, kandungan protein yang tinggi dalam sebuah makanan mampu mempengaruhi hormon yang mengatur berat badan. Penurunan berat badan tanpa pembatasan kalori bisa terjadi ketika kamu memiliki jumlah protein yang cukup.

Demikian pembahasan mengenai cara diet untuk menjadi kurus dan mendapatkan berat ideal kamu. Dalam melakukan diet protein, kamu harus benar-benar memperhatikan asupan dan kebutuhan protein hariannya. Kami sudah menjelaskan cara mengetahui jumlah protein harian normal dan beberapa jenis makanan yang mampu menyukseskan program diet protein kamu.