Monday, 17 Jun 2024

Cara Membersihkan Telinga Anak yang Mengeras Umur 2 atau 3 Tahun

4 minutes reading
Thursday, 9 Feb 2023 14:34 0 288 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak hanya orang dewasa untuk anak juga dalam cara membersihkan telinga yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan, nah untuk itu ibu perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Untuk sebagian anak yang memiliki kotoran telinga yang sudah kering dan juga keras, jika kotoran telinga terus dibiarkan yang dapat menumpuk dan juga menyumbat saluran telinga pada anak.

Untuk cara membersihkan telinga anak yang mengeras yang sebaiknya untuk tidak menggunakan cotton bud, hal ini yang sangat rentan menyebabkan melukai telinga bagian dalam atau infeksi karena cutton bud yang dapat mendorong kotoran telinga menjadi semakin masuk ke dalam.

Lalu bagaimana untuk cara cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun, untuk ibu yang ingin tahu dengan caranya maka bisa dengan simak penjelasannya disini dengan baik.

Cara Membersihkan Telinga Anak yang Mengeras Umur 2 atau 3 Tahun

Cara Membersihkan Telinga Anak yang Mengeras Umur 2 atau 3 Tahun

Dimana kotoran telinga yang pada dasarnya merupakan serumen yang terbentuk secara alami pada lubang telinga dari berbagai campuran sekresi kelenjar keringat, kelenjar minyak dan juga sel kulit, sehingga sebersih apapun telinga anak maka kotoran telinga yang nantinya tetap akan terbentuk.

Dengan adanya kotoran telinga yang tidak selalu jorok atau kurang menjaga kebersihan tetapi kotoran telinga yang akan menjaga liang telinga tetap bersih, dan kotoran telinga ini yang akan terbantu terdorong keluar pada saat ada gerakan berbicara atau mengunyah.

Selain itu juga kotoran telinga yang secara alami akan keluar dengan sendirinya yang akan membawa partikel kecil seperti pasir, debu dan kotoran lainnya, kotoran telinga juga yang bisa membantu melindungi dan juga melubrikasi liang telinga sehingga terhindar mengalami infeksi.

Secara umum untuk tekstur kotoran telinga yang biasanya lembut sehingga dengan begitu akan mudah keluar sendirinya, tetapi ada sebagian anak yang memiliki kotoran telinga yang keras dan kering secara alami dan ini bisa menyumbat telinga dan juga penyebab lainnya.

Sehingga dengan begitu untuk cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun yang bisa kamu lakukan  yaitu dengan menggunakan kain yang lembut dan mengusap kotoran tersebut yang akan keluar dari lubang telinga, selain itu dibawah ini ada beberapa caranya yaitu sebagai berikut.

Dengan Menggunakan Obat Tetes

Cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun yaitu dengan menggunakan obat tetes, dimana jika dirasa perlu maka kamu bisa membersihkan telinga anak dengan bantuan tetesan yang berbahan aur seperti sterile saline, acetic acid atau hydrogen peroxide.

Pada saat menggunakan obat tetes telinga maka miringkan kepala anak dan tahan daun telinga kemudian tekan pipet secara perlahan, lalu teteskan obat ke telinga dan luruskan kembali kepala anak selama beberapa saat setelahnya dan pastikan menggunakannya sesuai dengan petunjuk.

Untuk bahan yang lainnya bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan cairan pembersih telinga anak, dalam melakukannya perlu berhati-hati karena dalam cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun yang perlu dilakukan dengan tepat.

Menggunakan Pembersih Manual

Menggunakan pembersih manual menjadi salah satu cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun yang bisa dilakukan, pada biasanya dokter yang akan menggunakan alat yang berbahan metal atau plastik untuk mengambil kotoran yang terdapat di lubang telinga.

Namun selain dengan menggunakan pembersih manual yaitu bisa dengan menggunakan metode sedot, biasanya cara ini hanya dilakukan oleh dokter THT tidak boleh dilakukan sembarangan.

Metode Irigasi (Ear syringing)

Untuk cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun yang terakhir bisa kamu coba dan lakukan yaitu dengan metode irigasi yaitu dilakukan oleh dokter THT, umumnya untuk cara ini yang akan menggunakan alat irigator manual atau elektrik untuk membantu mendorong kotoran didalam telinga keluar dan untuk alat pembersih telinga ini yang tentunya aman dan steril untuk anak.

Mungkin selain dengan menggunakan ketiga cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun diatas, kamu juga bisa dengan melakukan observasi sambil menunggu kotoran telinga keluar dengan sendirinya yang menjadi salah satu pilihan.

Jika anak selama tidak terganggu dan juga liang telinga yang tidak benar-benar tertutup, maka dengan menunggu kotoran telinga keluar dengan secara alami bukan menjadi masalah yang besar.

Terdapat beberapa dampak jika telinga tersumbat dengan kotoran keras karena terkadang yang akan sulit bergerak keluar sehingga menyebabkan penumpukan pada saluran telinga, adapun untuk beberapa masalah atau dampak negatifnya yaitu  gatal atau tidak nyaman, gangguan pendengaran, sakit telinga, infeksi telinga, telinga berdenging atau tinnitus dan pusing berputar atau vertigo.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara membersihkan telinga anak yang mengeras umur 2 atau 3 tahun yang bisa kamu coba dan lakukan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.