Thursday, 18 Jul 2024

Cara Melatih Merpati Agar Stut Kencang

4 minutes reading
Thursday, 2 Nov 2023 07:07 0 349 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Walaupun sudah banyak sekali orang yang memelihara burung merpati terutama para pecinta burung, tetapi masih ada sebagian orang yang belum tahu dengan bagaimana cara melatih merpati agar stut kencang? Untuk mengetahui dengan caranya maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Pastinya sudah tidak asing dengan burung merpati yang satu ini karena memang burung merpati yang sudah ada dari jaman dulu hingga sekarang, bahkan jenis burung yang satu ini juga sering terlihat dilombakan oleh para penghuninya.

Pastinya sudah kamu ketahui bahwa dalam setiap pentas perlombaan burung merpati yang dimana penampilan burung merpati yang maksimal dan juga menyukai, hal ini yang tentu saja sangat diharapkan oleh para pemiliknya.

Tetapi hal tersebut bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkannya karena agar burung merpati bisa tampil dengan memukau dan maksimal yang memerlukan beberapa pelatihan, kamu  yang harus melakukan pelatihan terutama melatih burung merpati agar memiliki stut kencang.

Mungkin untuk cara melatih merpati agar stut kencang bagi sebagian para pecinta burung merpati yang sudah mengetahuinya, bahwa burung merpati tersebut terdiri dari karakter berbeda-beda ada giringnya yang bagus tetapi tidak mempunyai stut kentang.

Begitupun sebaliknya ada juga yang giringnya tidak baik namun memiliki stut yang kencang, lalu bagaimana cara untuk bisa mendapatkan burung merpati dengan giringnya yang bagus dan juga stut yang kencang?

Jangan khawatir karena pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai dengan cara melatih merpati agar stut kencang dan juga giringan yang hebat bisa kamu ketahui dan coba terapkan, untuk itu yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Melatih Merpati Agar Stut Kencang

Sebenarnya dalam melakukan cara melatih merpati agar stut kencang yang bisa kamu coba lakukan dengan mudah, tetapi dalam hal ini kamu juga harus melakukannya secara teratur dan juga konsisten agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan keinginan kamu.

Di dalam cara melatih merpati agar stut kencang yang terdapat 3 tahap cara pelatihan dan 1 tahap pemberian suplemen,nah agar tidak salah dalam melakukannya maka kamu bisa dengan memperhatikan beberapa caranya dibawah ini yaitu sebagai berikut:

Dengan Melatih Penyesuaian Dalam Sekitar Kandang

Untuk salah satu cara melatih merpati agar stut kencang yang bisa kamu coba terapkan yang pertama kali yaitu dengan melatih burung merpati untuk beradaptasi pada sekitar kandang atau sangkar, untuk cara yang satu ini sangat penting karena burung merpati sering kali performanya bagus di lapangan malah berbanding terbalik saat di sekitar kandang.

Proses pelatihannya yang dapat coba kamu lakukan lewat tahap bermain dengan burung merpati betina di sekeliling kandang, selanjutnya mulai ajak burung merpati jantan bermain dengan gaya menaik turunkan betina dari tanah dan usahakan tidak ada burung merpati betina lain di sekitarnya yang tentu saja bisa mengganggu konsentrasi.

Dengan Melatih Jarak Dengan Perlahan

Untuk cara melatih merpati agar stut kencang selanjutnya bisa kamu coba terapkan yaitu dengan mencoba melatih jarak jauh penerbangan secara perlahan, untuk proses pelatihan ini yang bisa kamu lakukan dengan memulai menerbangkan burung merpati jantan dengan jarak lebih jauh secara perlahan.

Lakukan cara yang satu ini secara berulang-ulang kali namun dengan catatan kamu harus tetap tenang dan juga sabar, karena jika dilakukan dengan tergesa-gesa maka burung merpati yang akan mudah mengalami stres, sehingga dengan begitu kondisi stut dan juga giringnya yang bisa menurun secara drastis.

Dengan Melatih Fokus Betina

Burung merpati muda yang baru saja mengalami giring kerap mengalami kehilangan fokus pada burung merpati betinanya, hal ini yang bisa diatasi dengan mencoba melatihnya untuk melakukan lob-lob dari jarak dekat.

Contohnya dengan cara dari atas kandang ke perut sang pelatih tetapi jika burung merpati jantan tidak kunjung mau terbang ke arah betinanya maka bisa dengan mencoba dengan jarak yang lebih dekat, lakukan cara ini terus menerus hingga burung merpati jantan bisa memfokuskan diri ke burung merpati betina tanpa terganggu oleh betina yang lainnya.

Dengan Memberi Asupan Jamu

Terakhir untuk cara melatih merpati agar stut kencang yang bisa kamu coba selain dengan melakukan pelatihan namun kamu juga bisa dengan memberikan suplemen pada burung merpati berupa jamu, ternyata jamu yang memberikan khasiat yang bisa membantu dalam melatih burung merpati agar turun dengan kencang.

Tetapi untuk beberapa sumber yang menyebutkan bahwa pemberian suplemen atau jamu ini yang bagusnya diberikan pada burung merpati yang telah dilatih pada titik lepasan 200 hingga 300 meter, untuk pemberiannya cukup 1 kali dalam sehari dan bisa diberikan di sore hari selepas pelatihan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara melatih merpati agar stut kencang yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba terapkan dengan mudah dan pastikan kamu melakukannya dengan sabar dan juga konsisten, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil.