Thursday, 18 Jul 2024

Cara Memandulkan Kucing Secara Alami

6 minutes reading
Saturday, 19 Aug 2023 18:33 0 382 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara memandulkan kucing secara alami? Agar si kucing tidak hamil saat kawin. Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui atau mencari tahu terkait cara memandulkan kucing secara alami.

Sering membuat kamu resah ketika mempunyai kucing betina yang harus terus mengalami kehamilan disetiap musim kawinnya dan itu membuat kamu kewalahan kalau terus menerus membiarkan si kucing hamil beberapa kali dengan si pejantan atau kucing jantan.

Memang sudah menjadi resiko ketika mengurus atau memelihara kucing betina, pastinya akan terjadi hal seperti ini. Apalagi disetiap mengandung tentunya bukan hanya ada 1 atau 2 janin saja, melainkan lebih dari itu dan hal ini terjadi berulang-ulang disetiap musim kawin kucing.

Lalu kalau begitu bagaimana cara untuk memandulkan si kucing secara alami? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk memandulkan si kucing secara alami, baik untuk betina maupun jantan nya. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Memandulkan Kucing Secara Alami

Cara Memandulkan Kucing Secara Alami

Sudah menjadi proses alami dalam tubuh si kucing saat kawin dengan kucing jantan, pasti akan terjadi pembuahan pada rahim si betina sehingga membuat kucing kamu hamil setelah kawin selama beberapa kali. Kucing kamu akan mulai mengandung dan mempunyai keturunan.

Kucing juga memiliki hasrat atau nafsu birahi ketika masa atau musim kawin ini terjadi. Biasanya musim kawin yang normal bagi kucing yaitu di musim semi dan akhir musim panas. Namun, memang tidak cukup menentukan juga karena betina dan pejantan musimnya berbeda.

Musim kawin pada kucing jantan biasanya terjadi atau datang pada setiap bulan maret hingga september, sedangkan kucing betina biasanya dimulai pada bulan februari hingga oktober setiap tahunnya. Selain itu kucing juga termasuk hewan poliestrus yang memiliki siklusnya.

Dilansir dari forevervets.com kucing biasanya akan mengalami siklus panas atau birahi setiap 10 hari hingga 2 minggu lamanya. Hal ini dimaksud dengan siklus birahi si kucing dan akan berhenti saat kucing kawin atau terlampiaskan nafsu birahinya pada pasangannya.

Memang cukup meresahkan ketika kucing peliharaan kamu memiliki banyak anak dan hamil dalam beberapa kali, pastinya membuat kamu kewalahan juga dalam merawatnya. Makanya ada program untuk memandulkan hewan ternak agar lebih ramah lingkungan.

Adapun beberapa cara untuk memandulkan kucing secara alami yang bisa kamu lakukan sendiri dalam pencegahan maupun memandulkan si kucing agar tidak hamil secara alami, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memisahkan Kedua Pasangan Kucing

Cara yang cukup sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan memisahkan kucing betina dan kucing jantan ketika masa kawinnya datang. Kamu bisa mengisolasi salah satunya di suatu ruangan yang sudah kamu sediakan untuk si kucing saat akan mendekati masa kawinnya.

Walaupun memang cara seperti itu terlihat mudah, tapi ada efek tertentu yang kemungkinan membuat si kucing stres karena dikurung atau diisolasi di ruangan tertutup, sehingga membuat mereka merasa kesepian, stres dan nafsunya tidak terlampiaskan dengan baik.

Maka dari itu untuk mencegah terjadinya hal tersebut, usahakan kamu mengurungnya di ruangan yang cukup luas dan terdapat sinar matahari tidak gelap, menyediakan mainan untuknya, dan luangkan juga waktu untuk bermain bersama si kucing agar tidak bosan.

Dengan begitu kucing pun tidak akan merasa stres karena dikurung di ruangan yang sepi dan tertutup. Kamu juga bisa dengan mengelus-ngelus bagian atas ekornya untuk meredakan birahi si kucing, berikan tempat yang hangat juga untuk membuatnya nyaman selama masa panasnya.

