Thursday, 20 Jun 2024

Cara Membuat Catatan Keuangan Pribadi

5 minutes reading
Thursday, 22 Dec 2022 06:02 0 355 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk cara membuat catatan keuangan pribadi ini memang menjadi salah satu hal yang sangat penting perlu kita ketahui, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan caranya maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Dimana untuk cara membuat catatan keuangan pribadi ini yang menjadi salah satu hal yang penting dan kerap menjadi pertanyaan oleh setiap kalangan, hal ini bertujuan agar kondisi finansial yang semakin mudah teratur dan tidak mudah boros dan tentunya membuat pengelolaan keuangan dapat berjalan dengan baik.

Untuk cara membuat catatan keuangan pribadi sebenarnya kamu bisa melakukannya secara manual atau bisa juga dengan menggunakan software yang telah tersedia, dimana untuk informasinya yang dimuat dari berbagai hal yaitu seperti sumber pendapatan berikut dari jumlahnya, aliran belanja, aliran pemasukan, alokasi kebutuhan serta hal lainnya yang berkaitan dana pribadi.

Melakukan cara membuat catatan keuangan pribadi ini yang bertujuan untuk menyediakan sejumlah informasi mengenai hal yang menyangkut posisi keuangan, hal ini yang berdasarkan dengan Standar Akuntansi Keuangan yaitu dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.

Hal ini juga yang termasuk ke dalam kinerja dan juga perubahan posisi keuangan, sehingga dengan begitu dapat digunakan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan di lain waktu.

Adapun untuk tipe neraca keuangan pribadi ini yang cukup beragam yaitu diantaranya sebagai berikut:

Laporan Cash Flow Individu

Untuk laporan cash flow individu ini yang merupakan salah satu jenis neraca keuangan yang dimana di dalamnya terdapat sejumlah informasi masuk dan juga keluarnya uang di dalam periode tertentu, untuk lebih jelasnya yaitu sebagai berikut.

Cash Flow Masuk

Cash flow masuk yang dimana terdiri dalam apa saja yang menghasilkan uang seperti gaji bulanan, deposito, upah, dividen investasi, bunga rekening tabungan, pendapatan tambahan serta hasil pemasaran aset personal yang berupa kios, kendaraan atau rumah.

Cash Flow Keluar

Sedangkan untuk cash flow keluar ini yang terdiri dalam sejumlah pengeluaran yang telah dibelanjakan yaitu seperti belanja bulanan, tagihan listrik, makan, sewa rumah, ongkos, jajan dan juga lainnya, adanya catatan ini yang akan membuat kamu menjadi tahu uang yang digunakan untuk apa saja.

Laporan Neraca Keuangan Individu

Laporan neraca keuangan individu yang merupakan jenis neraca keuangan yang didalamnya memberikan informasi keseluruhan dari kekayaan yang telah dimiliki di dalam periode tertentu, hal ini terdapat sejumlah hal yang harus kamu catat yaitu seperti pencatatan aset, kekayaan bersih dan jug liabilitas.

Nah setelah kamu mengetahui tipe neraca keuangan pribadi, maka selanjutnya kamu menyimak ulasan di bawah ini dengan baik untuk cara membuat catatan keuangan pribadi.

Cara Membuat Catatan Keuangan Pribadi

Untuk cara membuat catatan keuangan pribadi sebenarnya bisa kamu lakukan dengan melakukan evaluasi dan penyesuaian keuangan serta melihat arus kas, dengan melakukan melihat pengeluaran uang secara rutin maka kamu akan menjadi lebih mudah mengetahui pengeluaran yang harus dihentikan.

Salah satu pengeluaran yang harus di hentikan salah satunya yaitu kartu kredit dan tentunya akan membuat pengeluaran kamu menjadi berkurang, adapun untuk cara membuat catatan keuangan pribadi kamu bisa dengan mengikuti caranya dibawah ini.

Dengan Membuat Spreadsheet

Cara membuat catatan keuangan pribadi yang pertama bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat spreadsheet dan juga dengan mengisi beberapa bagiannya seperti cash flow, aset dan juga liabilitas, selain itu juga kamu bisa dengan menambahkan sisi khusus berguna untuk menghitung kekayaan bersih atau net worth.

Dengan Menggunakan Notes Pada HandPhone

Untuk cara membuat catatan keuangan pribadi yaitu kamu bisa dengan melakukannya menggunakan notes pada HP dan ini merupakan salah satu hal yang sederhana dan tentunya mudah untuk dilakukan dalam mencatat pengeluaran pada setiap harinya, dimana kamu memulainya dengan mencatat pengeluaran yang dibeli beserta dengan harganya di notes.

Dengan Membuat Rencana Tabungan

Dalam membuat catatan keuangan pribadi kamu bisa dengan menambahkan rencana tabungan dengan menetapkannya berapa persen uang yang nantinya akan dialokasikan ke dalam tabungan, kamu bisa dengan 20% atau 30% dari jumlah pendapatan atau gaji yang akan di tabung.

Dengan Memasukkan Daftar Aset Beserta Nilainya

Untuk cara membuat catatan keuangan pribadi yang selanjutnya yaitu memasukkan daftar aset beserta dengan nilainya, untuk hal ini seperti aset yang  terdapat didalam rekening bank beserta dengan besaran saldo, saham dengan nilainya dan juga aset properti yang kamu miliki.

Dengan Mencatat Daftar Liabilitas

Pada saat kamu akan membuat catatan keuangan pribadi maka kamu perlu untuk mencatat daftar liabilitas kamu bisa membuatnya dengan membuat kolom yang dimana berisikan jumlah informasi yang terkait dengan utang yang perlu dibayar.

Dengan Menentukan Net Worth

Cara membuat catatan keuangan pribadi yang selanjutnya yaitu dengan menentukan secara keseluruhan net worth dan kamu bisa dengan membuat daftar nilai aset, liabilitas dan juga dapat dikalkulasikan pada setiap kelompok, seperti misalnya total aset yang berharga yang kamu miliki senilai Rp 50 juta dengan total liabilitas Rp 5 juta maka kamu dapat melihat nilai kekayaan bersihnya yaitu Rp 45 juta.

Dengan Membuat Laporan Cash Flow

Untuk cara membuat catatan keuangan pribadi yang terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat laporan cash flow pada bagian yang terpisah, kamu bisa dengan mencoba membuat seluruh arus kas harian kamu dalam keuangan pribadi lalu dijumlahkan dengan penghasilan yang dimiliki dan catat total pengeluaran dan dapatkan selisihnya menjadi pendapatan bersih.

Dengan membuat buku keuangan pribadi yang akan membantu untuk mengetahui uang yang dibelanjakan untuk apa saja dan ini bisa menjadi evaluasi agar tidak boros, sehingga kamu bisa mencoba melihat hal yang mungkin kurang penting agar pengeluaran tidak melebihi penghasilan.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara membuat catatan keuangan pribadi yang bisa kamu coba dan lakukan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.