Thursday, 18 Jul 2024

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Dengan Budget Murah

4 minutes reading
Sunday, 30 Jul 2023 19:31 0 222 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara membuat makanan kucing kampung dengan budget murah? Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin membuatkan makanan untuk si kucing sendiri dengan budget murah pakai bahan rumahan.

Memberi makan kucing kampung biasanya dengan diberikan apa saja pasti mereka akan memakannya. Namun, kasihan juga kan kalau hanya memberinya secara sembarangan? Setidaknya sesekali kamu berikan makanan yang cukup layak untuk kucing kampung makan.

Walaupun mereka hanya kucing liar, tapi mereka juga butuh makanan yang membuat kucing-kucing kampung ini berenergi lagi untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Gk salah kok kalau kamu ingin membantunya sesekali dengan memberi atau membuatkan makanannya.

Nah, disini akan memberikan sebuah tips dan cara membuat makanan kucing kampung dengan budget murah serta menggunakan bahan-bahan yang biasa kamu makan. Jadi simaklah beberapa cara dan penjelasannya dibawah ini dengan seksama!

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Dengan Budget Murah

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Dengan Budget Murah

Seperti yang kamu ketahui, kalo kucing kampung ini bukan tipe yang pilih-pilih makanan. Mereka akan memakan makanan apapun yang kamu berikan dan bisa juga kamu membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan yang bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau.

Memang dengan membuatnya sendiri akan lebih mudah tanpa mengeluarkan budget yang mahal juga serta bisa memanfaatkan sisa-sisa bahan makanan yang tersedia di dapur rumah kamu biar gak mubazir daripada dibuang lebih baik diolah untuk dimakan kucing kampung.

Membantu para kucing kampung supaya mendapatkan makanan yang layar baginya dan memenuhi kebutuhan nutrisinya agar bisa tumbuh dan kembang dengan baik serta tidak membuatnya menjadi kurus kering lagi, yang kondisinya terlihat sangat mengkhawatirkan.

Pastikan juga tidak menggunakan penyedap rasa saat membuat makanan untuknya seperti MSG, memakai pengawet atau campuran bahan lainnya yang dapat mengganggu pencernaan kucing seperti bawang-bawangan.

Nah berikut ada beberapa cara membuat makanan untuk kucing kampung dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan dimana saja. Berikut adalah cara-cara pengolahannya:

Menggunakan Bahan Utama Ikan

Kucing pada umumnya pasti akan suka sekali dengan yang namanya ikan. Baik itu ikan laut maupun ikan air tawar, keduanya sama-sama disukai oleh semua kucing. Nah, bahan utama kali ini kamu bisa menggunakan ikan tongkol agar lebih hemat dan mudah dicari di pasar.

Pertama kamu cukup siapkan 1 ekor ikan tongkol fresh, lalu kamu bersihkan ikan tongkol sampai benar-benar bersih. Pastikan untuk membuang semua tulang-tulangnya dan hanya tersisakan dagingnya saja, terus kamu rebus daging ikan tersebut selama 15-20 menit.

Jika sudah matang, tiriskanlah kedalam wadah bersih lalu tunggu sampai dingin supaya tidak panas dan hancurkan hingga halus atau tersier tipis-tipis. Ikan tongkol pun siap kamu sajikan dan berikan kepada kucing kampung yang sudah kelaparan diluar sana.

Menggunakan Daging Ayam

Selain ikan, kucing juga menyukai berbagai olahan daging termasuk daging ayam. Daging ayam ini mengandung serat yang bagus untuk pertumbuhan kucing serta memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik.

Pertama kamu cukup siapkan potongan kecil daging ayam yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lalu rebuslah kedalam air mendidih selama 30 menit sampai benar-benar matang dan empuk. Jika sudah matang kamu tiriskan ke wadah bersih dan suir-suir tipis daging ayamnya.

Setelah sudah dingin dan sudah kamu suir-suir ayam tersebut, kamu boleh sajikan dan berikan kepada kucing-kucing kampung tersebut. Mereka akan mulai memakannya dengan perlahan sampai benar-benar habis tanpa sisa.

Menggunakan Telur

Selanjutnya kamu bisa menggunakan telur. Telur ini kaya akan protein yang mampu membantu si kucing agar bisa lebih berenergi dan aktif lagi dalam menjalani berbagai aktivitasnya. Serta bagus untuk pertumbuhan si kucing agar lebih bernutrisi dan sehat.

Pertama kamu cukup menyiapkan 1 butir telur, lalu masaklah air hingga mendidih. Jika sudah mendidih masukan telur kedalam air mendidih tersebut secara perlahan, tunggu hingga 8-10 menit sampai benar-benar matang luar dan dalam telurnya.

Jika sudah matang, tiriskan ke wadah bersih yang sudah diisi air dingin dan rendamlah telur yang sudah matang tersebut kedalam air itu. Sesudah itu kamu mulailah untuk mengupas cangkangnya secara menyeluruh sampai benar-benar tersisakan telurnya saja.

selanjutnya simpan telur itu ke dalam mangkuk kecil atau piring kecil juga boleh dan hancurkan tidak perlu sampai halus, cukup hancurkan secara kasar saja dan aduk sampai kuning telurnya tercampur. Sajikan dan berikanlah kepada kucing-kucing kampung tersebut.

Mereka akan mulai memakannya dengan perlahan dan sampai benar-benar habis. Jangan lupa juga untuk tidak memberinya telur mentah atau keadaan masih setengah matang, dan makanan mentah lainnya seperti ikan mentah dan lain sebagainnya.

Itulah beberapa cara membuat makanan kucing kampung dengan budget murah yang bisa kamu beli atau menggunakan bahan-bahan sisa di dapur rumah kamu dan mengolahnya kembali untuk dimakan kucing kampung. Jangan menggunakan penyedap rasa pada makanannya.

Usahakan juga untuk tidak terlalu sering memberikan makanan seperti itu, karena tidak baik juga untuk kucing kalo di konsumsi setiap harinya. Cobalah untuk beli produk makanan kucing di petshop terdekat yang murah tanpa mengeluarkan budget yang mahal. Goodluck.