Saturday, 22 Jun 2024

Cara Membersihkan Layar Laptop dan Monitor Bagian Luar

5 minutes reading
Saturday, 19 Aug 2023 04:46 0 203 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Untuk menjaga layar laptop atau monitor perlu menggunakan cara membersihkan layar laptop dan monitor bagian luar yang benar agar tidak merusak komponen bagian dalam dari layar laptop maupun monitor.

Biasanya kotoran debu akan melekat pada layar laptop dan monitor yang kita gunakan, oleh sebab itu kita perlu mengetahui cara membersihkan layar laptop dan monitor bagian luar dengan benar. Hal ini perlu dilakukan agar tidak merusak layar maupun justru menimbulkan goresan maupun jamur akibat salah menggunakan pembersih.

Cara Membersihkan Layar Laptop dan Monitor Bagian Luar

Cara Membersihkan Layar Laptop dan Monitor Bagian Luar

Layar laptop atau monitor biasanya mengandung listrik statis yang dapat membuat kotoran maupun partikel debu dapat menempel dan sulit dibersihkan. Oleh sebab itu kita perlu melakukan cara membersihkan layar laptop dan monitor  bagian luar dengan menggunakan peralatan dan pembersih yang tidak merusak lapisan luar.

Perlengkapan Yang Diperlukan

Hal yang pertama kali perlu kita persiapkan untuk melakukan cara membersihkan layar laptop dan monitor bagian luar dengan benar adalah mempersiapkan perlengkapan yang akan dipergunakan seperti berikut ini:

  1. Kain mikrofiber: Menggunakan kain mikrofiber dapat menghilangkan debu dan noda tanpa merusak permukaan layar.
  2. Cairan pembersih ringan: Pilihlah cairan pembersih yang direkomendasikan khusus dengan kandungan ringan untuk membersihkan layar laptop dan monitor. Pastikan cairan tersebut aman digunakan pada permukaan layar tertentu. Hindari menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia keras atau alkohol yang dapat merusak lapisan pelindung layar.
  3. Air bersih: Air bersih dapat digunakan untuk membantu membersihkan noda atau kotoran yang membandel pada layar.
  4. Blower: Alat ini berguna untuk menghilangkan debu yang menempel pada permukaan layar atau di sekitar area keyboard yang biasanya sangat sukar dibersihkan dengan menggunakan kain.
  5. Kuas lembut: Pergunakan kuas lembut untuk membersihkan sudut-sudut atau celah-celah yang sulit dijangkau oleh kain mikrofiber.
  6. Kapas atau swab kapas: Kapas atau swab kapas dapat berguna untuk membersihkan bagian-bagian kecil atau sulit dijangkau pada layar, seperti sudut layar atau area sekitar tombol.

Cara Membersihkan Layar Laptop dan Monitor Bagian Luar

Setelah perlengkapan yang akan dipergunakan saat melakukan cara membersihkan layar laptop dan monitor bagian luar telah siap, sekarang kita bisa memulai proses membersihkan layar laptop ataupun membersihkan layar monitor bagian luar berikut ini:

  1. Matikan laptop atau monitor: Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan untuk mematikan laptop atau monitor dan lepaskan kabel daya serta sambungan lainnya. Hal ini penting untuk menghindari risiko listrik dan melindungi perangkat dari kerusakan.
  2. Bersihkan debu dengan kain mikrofiber: Gunakan kain mikrofiber yang lembut dan tidak berbulu untuk menghapus debu dari permukaan layar. Gosok secara lembut menggunakan gerakan melingkar, hindari tekanan yang kuat agar tidak merusak layar.
  3. Hilangkan noda atau kotoran membandel: Jika terdapat noda atau kotoran yang sulit dihapus dengan kain mikrofiber saja, basahi kain mikrofiber dengan sedikit cairan pembersih yang direkomendasikan.
  4. Usap layar dengan lembut menggunakan gerakan melingkar, hindari menekan terlalu keras.
  5. Bersihkan bagian-bagian kecil atau sulit dijangkau: Gunakan kapas atau swab kapas yang sedikit dibasahi dengan cairan pembersih untuk membersihkan bagian-bagian kecil atau sulit dijangkau, seperti sudut layar atau area sekitar tombol.
  6. Keringkan layar dengan hati-hati: Biarkan layar kering secara alami atau gunakan kain mikrofiber bersih dan kering untuk mengeringkannya. Pastikan tidak ada tanda-tanda kelembaban atau butiran air sebelum menghidupkan kembali laptop atau monitor.

