Monday, 17 Jun 2024

Cara Memandikan Burung Perkutut

4 minutes reading
Monday, 9 Oct 2023 22:43 0 218 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata memandikan burung perkutut yang tidak boleh sembarangan dilakukan di takutnya burung perkutut malah masuk angin, nah untuk kamu yang masih pemula dan ingin tahu dengan cara memandikan burung perkutut bisa dengan simak penjelasannya disini.

Burung perkutut sendiri merupakan salah satu jenis burung kicau yang menjadi favorit oleh para kolektor burung karena burung perkutut ini yang memiliki suara kicauan yang sangat menenangkan dan merdu dan khas, sehingga tidak heran jika burung perkutut disukai oleh banyak orang atau memiliki peminat yang banyak.

Burung perkutut berasal asli dari Indonesia tersebar di beberapa wilayah seperti di pulau Jawa dan juga di sekitarnya, tidak hanya di Indonesia saja burung perkutut juga terdapat di negara tetangga seperti di semenanjung Malaysia, Thailand, Filipina dan yang lainnya.

Untuk bisa membuat burung perkutut ini menjadi jinak dan juga rajin bunyi tentu saja diperlukan berbagai perawatan harian yang bagus dan tepat, salah satu perawatannya yaitu memandikan burung perkutut dengan benar agar membuat burung tersebut sehat dan gacor.

Dimana dalam proses atau cara memandikan burung perkutut yang benar yaitu disertai dengan teknik pemijatan tertentu, memandikan burung ini yang sebaiknya kamu lakukan secara berhati-hati lembut dan juga pada jam yang tepat teratur.

Burung kenari yang rutin dimandikan yang diharapkan watak burung kenari menjadi jinak tidak giras dan juga memiliki suara yang lebih lantang, karena biasanya burung perkutut ini berasal dari hasil tangkapan alam liar atau ombyokan ada di pasar burung.

Pada saat akan memandikan burung perkutut yang giras tentu saja kamu harus lebih berhati-hati karena biasanya terdapat luka pada sayap atau tubuhnya, untuk luka tersebut biasanya didapatkan dari kebiasaan yang kerap membenturkan diri pada sangkar secara berulang kali.

Oleh karena itu untuk kamu yang ingin tahu dengan tahap-tahap atau cara memandikan burung perkutut yang baik dan benar, maka kamu bisa menyimak penjelasannya dibawah ini yang akan kita bahas secara jelasnya untuk itu yuk simak dengan seksama.

Cara Memandikan Burung Perkutut

Cara Memandikan Burung Perkutut

Memandikan burung perkutut merupakan salah satu perawatan harian yang wajib dilakukan dan tidak boleh terlewatkan, karena mandi yang akan membuat burung perkutut menjadi lebih sehat, segar dan juga lebih bersih serta memastikan burung perkutut peliharaan yang selalu sehat.

Karena jika memandikan burung perkutut ini secara asal-asalan yang bisa membuat burung perkutut menjadi mengalami stres dan bahkan menjadi malas untuk berbunyi, bahkan hal yang lebih parahnya lagi bisa membuat burung perkutut menjadi masuk angin dan kasus ini yang sudah banyak terjadi.

Untuk cara memandikan burung perkutut terbaik bisa kamu lakukan yaitu dilakukan secara langsung dengan menggunakan tangan sendiri, hal ini yang dilakukan agar burung perkutut tersebut yang menjadi lebih mengenal pemiliknya dan sekaligus menjadikan burung perkutut menjadi lebih jinak tidak giras.

Pada saat akan memandikan burung perkutut maka usahakan memberikan pijatan ringan ke tubuh burung tersebut, cara memandikan burung perkutut ini yang bisa dilakukan pada waktu sore menjelang magrib atau pergantian siang menuju malam atau pukul 6 sampai 8 malam bermanfaat meningkatkan stamina dan membuat burung tidak giras.

Disarankan untuk memandikan burung perkutut dalam kurun waktu 2 hari sekali atau 1 kali seminggu yang tergantung dari perilaku burung perkutut sendiri sehari-harinya, adapun untuk cara memandikan burung perkutut yang bisa kamu coba terapkan yaitu sebagai berikut:

Cara Memandikan Burung Perkutut Dengan Air Cucian Beras

  • Terlebih dahulu silahkan siapkan air cucian beras.
  • Kemudian ambil burung perkutut di sangkar dan ganggang secara lembut dengan tangan kamu.
  • Lalu basuh burung perkutut dengan menggunakan air cucian beras dimulai dari bagian sayap sampai menyeluruh.
  • Lakukan cara ini secara perlahan agar burung perkutut tidak merasa terancam.
  • Sesekali kamu elus dan pijat pada bagian dadanya.
  • Cara memandikan burung perkutut dengan air cucian beras dapat dilakukan 1 kali seminggu dan kuman tersembunyi di bulu-bulu burung yang pastinya akan minggat.
  • Pastikan burung perkutut merasa nyaman dan tidak terancam saat berada di genggaman kamu.

Cara Memandikan Burung Perkutut Dengan Air Hangat

  • Terlebih dahulu siapkan ember berisi air hangat jika tidak ada air bekas cucian beras sebagai gantinya air hangat untuk terapi menjinakkan burung perkutut.
  • Pada saat memandikan burung perkutut usahakan menggenggamnya secara perlahan.
  • Buat burung kenari menjadi nyaman agar tidak merasa terancam.
  • Lalu basahi dengan mengucurkan air hangat secara perlahan di bagian ekor, badan dan juga kepalanya.
  • Jangan lupa melebarkan sayap dan basahi pada permukaan atas dan juga dalamnya.
  • Jangan lewatkan untuk memandikan pada bagian ketiak burung perkutut karena pada bagian tersebut kerap terserang telur kutu.
  • Perlu ingat hindari membasahi ada bagian hidung agar burung perkutut tidak terserang penyakit seperti flu.
  • Setelah dimandikan secara merata selanjutnya melakukan pemijatan secara merata pada tubuh burung perkutut.
  • Lakukan pemijatan pada beberapa titik seperti di kepala, sayap, ekor, badan, lehernya hingga bagian dada yang bertujuan membuat burung perkutut menjadi lebih rileks.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara memandikan burung perkutut yang bisa kamu ketahui dan bisa dicoba terapkan dengan mudah dan pastikan melakukan dengan baik dan benar, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.