Memberikan Ragi di Makanannya

Cara yang cukup efektif agar membuat si kucing mandul secara alami adalah dengan memberikan sedikit ragi di dalam makanannya. Hal ini bisa membuat si kucing tidak akan hamil karena proses fermentasi yang disebabkan oleh ragi yang masuk ke dalam pencernaannya. Walaupun sebenarnya cara ini hanya untuk mencegah kucing hamil saja.

Sehingga membantu pencegahan agar si kucing tidak hamil, caranya juga cukup mudah. Kamu bisa menaburkan sedikit ragi kedalam makanannya yang biasa kamu berikan kepada si kucing. Selain itu ragi juga bisa meredakan bau yang menyengat pada makanan si kucing. Perlu diingat juga untuk tidak memberikan ragi ketika si kucing sedang hamil.

Melakukan Sterilisasi ke Jantan dan Betina

Nah, untuk sterilisasi ini merupakan cara untuk memandulkan kucing secara permanen, baik dilakukan pada si jantan maupun betina keduanya bisa dilakukan. Tindakan ini juga termasuk ramah lingkungan supaya hewan peliharaan tidak mudah memiliki keturunan.

Dimana nantinya jika dibiarkan terus berkembang biak, populasi hewan akan semakin banyak dan kemungkinan dapat merugikan lingkungan. Maka dari itu untuk kamu yang ingin memandulkan atau menstopkan kucing peliharaan kamu untuk tidak hamil, lakukanlah sterilisasi.

Sterilisasi pada kucing ada proses pengangkatan organ reproduksi, baik pada jantan maupun betina. Selama operasi untuk mengangkat organ reproduksi kucing akan diberikan anestesi agar tidak merasa sakit saat operasi dilakukan. Dengan begitu kucing kamu akan mandul seutuhnya.

Memasang Alat Diffuser Feliway

Diffuser Feliway merupakan alat penyemprot yang dapat membantu kucing meredakan stres dan juga bisa untuk meredakan birahinya ketika si kucing dalam masa kawin. Sehingga membuat si kucing bisa tenang dari birahinya secara alami dengan alat ini.

Dengan begitu kucing kamu bisa menahan nafsunya dan merilekskan birahi si kucing untuk tidak kawin. Kamu tidak perlu khawatir lagi kucing akan hamil atau kawin tanpa perlu repot-repot melakukan hal yang ekstrim kepada si kucing agar tidak hamil.

Memberikan Pil KB Untuk Kucing Betina

Salah satu upaya pencegahan kucing untuk tidak hamil adalah dengan memberikan pil KB atau suntikan KB untuk si kucing betina. Dengan pil KB ini dapat menghambat proses pembuahan dan implantasi janin pada rahim si kucing betina, sehingga membuat si kucing tidak hamil.

Penggunaan injeksi suntik hormon atau KB bisa mengendalikan siklus reproduksi kucing selama 2-3 bulan. Jadi KB tidak memandulkan si kucing secara permanen, melainkan untuk mencegah mereka hamil saat sedang kawin dengan cara meng KBnya.

Untuk KB ini kamu bisa dengan membawanya ke dokter untuk ditangani langsung oleh ahlinya, karena KB bukan suatu hal yang sembarangan untuk dilakukan sendiri tanpa adanya arahan dari dokter hewan. Kamu juga bisa memilikinya dalam bentuk pil atau suntikan.

Itulah beberapa cara memandulkan kucing secara alami yang perlu kamu ketahui untuk segera melakukan pencegahan agar si kucing tidak hamil. Dengan begitu tidak perlu khawatir lagi si kucing akan hamil, karena kamu sudah melakukan pencegahan agar tidak membuatnya hamil.

Pastikan untuk steril dan memberi obat KB untuk kucing, segera langsung dibawa ke dokter hewan dan ditangani langsung oleh ahlinya. Karena penanganan yang seperti itu hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan secara langsung agar lebih aman. Good Luck semoga membantu.