Monday, 17 Jun 2024

Cara Mengusir Kucing di Plafon

6 minutes reading
Thursday, 3 Aug 2023 02:08 0 191 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Gimana sih cara mengusir kucing di plafon? Bikin jantung gak tenang aja kalo ada kucing yang suka naik ke plafon karena takut jatuh. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui cara mengusir kucing yang ada di plafon.

Suka kebiasaan banget gak sih? Tiba-tiba ada kucing yang manjat ke atas naik masuk ke plafon rumah bikin orang gak nyaman. Bukannya gimana ya, takutnya kucing itu jatuh dari atas plafon rumah dan ambruk ke bawah sampe-sampe plafon rumah jebol karena kucing nakal.

Bikin stres dan mengganggu banget karena suara berisik dari kucing yang lagi lari-larian entah lagi ngapain di atas plafon rumah. Repot juga kalau harus turun tangan langsung ikut masuk ke atas plafon, bakal susah banget dan belum tentu ketangkep yang ada malah kabur.

Terus gimana dong caranya? Buat ngusir kucing nakal yang masuk ke plafon rumah. Nah, disini akan memberikan cara untuk mengusir kucing di plafon rumah kamu dengan baik dan benar. Jadi simaklah beberapa cara dan penjelasannya dibawah ini!

Cara Mengusir Kucing di Plafon

Sering kali plafon rumah suka dijadikan tempat persembunyian kucing liar. Bahkan mereka juga tidak jarang berkembang biak di atas plafon, sampai melahirkan dan dijadikan tempat tinggal para kucing liar. Memang tidak mengapa sebenarnya, hanya saja cukup mengganggu.

Karena suara yang sering mencakar-cakar plafon rumah sampai menjadi rusak. Kebisingan dari suara langkah kaki mereka saat sedang berlari-lari membuat tidak nyaman, apalagi saat di malam hari ketika kamu dan orang rumah sedang beristirahat dengan tenang jadi terganggu.

Memang plafon rumah merupakan tempat yang tepat untuk disarangi berbagai hewan liar selain kucing seperti tikus, kelelawar, dan serangga lainnya. Makanya gak heran lagi kalau ada kucing, tikus yang masuk ke plafon rumah mengganggu ketenangan dan sampai merusak plafon.

Mau gak mau kamu harus segera mengatasinya dengan cara apapun. Demi kenyaman dan supaya plafon rumah kamu tidak dijadikan sarang kucing atau hewan liar lainnya, sehingga membuat kerusakan di rumah kamu. Berikut adalah cara-cara mengusir kucing di plafon:

Menyemprotkan Bau Bauan Aroma Menyengat

Cara yang pertama kamu bisa dengan cara menyemprotkan aroma atau bau yang tidak disukai kucing. Karena kucing ini termasuk hewan yang memiliki penciuman yang sensitif jadi akan sangat mudah mengusirnya dengan menyemprotkan atau menyebarkan aroma yang menyengat.

Biasanya kucing tidak suka dengan aroma dari jeruk, cuka, kopi sampai ketumbuhan yang memiliki bau yang membuat kucing liar tidak nyaman. Nah, kamu bisa memanfaatkan kelemahannya itu dengan cara membuat kucing kamu tidak nyaman dan terganggu penciumannya.

Berikut ada cara dengan menyemprotkan air cuka:

  1. Siapkan cuka, botol semprotan dan air
  2. Masukan setengah botol air, lalu setengahnya lagi diisi cuka
  3. Kocok-kocok agar tercampur rata
  4. Semprotkan di area plafon yang menjadi tempat tinggal kucing liar
  5. Pastikan semprot sebanyak-banyaknya di semua area yang ditempati kucing

Karena kucing tidak menyukai aroma cuka, hal itu bisa membantu mengusirnya tanpa perlu menyakiti mereka. Selain cuka kamu juga bisa menggunakan pewangi esensial dari jeruk dan gantungkan di setiap penjuru plafon rumah kamu, sehingga kucing tidak akan lagi mau masuk ke plafon rumah karena bau jeruk yang menyengat.

