Monday, 17 Jun 2024

7 Makanan Yang Harus Dihindari Di Usia 40 Tahun

6 minutes reading
Tuesday, 12 Sep 2023 01:27 0 185 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ketika kamu memasuki usia 40 tahun, maka ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Hal ini terkait dengan kesehatan dan kondisi fisik yang sudah mengalami perubahan. Semua orang pasti akan menjadi tua, dimana akan terjadi berbagai macam perubahan baiks cara fisik maupun mental. Begitupun dengan kondisi kesehatan, sehingga kamu harus menjaganya lebih ekstra dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. 

Dilansir dari halaman BestLife yang mana mengatakan jika seseorang menginjak usia 40 tahun, maka akan mengalami penurunan proses metabolisme dalam tubuh. Laju metabolisme ketika seseorang berusia 40 tahun akan berubah. Sehingga hal ini akan berdampak pada kondisi kesehatan tubuh seseorang. Selain itu banyaknya resiko dan ancaman kesehatan di usia 40 tahun keatas. 

Makanan Yang Harus Dihindari Di Usia 40 Tahun 

Makanan Yang Harus Dihindari Di Usia 40 Tahun

Memasuki usia 40 tahun, meski kondisi badan sehat kamu harus mengurangi jumlah makanan yang mana, makanan ini termasuk jenis pantangan yang harus dihindari. Dihidnari guna menjaga kondisi badan agar tetap fit di usia tua nanti. Ketika laju metabolisme dalam tubuh lambat hal ini akan berakibat pada tubuh dan kesehatan organ dalam tubuh juga. 

Sehingga kamu harus memperhatikan dan menerapkan pola hidup bau yang sehat berdasarkan usia kamu yang menginjak 40 tahun. Salah satunya kamu harus belajar dan mulai membatasi jenis makanan yang tidak sehat. Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika usia kamu menginjak 40 tahun. 

Makanan Beku

Makanan dan Minuman pantangan yang pertama adalah jenis makanan beku. Makanan beku atau dikenal dengan sibuatan frozen food merupakan salah satu jenis makanan yang sangat instan dan praktis. Namun, makanan jenis frozen food sendiri adalah makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Khususnya bagi kamu yang suda mencapai usia 40 tahun. 

Kamu tentunya jika ingin perut cepat buncit karena mengonsumsi jenis makanan beku atau frozen food inikah? perlu kamu ketahui bahwa makanan beku atau frozen food adalah makanan yang memiliki kandungan natrium yang tinggi. Natrium sendiri merupakan salah satu zat yang berkontribusi terhadap retensi air dan penampilan kamu akan tampak jauh lebih tua secara keseluruhan. Hal ini dijelaskan oleh Kayleen St John. RD yaitu sekolah memasak, Natural Gourmet Institute. 

Daging Olahan

Makanan selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi ketika kamu menginjak usia 40 tahun adalah daging olahan. Daging olahan juga merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi dengan kandungan natrium dan lemak jenuh dalamnya. Selain itu kandungan nitrat atau pengawet dalam daging olahan seperti sosis, nugget memiliki dampak negatif bagi kesehatan. 

Erin Palinski Wade, RD, CDE yang merupakan ahli gizi yang sudah teregistrasi sekaligus penulis 2-Dat Diabetes Diet menjelaskan, mengonsumsi terlalu banyak daging olahan akan berkaitan dengan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker perut yang juga lebih tinggi lagi. Hal ini disebabkan kandungan pengawet atau nitrat yang tinggi di dalam daging olahan, sehingga dapat memicu masuknya radikal bebas dalam tubuh. 

Masuknya radikal bebas dalam tubuh ini akan menyebabkan oksidasi sel dan DNA, sehingga akan terjadi kerusakan dalam tubuh dan memicu penyakit seperti kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Sehingga kamu harus menghindari jenis makanan ini di usia 40 tahun keatas. 