Tips Membersihkan Kotoran yang Membandel

Dalam penggunaan sehari-hari, tentunya jenis kotoran yang menempel terkadang tidak bisa dibersihkan dengan cara membersihkan layar laptop dan monitor bagian luar seperti yang disebutkan diatas. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab berikut ini adalah beberapa tips untuk membersihkan kotoran yang membandel dan sulit dihilangkan pada layar laptop maupun monitor kamu.

  1. Gunakan cairan pembersih yang tepat: Jika kamu menemukan kotoran yang sulit dihilangkan dengan pembersih biasa, maka kamu perlu menggunakan cairan pembersih yang dibuat khusus untuk membersihkan kotoran membandel. Sebaiknya kamu perhatikan ketentuan penggunaannya dan jangan menggunakan bahan pembersih yang terlalu keras atau abrasif yang dapat merusak permukaan layar. Gunakan cairan pembersih khusus yang aman untuk digunakan pada layar elektronik.
  2. Basahi kain mikrofiber dengan air hangat: Biasanya kotoran yang membandel adalah debu yang telah lama melekat dan juga mengering. Oleh sebab itu kamu perlu untuk membasahi kain mikrofiber yang lembut dengan sedikit air hangat agar kotoran tersebut bisa lepas.
  3. Gunakan teknik titik-titik: Jika noda sulit dihilangkan dengan cara biasa, kamu bisa mencoba teknik titik-titik yang bisa dilakukan dengan membasahi ujung kapas atau swab kapas dengan cairan pembersih dan tepuk-tepuklah secara perlahan pada noda tersebut.
  4. Konsultasikan dengan ahli: Langkah terakhir dan yang terbaik untuk mengatasi kotoran yang sulit hilang ini adalah dengan menghubungi atau berkonsultasi dengan yang memiliki keahlian dan pengetahuan tentang membersihkan layar. Mereka ini biasanya memiliki cairan khusus yang sulit bahkan tidak akan bisa didapatkan di toko-toko yang menjual cairan pembersih biasa.

Bahaya Cara Membersihkan Layar Laptop yang Salah

Bila kita melakukan cara membersihkan layar laptop dan monitor bagian luar dengan cara yang tidak tepat, maka tampilan pada layar laptop dan monitor tidak akan cerah dan perlahan akan muncul jamur, selain itu juga kamu akan mengalami kendala seperti berikut ini:

  1. Goresan pada layar: Menggunakan bahan pembersih yang kasar atau kain yang kasar dapat menyebabkan goresan pada layar. Ini akan mengganggu tampilan dan mengurangi kejelasan gambar.
  2. Kerusakan permukaan layar: Menggunakan bahan pembersih yang tidak cocok atau terlalu banyak cairan pembersih dapat merusak permukaan layar, seperti lapisan anti-glare atau pelindung permukaan lainnya.
  3. Masalah dengan sensitivitas layar sentuh: Jika layar kamu adalah jenis layar sentuh, maka membersihkan layar sentuh dengan bahan pembersih yang tidak cocok, dapat mempengaruhi sensitivitas atau responsivitas layar sentuh.
  4. Kerusakan pada komponen internal: Jika cairan pembersih masuk ke dalam celah-celah atau masuk ke dalam perangkat, seperti tombol atau sambungan, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal.
  5. Risiko kelembaban berlebih: Jika layar monitor tidak dikeringkan dengan baik setelah membersihkannya, dapat menyebabkan kelembaban berlebih pada layar. Ini dapat mengakibatkan kerusakan internal pada perangkat dan bahkan dapat menyebabkan korsleting listrik.

Penutup

Membersihkan kotoran dan noda pada layar laptop membutuhkan cara membersihkan layar laptop dan monitor  bagian luar dan juga dengan menggunakan metode yang tepat. Kerusakan bagian layar monitor akan dapat mengganggu tampilan dan juga secara perlahan akan menyebabkan gangguan komponen elektronik pada bagian dalam monitor.