Wednesday, 17 Jul 2024

Cara Membuat Plat Nomor Nama Sendiri

5 minutes reading
Thursday, 6 Jul 2023 18:34 0 287 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Pemilik kendaraan bermotor biasanya ingin mendapatkan cara membuat plat nomor nama sendiri agar lebih personal dan bagi sebagian orang tentunya akan menambahkan kebanggaan tersendiri ketika menggunakan plat nomor tersebut.

Akan tetapi untuk mendapatkan plat nomor nama sendiri tidaklah mudah, sebab ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah terkait penggunaan dan aturan plat nomor tersebut.

Cara Membuat Plat Nomor Nama Sendiri

Cara Membuat Plat Nomor Nama Sendiri

Pihak yang memiliki wewenang mengatur tentang cara membuat plat nomor nama sendiri atau plat nomor standar adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Untuk itu kita perlu memeriksa terlebih dahulu lokasi SAMSAT yang terdekat agar mudah ketika kita hendak mengurus segala persyaratan yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah cara membuat plat nomor nama sendiri yang dapat kamu lakukan sendiri dan untuk menghindari pungli ketika mengurus plat nomor:

Temukan Lokasi SAMSAT Terdekat

Untuk menemukan lokasi SAMSAT terdekat, kamu dapat menggunakan berbagai cara, antara lain:

  1. Melalui situs web SAMSAT. Banyak situs web SAMSAT yang menyediakan informasi tentang lokasi SAMSAT terdekat di wilayahmu. Kamu dapat mencari situs web SAMSAT untuk wilayahmu dan mencari informasi tentang lokasi SAMSAT di situs tersebut.
  2. Melalui aplikasi SAMSAT Mobile. Aplikasi SAMSAT Mobile dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini dapat membantu kamu menemukan lokasi SAMSAT terdekat dan memberikan informasi tentang layanan yang tersedia di SAMSAT tersebut.
  3. Menghubungi call center SAMSAT. Setiap wilayah memiliki nomor call center SAMSAT yang dapat dihubungi untuk memperoleh informasi tentang lokasi SAMSAT terdekat.
  4. Menggunakan layanan peta online. Kamu dapat menggunakan layanan peta online seperti Google Maps atau Apple Maps untuk mencari lokasi SAMSAT terdekat di wilayahmu. Cukup ketik “SAMSAT” pada kolom pencarian dan sistem akan menampilkan lokasi SAMSAT terdekat beserta rute menuju lokasinya.

Mengisi Formulir Permohonan

Tahapan pengisian formulir adalah cara membuat plat nomor nama sendiri yang paling pertama harus dilakukan saat tiba di Kantor pelayanan SAMSAT terdekat. Mengisi formulir merupakan salah satu prosedur administratif yang harus dilakukan dalam proses pembuatan plat nomor, baik itu plat nomor biasa maupun plat nomor dengan nama sendiri.

Formulir tersebut berisi informasi penting tentang kendaraan bermotor dan permohonan pembuatan plat nomor yang dibutuhkan oleh pihak berwenang, seperti SAMSAT, untuk memproses permohonanmu. Kamu akan diminta untuk mengisi informasi seperti nomor registrasi kendaraan, kombinasi huruf dan angka plat nomor yang diinginkan, jenis plat nomor, serta data pribadi seperti nama dan alamat.

Informasi tersebut akan dipergunakan untuk keperluan administrasi, termasuk untuk memastikan keabsahan permohonan dan memastikan bahwa plat nomor yang diterbitkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Memastikan Ketersediaan Nomor Pilihan

Setelah mengisi formulir, cara membuat plat nomor nama sendiri selanjutnya adalah dengan memeriksa dan memastikan ketersediaan kombinasi huruf dan angka yang akan dipergunakan sebagai plat nomor. Pada beberapa SAMSAT, proses pemilihan ini harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengisi formulir.

Membayar Biaya Administrasi

Biaya administrasi pembuatan plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia dapat bervariasi tergantung dari daerah dan jenis plat nomor yang dibuat. Biaya administrasi tersebut meliputi biaya pembuatan plat nomor, biaya penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan biaya administrasi lainnya.

Jangan lupa, bila kamu mengikuti cara pembuatan plat nomor nama sendiri, maka kamu biasanya akan dikenakan biaya tambahan atau biaya khusus. Besar biaya tambahan tersebut dapat bervariasi tergantung pada daerah dan jenis plat nomor yang dibuat.

Di beberapa daerah, biaya tambahan untuk pembuatan plat nomor custom bisa mencapai beberapa juta rupiah. Biaya tersebut dapat mencakup biaya pembuatan plat nomor, biaya penerbitan STNK, dan biaya administrasi lainnya. Selain perbedaan biaya yang dikeluarkan, kamu juga harus tetap mematuhi aturan khusus terkait penggunaan plat nomor custom, seperti ketentuan jumlah karakter atau jenis huruf dan angka yang dapat digunakan.

Ketentuan Huruf dan Angka di Plat Nomor

Cara membuat plat nomor nama sendiri tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, sebab harus tetap sesuai dengan ketentuan penggunaan huruf dan angka yang berlaku di Indonesia. Berikut ini beberapa ketentuan yang harus kamu ketahui terkait penggunaan huruf dan angka pada plat nomor:

  1. Kode wilayah: Setiap daerah di Indonesia memiliki kode wilayah yang terdiri dari satu atau dua huruf yang harus tercantum pada plat nomor. Kode wilayah ini biasanya tertera pada bagian kiri atas plat nomor.
  2. Kombinasi huruf dan angka: Kombinasi huruf dan angka pada plat nomor harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku di daerahmu. Biasanya, kombinasi huruf terdiri dari tiga huruf kapital dan kombinasi angka terdiri dari dua atau tiga angka.
  3. Larangan penggunaan: Ada beberapa kombinasi huruf dan angka yang dilarang digunakan pada plat nomor, seperti kombinasi yang mengandung unsur negatif atau pelecehan, kombinasi yang menyerupai nomor registrasi kendaraan milik instansi pemerintah, atau kombinasi yang menyerupai nomor registrasi kendaraan milik pihak lain.
  4. Penggunaan huruf kapital: Huruf pada plat nomor harus ditulis dengan huruf kapital, kecuali untuk huruf “i” dan “o” yang dapat ditulis dengan huruf kecil.
  5. Ukuran dan jenis huruf: Ukuran dan jenis huruf pada plat nomor harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku di daerahmu. Biasanya, plat nomor menggunakan jenis huruf standard dan ukuran huruf yang telah ditentukan.

Contoh Plat Nomor Nama atau Kustom

Agar lebih mudah mengikuti cara membuat plat nomor nama sendiri, sebaiknya kamu perhatikan beberapa contoh plat nomor kustom berikut ini beserta arti dari plat tersebut:

  • B 19 BOS atau B 1980 S= Big Bos
  • F 1r MAN = Firman
  • K i70 GO = Ki Jogo

Ketiga contoh tersebut adalah hanya sekedar contoh dari plat nomor yang bisa dijadikan inspirasi saat mengisi formulir yang merupakan salah satu cara membuat plat nomor nama sendiri.

Pada umumnya format penggunaan plat nomor kendaraan bermotor adalah XX 9999 YYZ. Dimana XX adalah kode daerah dan 9999 adalah bagian nomor kendaraan berupa angka dan YYZ adalah kode lokasi yang lebih kecil lingkupnya seperti Kabupaten.