Margarin

Margarin adalah salah satu jenis makanan yang harus dihindari ketika usia kamu menginjak 40 tahun keatas. Makanan satu ini memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, khususnya ketika kamu menginjak usia lansia. Menurut ahli diet dan penulis What Doctors Eat dan The 210 Day Belly Fix, Dr, Tasneem Bhatia,MD mengatakan bahwa margarin memiliki kandungan lemak dan tidak semua lemak diproduksi dan diciptakan sama.

 Margarin sendiri memiliki kandungan lemak trans yang dapat merupakan hidrasi tubuh, dan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Sehingga hindari konsumsi dan penggunaan margarin dalam makanan yang kamu konsumsi. 

Kue Tinggi Gula

Makanan berikutnya adalah kue-kuean yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal ini dikarenakan kue dipanggang dan tinggi gula ini dapat memicu penambahan berat badan dan berdampak pada gigi seseorang dengan rentang usia 40 tahun keatas. Selain itu dijelaskan juga bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi gula dapat menyebabkan kulit menua lebih cepat dalam proses glikasi. 

Glikasis sendiri adalah istilah biokimia yang merupakan ikatan molekul gula dan protein, selain itu ada lemak, asam amino yang menjadi salah satu kandungan yang merupakan ciri utama penuaan. Jika kamu adalah seseorang yang menyukai makanan manis maka konsumsilah buah-buahan karena memiliki nutrisi yang baik dan tidak buruk bagi kesehatan tubuh, jika dibandingkan dengan kue tinggi gula. 

Soda

Soda merupakan jenis minuman yang menjadi pantangan bagi seseorang dengan usia 40 tahun keatas. Hal ini dikarenakan soda adalah jenis minuman yang tidak baik dikonsumsi, khususnya karena campuran pewarna yang dapat memicu kanker. Kemudian kandungan soda yang tinggi akan kadar gula tambahan. 

Gula memiliki dampak yang negatif bagi ovulasi dan berkaitan juga dengan motilitas sperma yang buruk nantinya. Selain itu dengan menghindari konsumsi soda, dapat membantu untuk meningkatkan sistem dan laju metabolisme dalam tubuh. 

Karbohidrat Olahan

Makanan dan minuman yang menjadi pantangan selanjutnya adalah karbohidrat olahan. Karbohidrat olah merupakan jenis makanan seperti roti dan pasta, hal ini dikarenakan kandungan atau tingkat indeks glikemik attua GI yang sangat tinggi. Yang mana sumber karbohidrat olahan ini dapat dengan cepat meningkatkan gula darah dan dapat memicu risiko penyakit jantung, penambahan berat badan serta diabetes. 

Selain itu pola makan yang tinggi karbohidrat olahan tidak baik bagi kulit. Bahkan Bowe juga menjelaskan, sumber karbohidrat olahan dapat meningkatkan hormon yang dapat memproduksi minyak. Hormon ini bahkan dapat mengubah komposisi minyak pada kulit, sehingga kamu akan rentan terkena jerawat. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan? maka, perhatikan kembali dan hindari enis makanan dari karbohidrat olahan. 

Es Kopi

Mengkonsumsi es kopi dengan kandungan kafein yang tinggi tidak dianjurkan bagi seseorang dengan usia 40 tahunan. Hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami gangguan tidur dan kualitas tidur kamu akan menurun. Selain itu hal ini akan berdampak buruk karena kamu mengalami gangguan tidur. Sehingga sel-sel tubuh akan mengalami kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet dan stressor lainnya. 

Mengkonsumsi es kopi sendiri menggunakan sedotan, dapat memicu munculnya garis-garis halus dan kerutan. Hal ini dikarenakan gerakan wajah yang berulang melalui sedotan, hal ini bukanlah opini melainkan fakta yang berdasarkan pada penelitian. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari di usia 40 tahun keatas. Hal ini tidak hanya perlu kamu perhatikan, namun kamu jadikan rambu untuk menghindari jenis-jenis makanan dan minuman tersebut. Sehingga kamu akan terhindar dari berbagai macam ancaman penyakit dan kemungkinan buruk lainya ketika mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangan di usia 40 tahun.