Saturday, 22 Jun 2024

Cara Mencampur Makanan Basah dan Kering Kucing

4 minutes reading
Tuesday, 12 Sep 2023 01:24 0 180 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mencampur makanan basah dan kering kucing? Agar bisa dikombinasikan. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara dalam mencampurkan makanan basah dan kering untuk kucing.

Sebagai makhluk hidup tentunya membutuhkan asupan makanan untuk menjaga tubuh mereka tetap sehat dan berenergi, begitupun untuk kucing. Kucing merupakan hewan karnivora yang memakan daging-dagingan sebagai sumber utama makanannya, biasanya kucing suka berburu.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan zaman yang sudah modern seperti sekarang sudah banyak menyediakan serta memproduksi jenis-jenis makanan untuk semua makhluk hidup, termasuk untuk kucing serta salah satunya adalah produk makanan basah dan kering.

Lalu kalau begitu bagaimana cara mencampur makanan basah dan kering untuk kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara dalam mencampurkan wet food dan dry food untuk disajikan kepada kucing. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mencampur Makanan Basah dan Kering Kucing

Cara Mencampur Makanan Basah dan Kering Kucing

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu dry food, wet food dan beberapa penyebab kucing tidak mau makan. Penting mengetahui hal itu, agar kamu bisa mencari solusi dalam mengatasi permasalahan makan si kucing dengan baik.

Dry food atau makanan kering merupakan jenis makanan padat dengan tekstur yang kering untuk kucing. Biasanya makanan kering ini dibuat dengan berbagai macam bentuk yang unik dan lucu, supaya menarik perhatian si kucing yang memakannya agar lebih menyenangkan.

Sedangkan wet food adalah kebalikan dari dry food, produk makanan ini memiliki tekstur yang basah dan lebih lembut karena mengandung banyak air sesuai dengan namanya yaitu wet food atau makanan basah untuk kucing. Biasanya wet food dikemas dengan kelengan atau sachetan.

Keduanya sama-sama memiliki keunggulan serta mempunyai manfaatnya masing-masing. Walaupun begitu kedua makanan ini sama-sama baik dan bagus untuk kucing konsumsi sebagai asupan nutrisi dan gizi yang seimbang bagi mereka untuk bisa terus tumbuh sehat.

Namun, ada kalanya kucing juga merasa tidak mau makan keduanya karena suatu alasan, entah itu gak mau makan dry food ataupun wet foodnya. Nah, berikut ada beberapa alasan atau penyebab kucing tidak mau makan dry atau wet food, diantaranya adalah:

  1. Kucing merasa bosan dengan makanan yang sama setiap harinya, makannya kucing tidak mau makan dan merajuk.
  2. Makanan yang diberikan ternyata tidak cocok untuk kucing dan tidak sesuai dengan seleranya.
  3. Produk makanan kucing yang sudah kadaluarsa, sehingga rasa dan aromanya sudah tidak lagi enak.
  4. Kucing tidak menyukai jenis makanan kering (dry food) atau makanan basah (wet food).
  5. Kucing sedang merasa stress, sehingga nafsu makanya menurun.

Jika kucing kamu mengalami hal-hal seperti itu barulah kamu bisa mengganti produk makanan atau menyajikan makanannya dengan cara yang baru untuk memancing selera makan kucing, seperti mencampurkan kedua jenis makanan kering dan basah supaya lebih lezat.

Buat kamu yang tidak tahu cara-cara untuk menyajikan kedua jenis makanan tersebut, kamu bisa ikuti cara yang akan dijelaskan di bawah ini, yaitu:

  • Cara yang pertama, kamu bisa menyajikan dry dan wet food pada wadah bersih dengan perbandingan 1:1 tapi takarannya cukup setengah porsi saja. Jadi setengah dry food dan setengah wet food dengan porsi yang lebih sedikit dari porsi makan kucing biasanya. Supaya tidak mubazir dan pastinya dengan takaran yang seimbang untuk kucing makan.
  • Cara yang kedua, kamu bisa jadikan wet food sebagai toping saja, yaitu dengan memberi sedikit tambahan pada makanan kering kucing atau dry food kucing. Cukup sajikan di atas dry foodnya saja, jangan terlalu banyak karena hanya sebagai toping pendamping.
  • Cara yang ketiga, kamu bisa dengan mengkombinasikan antara wet food dan dry food untuk di aduk campur rata dengan perbandingan 1:2. Jadi lebih banyak wet foodnya dan  tercampur dengan baik saat di aduk dengan dry food agar lebih menggugah selera makan.

Peringatan!

Mungkin ada beberapa kucing yang tidak cocok dengan campuran makanan yang berbeda, jadi usahakan untuk tidak terlalu sering menyajikan makanan yang dicampur-campur. Cukup dalam keadaan darurat atau memang keadaan yang mengharuskan kamu melakukannya.

Bisa juga kamu dengan cara selang seling dalam pemberian makan untuk kucing, seperti hari ini makan dry food dan besoknya wet food secara berulang-ulang. Jika memang kucing kamu kurang cocok atau pencernaannya yang sensitif sehingga tidak menerima campuran makanan.

Itulah beberapa cara mencampur makanan basah dan kering kucing yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau kucing kamu bosan dengan makanan yang sama setiap harinya. Maka dari itu kamu bisa memvariasikan dalam penyajian makanan yang lebih unik untuk kucing.

Pastikan dengan takaran yang pas jangan sampai sewadah penuh juga, supaya tidak mubazir dan pastinya kucing akan merasa cepat kenyang juga dengan campuran kedua jenis makanan tersebut, jadi perhatikan juga dalam takaran makanannya. Good Luck semoga membantu.