Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengobati Leher Kucing Bengkak Sebelah Kiri dan Kanan

5 minutes reading
Saturday, 19 Aug 2023 19:00 0 284 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati leher kucing bengkak sebelah kiri dan kanan? Agar lehernya kembali sembuh dari bengkak. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari cara terbaik untuk mengobati lehernya yang sedang bengkak.

Kucing yang mengalami pembengkakan pada leher sebelah kiri dan kanannya, perlu untuk kamu waspadai dan ketahui lebih dulu apa penyebabnya. Karena hal ini bukanlah suatu kondisi yang boleh kamu abaikan atau sepelekan, takutnya kucing kamu mengalami hal yang serius.

Pembengkakkan pada lehernya terjadi bisa dari karena banyak hal yang jarang kamu ketahui. Mungkin memang ada kondisi yang tidak begitu serius dan bisa kamu atasi sendiri di rumah, tapi ada juga kondisi yang serius dimana itu harus ditangani langsung oleh dokter hewan.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengobati leher kucing yang bengkak bagian kiri dan kanannya? Nah, disini akan memberikan beberapa cara pengobatan untuk mengobati lehernya yang bengkak secara menyeluruh. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Leher Kucing Bengkak Sebelah Kiri dan Kanan

Cara Mengobati Leher Kucing Bengkak Sebelah Kiri dan Kanan

Sebelum itu perlu untuk kamu kenali terlebih dahulu mengenai apa penyebab leher si kucing bisa bengkak dan itupun dari sisi kanan dan kirinya, supaya mempermudah kamu dalam mengatasinya dengan baik dan benar. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya masalah serius.

Karena mau bagaimanapun juga kamu tidak boleh menyepelekan terkait masalah kesehatan si kucing begitu saja. Penting untuk kamu selalu mengecek kondisi atau permasalah kesehatan  kucing peliharaan kamu di rumah, supaya dapat mengetahui kondisi kesehatan dengan baik.

Ada beberapa penyebab kenapa leher kucing kamu bisa bengkak, adalah adanya infeksi kulit atau abses. Infeksi ini biasanya terjadi karena luka yang terinfeksi oleh bakteri atau virus, sehingga membuat lehernya menjadi membengkak akibat lukanya semakin meradang.

Adapun penyakit kronis yang terjadi akibat pembengkakkan pada lehernya yang disebabkan oleh kelenjar tiroid dan tumor. Biasanya tumor yang menyerang kucing ini adalah jenis tumor Fibrosarcoma dan tumor sel basal yang menyebabkan adanya benjolan pada leher si kucing.

Fibrosarcoma merupakan jenis tumor agresif yang disebabkan oleh infeksi virus feline leukemia, sedangkan tumor sel basal merupakan tumor kulit yang paling umum terjadi pada kucing sehingga terdapat benjolan pada leher kiri maupun kanannya dan terlihat membengkak.

Jika terjadi hal seperti itu segera atasi dan obati supaya bisa disembuhkan dengan baik sebelum semakin membengkak. Kamu juga bisa segera mengatasinya atau memberikan pengobatan kepada si kucing yang lehernya membengkak dengan cara sebagai berikut:

Mengompres Dengan Air Hangat

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, untuk membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan pada leher si kucing yang membengkak adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Hal ini setidaknya membantu kucing kamu agar tidak kesakitan.

Walaupun memang tidak berefek permanen, tapi bisa kamu lakukan ketika si kucing memang sedang meradang pada lehernya sehingga membuatnya merasa kesakitan. Dengan begitu pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan sendiri, yaitu dengan mengompres lehernya.

Kamu bisa isi air kedalam plastik atau wadah karet yang biasa digunakan untuk mengompres perut. Isi wadah tersebut dengan air hangat, tidak terlalu panas sampai terisi penuh. Lalu kamu kompreskan pada bagian leher kiri dan kanan yang membengkak secara perlahan-lahan.

Tep-tep dan diamkan selama beberapa menit, lalu ulangi secara terus menerus sampai si kucing tidak lagi merasa kesakitan dan peradangan pada lehernya kian mereda serta bengkaknya sedikit mulai mengempis, tidak separah seperti sebelumnya.

Berikan Obat Antibiotik atau Anti Radang

Jika kucing kamu mengalami pembengkakkan pada lehernya akibat dari abses atau luka yang terinfeksi oleh bakteri, sehingga membuat lukanya semakin meradang dan bernanah serta membuat lehernya membengkak, kamu bisa berikan obat antibiotik atau anti radang.

Caranya kamu bisa bersihkan terlebih dahulu luka yang bernanahnya menggunakan kain kasa atau waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat. Tep-tep secara perlahan sampai nanahnya dan area lukanya bersih dengan sempurna, pastikan menggunakan kain yang bersih tidak kotor.

Kalau sudah dibersihkan kamu bisa mengoleskan salep antibiotik atau bisa juga dengan betadine atau rivanol, lalu berikan juga larutan antiseptik supaya bakteri yang menginfeksi luka di lehernya bisa terbasmi sehingga radangnya mulai membaik dan bengkaknya pun semakin mereda atau mengempis.

Bawa ke Dokter Hewan

Cara yang tepat ketika kucing kamu belum kian membaik dari pembengkakannya dan malah semakin membengkak, kamu bisa membawanya ke dokter hewan untuk ditangani langsung oleh medis sampai benar-benar tuntas dengan baik. Selain itu cara ini juga sangat aman.

Dengan membawanya ke dokter, kamu juga bisa memeriksanya terlebih dahulu apa yang dialami oleh kucing kamu. Takutnya ada tumor atau kanker pada lehernya yang membuat bagian leher kiri dan kanannya membengkak, tidak kunjung sembuh dan membaik terus.

Jika memang benar terjadi hal yang cukup serius seperti adanya tumor, kamu bisa segera membawanya ke klinik hewan dan menjalani operasi untuk mengangkat tumor sebelum semakin mengganas. Dokter pasti akan segera melakukannya dan menjalani operasi untuk si kucing.

Itulah beberapa cara mengobati leher kucing bengkak sebelah kiri dan kanan, yang perlu untuk kamu ketahui agar bisa menanganinya segera dengan baik. Pastikan kamu memberikan perawatan atau pertolongan pertama di rumah, sebelum bengkak di lehernya makin parah.

Jangan biarkan si kucing untuk menyentuh atau menggaruk lehernya, takutnya akan melukai atau memperburuk kondisi si kucing jika sampai tercakar secara tidak sengaja maupun sengaja. Maka dari itu selalu perhatikan dan pantai si kucing.