Cara Membuat Pestisida Alami Untuk Tanaman Padi

4 minutes reading
Tuesday, 19 Sep 2023 02:04 0 9 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya para petani ingin melihat tanaman padi yang ditanamnya tumbuh dengan subur dan sehat serta mendapatkan hasil panen yang bagus, namun masih sedikit orang yang tahu dengan cara membuat pestisida alami untuk tanaman padi dan untuk yang ingin tahu cara membuatnya bisa simak penjelasannya disini.

Pestisida alami sendiri merupakan pestisida yang terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa dibuat dengan mudah dan tentu saja bahan-bahan alami tersebut bisa didapatkan dengan mudah juga murah meriah, pestisida alami berfungsi untuk mengendalikan hama dan juga penyakit yang mengganggu pada tanaman.

Tetapi pestisida alami ini yang hanya bisa digunakan jika diperlukan saja, jangan sampai kamu menyemprotkan pestisida alami ini jika tidak terdapat hama atau penyakit pada tanaman padi tersebut, biarkan saja biar tanaman padi tersebut dengan sendirinya menangkal hama secara alami.

Hama dan penyakit sendiri adalah organisme pengganggu tumbuhan (OPT) yang bisa menyebabkan kerusakan dan kerugian pertumbuhan tanaman yang terganggu, gagal panen sehingga hasil produksi yang menurun.

Terdapat banyak sekali jenis hama dan juga penyakit yang kerap menyerang tanaman seperti ulat, belalang, virus, cendawan atau jamur, kutu dan masih banyak lagi yang lainnya, untuk pengendalian umumnya yang bisa menggunakan pestisida kimia karena hasilnya akan cepat praktis.

Dimana umumnya untuk mengatasi atau pengendalian hama dan penyakit tersebut dengan menggunakan pestisida alami karena bisa mendapatkan hasil yang cepat terlihat dan juga praktis, namun tidak sedikit orang juga yang memilih untuk menggunakan pestisida alami tidak hanya karena mudah dibuat namun murah meriah juga.

Untuk kamu yang ingin menggunakan pestisida alami untuk mengatasi berbagai hama dan penyakit yang ada pada tanaman padi, maka untuk mengetahui dengan beberapa cara membuat pestisida alami untuk tanaman padi bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Membuat Pestisida Alami Untuk Tanaman Padi

Cara Membuat Pestisida Alami Untuk Tanaman Padi

Tanaman padi yang biasanya diserang oleh hama utama yaitu penggerek batang padi, hama penggerek batang padi yang bisa menyebabkan kerusakan tanaman padi dan juga gagal panen, tentu saja hal ini yang akan membuat para petani merasa jengkel dan ingin membasminya.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI menyatakan penyebaran penggerek batang padi terutama pada daerah tropis dengan aktivitas ngengat penggerek hingga mencapai 21,6 -30,6 derajat celcius, dengan memiliki kelembapan 82,7% serta peletakan telur maksimum pada hari hujan dengan suhu tinggi.

Dimana angin yang akan membantu penyebaran ngengat dan juga larva, larva keluar dari telur dengan menggantungkan diri pada daun padi dengan benar sutra halus sebagai alat pindah ke tanaman lainnya, terdapat pertanaman padi lebih dari satu kali setahun dan hama tersebut menjadi penting.

Untuk mengatasi dan membasmi hama penggerek batang padi ini bisa dengan menggunakan pestisida alami, berikut beberapa cara membuat pestisida alami untuk tanaman padi yang bisa dilakukan dengan mudah  yaitu sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • 1 kg kunyit
  • 5 kg laos
  • 1 ons cabe jamu
  • 1 ons merica
  • 1/2 ons bawang putih
  • 1 ikat serai
  • 1 kg tepung beras

Cara membuat:

  • Terlebih dahulu tumbuk laos, kunyit, merica, cabai jamu, bawang putih hingga halus.
  • Kemudian peras semua bahan tersebut dan ambil airnya saja.
  • Campurkan air perasan tersebut dengan tepung beras dan aduk hingga mencampur merata.
  • Setelah semuanya tercampur merata, kemudian dibentuk menjadi tablet dengan menggunakan tutup botol.
  • Setelah itu jemur hingga kering.
  • Setelah kering kemudian masukkan ke dalam toples dengan cara dicampur dengan serai, hal ini bertujuan agar awet.

Cara penggunaannya:

  • Gunakan sekitar 50 hingga 60 atau 2 butir tablet pada tangki setiap 4 hari selama ada penerbangan kaper.
  • Penyemprotan dilakukan dari arah bawang daun dan biasanya telur penggerek batang yang berada pada daun bagian bawah.
  • Hal ini yang dilakukan agar telur penggerek batang tidak dapat menetas atau kopyor.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara membuat pestisida alami untuk tanaman padi yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba buat dirumah dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.