Membuat Jebakan Menggunakan Makanan

Cara yang kedua adalah dengan menjebak kucing liar untuk keluar dari plafon rumah menggunakan makanan. Kamu bisa menggunakan makanan kucing seperti suwiran ayam atau membeli produk makanan kucing dry food atau wet food sebagai bahan pancingan untuk memancing kucing liar keluar dari plafon dengan sendirinya.

Biasanya kucing liar akan memakan apa saja tanpa pilih-pilih makanan, jadi akan sangat mudah jika dipancing dengan makanan yang enak. Walau bukan jebakan yang dapat memburu kucing liar, tapi lebih ke jebakan supaya kucing keluar dari plafon rumah saja, jadi tidak perlu khawatir akan berbahaya.

Berikut adalah tips atau caranya:

  1. Siapkan makanan kucing seperti suwiran ayam (bisa menggunakan makanan apa saja)
  2. Jejerkan suwiran ayam tersebut sedikit demi sedikit
  3. Simpan suwiran ayam di setiap jarak yang cukup berdekatan tidak terlalu jauh
  4. Pastikan sepanjang jalan ada suwiran ayam sampai menuju pintu keluar yang biasa kucing liar itu keluar masuk plafon rumah kamu
  5. Biarkan kucing itu benar-benar memakannya sampai akhir
  6. Jika sudah mulai terpancing keluar, kamu bisa mengusirnya dan langsung menutup akses pintu masuk tersebut agar tidak masuk lagi

Jika masih belum paham, simpelnya kamu membuat jalan untuk kucing liar itu keluar dari sarangnya dengan menempatkan sedikit demi sedikit makanan disepanjang jalan menuju keluar sampai kucing liar itu terpancing dan memakannya sampai akhir. Kamu juga bisa menggunakan produk makanan kucing jenis dry food biar lebih praktis.

Pastikan Menutup Celah-Celah Pintu Masuknya

Cara yang ketiga dengan mencegah kucing liar masuk ke plafon adalah untuk selalu memastikan plafon rumah kamu tidak memiliki celah yang bisa dimasuki si kucing. Jika ada celah yang sekiranya cukup untuk dimasuki kucing liar, segeralah untuk menutupnya agar tidak ada jalan baginya untuk bisa masuk ke dalam plafon.

Kamu bisa mengambilnya dengan menggunakan kayu, atau memperbaiki genteng yang sekiranya terbuka tidak tertutup dengan benar. Perlu untuk mengecek setiap sudut atap rumah karena bukan hanya kucing saja yang bisa masuk ke plafon, tapi hewan liar lainnya juga bisa bersarang nantinya. Maka dari itu selalu tutup dengan rapat agar tidak ada hewan masuk.

Hubungi Bomba Atau Damkar

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan jasa bomba atau damkar. Selain hanya untuk membantu memadamkan api, damkar juga bisa menolong kamu dari berbagai masalah lainnya termasuk untuk mengusir hewan yang masuk ke plafon rumah. Dengan begitu bisa ditangani langsung oleh mereka sampai ke akar-akarnya.

Bukan hanya mengatasi kucing yang masuk ke plafon rumah, tapi bisa juga untuk menangkap ular yang masuk ke area rumah, tikus, membasmi sarang yang dijadikan tempat hewan-hewan liar lainnya dan masih banyak lagi. Jadi jika memang kamu ingin memilih jalan yang mudah, kamu bisa menghubungi petugas damkar arau bomba.

Dengan begitu masalah dapat teratasi tanpa harus repot-repot turun tangan langsung. Karena bukan suatu hal yang mudah juga untuk kamu usir secara langsung karena cukup repot harus masuk ke plafon rumah yang gelap dan kotor, terus belum tentu juga kucing itu tertangkap semuanya.

Itulah beberapa cara mengusir kucing di plafon yang bisa kamu coba atau tiru langsung untuk mengusir kucing liar yang tinggal diatas plafon rumah kamu. Dengan begitu kucing liar akan keluar dengan sendirinya dan meninggalkan plafon atap rumah kamu.

Selalu perhatikan plafon rumah kamu, siapa tau ada celah yang menjadi akses pintu masuk dan keluar si kucing agar tertutup dengan baik, sehingga mereka tidak akan bisa masuk lagi lewat celah tersebut. Good Luck semoga membantu.