Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Membuka Aplikasi

5 minutes reading
Thursday, 3 Aug 2023 02:09 0 33 Mirza Khadnezar

Nesiaverse.com – Cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi sebenarnya sangat mudah, akan tetapi masih ada saja yang tidak mengetahui untuk bisa membaca pesan yang diterima melalui aplikasi WhatsApp.

Ketika pesan diterima melalui aplikasi WhatsApp yang kita miliki, maka selanjutnya kita tinggal menggunakan cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi agar dapat membaca pesan yang dikirimkan kepada kita. Dengan cara ini kita tidak perlu lagi membuka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp hanya untuk membaca sebuah pesan saja.

Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Membuka Aplikasi

Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Membuka Aplikasi

Biasanya untuk perlu aplikasi tambahan agar bisa dengan mudah menjalankan cara membuka pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi, akan tetapi sebenarnya kita bisa melakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan yang justru akan menambah penggunaan dari RAM dan perangkat smartphone kita.

Berikut ini adalah cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi dan kamu bisa langsung diterapkan pada setiap perangkat yang kamu miliki.

Cara Membaca Pesan WhatsApp Dengan Widget

Hal termudah dari cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi adalah dengan memanfaatkan fitur widget pada smartphone yang kamu miliki. Cara ini hampir bisa diterapkan untuk semua perangkat berbasis Android maupun iOS yang memiliki akses menggunakan Widget pada Homescreen.

Untuk bisa memanfaatkan cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi dan hanya menggunakan Widget, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut yang kita akan terapkan pada smartphone berbasis Android:

  1. Tekan dan tahan layar utama ponsel kamu, lalu pilih opsi “Widget“.
  2. Cari pilihan widget WhatsApp, lalu tarik dan lepas ke layar utama.
  3. Sesuaikan ukuran widget sesuai keinginan, lalu tekan “Selesai”.
  4. Sekarang, kamu dengan mudah bisa melihat pesan WhatsApp terbaru yang masuk di layar utama.
  5. Untuk membaca pesan lebih lengkap, cukup tekan widget tersebut, lalu geser ke kiri atau kanan.
  6. Sedangkan apabila kamu ingin membalas pesan, tekan ikon balon obrolan di pojok kanan bawah widget.

Langkah mudah tersebut akan memberikan cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi yang termudah dan cepat. Akan tetapi kamu perlu untuk selalu ingat bahwa widget ini hanya menampilkan pesan yang belum dibaca, sehingga apabila kamu telah membuka aplikasi WhatsApp mana widget ini akan kembali kosong.

Sedangkan untuk suara notifikasi ketika pesan masuk, kamu perlu sesuaikan dengan konfigurasi dan fitur dari perangkat yang kamu miliki agar kamu bisa mengatur suara maupun getaran atau vibrate pada saat ada pesan baru yang masuk.

Dengan menggunakan cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi melalui widget ini, kamu tentunya bisa menjaga privasi kamu dari orang lain yang mungkin melihat layar ponsel pada saat kamu membaca pesan WhatsApp tersebut.

Cara Membaca Pesan WhatsApp Dengan Notifikasi Bar dan PopUp

Selain menggunakan widget, cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi berikutnya adalah dengan memanfaatkan notifikasi bar. Notifikasi bar ini akan muncul di bagian atas layar ponsel kamu ketika ada pesan WhatsApp baru yang masuk.

Untuk memanfaatkan notifikasi bar ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan selanjutnya pilih menu Settings.
  2. Pilih Notifications dan aktifkan opsi Show notifications.
  3. Pilih Custom notifications dan atur sesuai keinginan kamu.
  4. Pada beberapa perangkat, kamu bisa atur suara notifikasi, getaran, lampu LED, dan tampilan popup.
  5. Pastikan untuk mengatur opsi Popup jika ingin menggunakan notifikasi bar, silahkan konfigurasi opsi Popup notification diatur ke No popup.
  6. Jika kamu ingin menggunakan popup, pilih salah satu opsi lainnya, seperti Only when screen on atau Always show popup.
  7. Simpan pengaturan dan keluar dari aplikasi WhatsApp.
  8. Sekarang, jika ada pesan WhatsApp yang masuk, kamu bisa secara langsung melihat isinya di notifikasi bar atau popup tanpa harus membuka aplikasi. Kamu juga bisa membalas pesan langsung dari notifikasi bar atau popup dengan menekan tombol Reply.

Menggunakan Aplikasi Lain untuk Membaca Pesan WhatsApp

Cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi yang ketiga adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi lainnya seperti Chat Viewer, WhatsApp Viewer, Unseen, Shh atau bahkan menggunakan WhatsRemoved+. Tentu saja masing-masing aplikasi ini memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda.

Meskipun cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi dengan menggunakan aplikasi lain bisa kamu pergunakan, namun sebaiknya kamu hindari penggunaannya. Alasan untuk tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga ini karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Privasi terancam: Aplikasi-aplikasi pembaca pesan WhatsApp pihak ketiga bisa mengancam privasi kamu. Beberapa aplikasi meminta akses ke notifikasi, kontak, atau pengaturan ponsel kamu, yang bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan data pribadi kamu.
  2. Keamanan terancam: Aplikasi-aplikasi pembaca pesan WhatsApp pihak ketiga bisa menjadi celah untuk serangan malware atau virus. Beberapa aplikasi bisa mengandung virus atau malware yang bisa merusak ponsel kamu atau mencuri data pribadi kamu.
  3. Pelanggaran ketentuan penggunaan WhatsApp: WhatsApp melarang penggunaannya untuk tujuan komersial dan penggunaan aplikasi pihak ketiga yang melanggar ketentuan penggunaan WhatsApp dapat menyebabkan akun kamu diblokir oleh WhatsApp.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu lebih bijak untuk menggunakan cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pembaca pesan WhatsApp pihak ketiga.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi yang bisa kamu coba. Dengan memanfaatkan fitur widget atau notifikasi bar, kamu bisa membaca pesan WhatsApp dengan cepat dan mudah tanpa harus membuka aplikasi resmi WhatsApp.

Namun, sebaiknya gunakan fitur ini dengan bijak dan pahami risiko yang ada, terutama jika kamu menggunakan aplikasi pembaca pesan WhatsApp pihak ketiga. Selalu prioritaskan keamanan dan privasi kamu dalam menggunakan fitur-fitur ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membaca pesan WhatsApp dengan lebih mudah dan efisien.